Beranda » Review » Xiaomi Redmi 8 Harga dan Spesifikasi: Mumpuni untuk Harian

Xiaomi Redmi 8 Harga dan Spesifikasi: Mumpuni untuk Harian

Xiaomi Redmi 8

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Merk asal China yang satu ini punya pengaruh sangat kuat bagi para penggemarnya. So, inilah Xiaomi Redmi 8 harga dan spesifikasi.

Bukan tanpa alasan. Mi Fans (begitu sebutan untuk para penggemar gadget Xiaomi) memang patut bangga lantaran merk kesukaannya selalu memberikan spesifikasi produk yang lebih tinggi ketimbang kompetitor pada rentang harga yang sama.

Review Xiaomi Redmi 8 Harga dan Spesifikasi

Xiaomi Redmi 8

Spesifikasi Xiaomi Redmi 8

  • Jaringan: GSM / HSPA / LTE
  • Rilis: 9 Oktober 2019
  • Tersedia: 12 Oktober 2019
  • Dimensi: 156.5 × 75.4 × 9.4 mm
  • Berat: 188 gram
  • Material: Glass front (Gorilla Glass 5), plastic back, plastic frame
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Tipe layar: IPS LCD, 400 nits (typ)
    Ukuran layar 6.22 inches, 96.6 cm² (~81.8% screen-to-body ratio)
  • Resolusi layar: 720 × 1520 pixels, 19:9 ratio (~270 ppi density)
  • Sistem operasi: Android 9.0 (Pie), MIUI 11
  • Chipset: Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (4×1.95 GHz Cortex-A53 & 4×1.45 GHz Cortex A53)
  • GPU: Adreno 505
  • Eksternal memori: microSDXC (dedicated slot)
  • RAM dan internal memori: 3GB/32GB; 4GB/64GB
  • Kamera belakang: 12 MP, f/1.8, 1/2.55″, 1.4µm, Dual Pixel PDAF; 2 MP, (depth); LED flash, HDR, panorama; Video = 1080p@30fps
  • Kamera depan: single 8 MP, f/2.0, 1/4″, 1.12µm; HDR; Video = 1080p@30fps
  • Port audio: 3.5mm jack
  • WLAN: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth: 4.2, A2DP, LE
  • GPS: Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • Infrared port: Ya
  • Radio: FM radio (no wired headphones required)
  • USB: USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor: Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
  • Perpesanan: SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Browser: HTML5
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh, non-removable
  • Pengisi daya: Fast charging 18W
  • Pilihan warna: Onyx Black, Ruby Red, Sapphire Blue, Phantom Red
  • Model: M1908C3IC, MZB8255IN, M1908C3IG, M1908C3IH

Review Xiaomi Redmi 8

Smartphone ini meluncur pada menjelang akhir tahun 2019 lalu berbarengan dengan saudaranya, Redmi 8A dan aksesoris Mi True Wireless Earbuds Basic.

Mengusung harga terjangkau, Redmi 8 masuk ke dalam lini produk entry level dengan beragam fitur unggulan.

Redmi Note 8 menarget Om/Sist yang membutuhkan perangkat handal untuk komunikasi tanpa mengabaikan sektor hiburan dan estestika.

Desain

Meski masuk ke dalam kategori entry level, Redmi 8 mengadopsi desain dan teknologi ponsel kelas menengah alias mid end. Bisa Om/Sist lihat dari pemosisian kamera dan keberadaan sensor sidik jari serta tampilan layar dengan notch’nya.

Jika hanya melihat dari tampilan luarnya saja mungkin Om/Sist akan mengira bahwa ponsel ini punya harga lebih dari Rp2 juta. Padahal sebenarnya kurang dari nominal itu, yaitu Rp1.7 juta hingga Rp1.8 jutaan.

Membawa tagline ‘Designed by Xiaomi’, warna glossy dari Redmi 8 ini tampak sungguh-sungguh.

Pihak pabrikan mengklaim bahwa mereka sudah menerapkan desain cetakan 3D yang lebih baik untuk Redmi 8. Hasilnya ialah perangkat yang mantap dalam genggaman tangan, apalagi dimensinya memang pas dan tidak terlalu besar.

Dalam paket penjualan Redmi 8, Xiaomi telah menyertakan silicon case transparan sehingga keamanan ponsel terjaga tanpa menyembunyikan keindahan tampilan asli.

Posisi kamera tidak pada bagian samping seperti kebanyakan ponsel zaman now, namun pada bagian tengah.

Ada dua lensa kamera belakang yang tertanam bersama lampu flash dan sensor sidik jari serta teks nama ‘Redmi’ yang memanjang vertikal. Tampak modern dan unik.

Tombol-tombol dan port berada pada posisi umum. Tombol power dan volume ada pada sisi kanan, slot SIM dan microSD pada sisi kiri, speaker, mic, port audio dan port USB type-C pada bagian bawah. Selebihnya lubang noise cancellation dan infrared ada pada bagian pinggir atas.

Layar

Ukuran layarnya 6.22 inch dengan notch pada bagian atas sebagai tempat bersemayamnya lensa kamera selfie.

Ukuran notch’nya lumayan besar sehingga sedikit mengganggu tampilan saat Om/Sist menonton tayangan video secara landscape.

Tipe layarnya IPS LCD dengan bezel yang masih relatif lebar sehingga masih muat teks ‘Redmi’ pada sisi bawah layar. Tidak mengganggu sih, hanya tampak kurang elegan saja. Untunglah layar Redmi 8 sudah terlindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 sehingga kekurangan tersebut terasa sudah terbayar oleh kelebihan perlindungannya.

Artinya Om/Sist tidak harus memasang anti-gores pada layar Redmi 8, meskipun tetap boleh saja jika Om/Sist merasa perlu untuk perlindungan ganda.

Resolusi layarnya HD+ (720 × 1520 piksel) dengan rasio 19:9 dan kerapatan 270 ppi. Kecerahan layarnya tampak cukup baik meskipun Om/Sist menggunakannya di bawah sorot matahari.

Kamera

Meski resolusi kameranya belum tinggi, namun Redmi 8 sudah memiliki teknologi Artificial Intelligence (AI). Fitur ini sangat membantu menstabilkan hasil pengambilan gambar.

Proses penyesuaian terhadap intensitas cahaya pun tergolong cepat.

Ada dua lensa kamera pada bagian belakang body dengan kekuatan 12 MP dan 2 MP sensor bokeh. Sedangkan kamera depannya memiliki kemampuan 8 MP.

Fitur auto-fokus’nya mampu menghasilkan output fotografi yang baik berkat keberadaan teknologi dual-pixel PDAF.

Hasil foto bokeh’nya juga cukup bagus.

Untuk mendapatkan efek foto dramatis dengan luminosity yang lebih baik, Om/Sist dapat mengaktifkan fitur High Dynamic Range (HDR) dengan pilihan aktif atau auto.

Selain kedua fitur unggulan tersebut masih ada lagi fitur pendukung lainnya, antara lain filter dan beauty, portrait, bokeh serta Pro untuk pengaturan manual.

Fitur-fitur pada kamera belakang dan depan relatif sama.

Sayangnya Redmi 8 belum memiliki mode wide.

Belum habis, masih ada Google Lens yang merupakan fitur untuk mengidentifikasi objek foto, kemudian menyajikan informasi seputar obyek tersebut melalui data yang tersedia dalam database Google.

Kualitas rekaman video dari kamera Redmi 8 sudah mencapai Full HD 1080p dengan 30 frame per-detik. Ada fitur time-lapse dengan kualitas yang terbilang baik lantaran mampu menjaga piksel tanpa distorsi cahaya berlebih. Juga ada mode ‘Video pendek’ untuk perekaman video hingga durasi 15 detik.

User Interface

Redmi 8 menggunakan antarmuka MIUI Global 11 berbasis versi Android 9 Pie.

MIUI Global 11 telah memiliki fitur dark mode. Sesuai dengan tren gadget kekinian.

Infrared

Jangan remehkan teknologi zaman old ini. Karena dengan jalur konesksi ini Redmi 8 jadi bisa berfungsi sebagai remote control untuk berbagai peralatan rumah tangga seperti TV dan Air Conditioner (AC).

Infrared menjadi salah satu fitur pelengkap pada banyak lini produk Xiaomi pada saat brand lain telah meninggalkannya.

Sensor Sidik Jari

Keberadaan Fingerprint memang sudah sangat umum pada ponsel-ponsel zaman now. Maka meskipun kelasnya entry level, Redmi 8 juga telah memilikinya.

Menurut media Gizmologi, kemampuan baca sidik jari pada Redmi 8 cukup cepat.

Radio FM

Kebanyakan radio FM pada ponsel mengharuskan kita memasang handsfree sebagai antena. Namun tidak demikian pada Redmi 8, ia bisa mengoperasikan radio tanpa harus memasang handsfree.

Speaker

Redmi 8 menggunakan speaker box 0.85 yang terbilang besar sehingga keluaran suaranya pun terdengar keras dan lantang.

Baterai dan Charger

Pada era serba digital dan semakin populernya game online, ukuran baterai menjadi salah satu bahan pertimbangan saat Om/Sist hendak membeli ponsel.

Kapasitas baterai yang besar tentu bakal mendukung kinerja dan performa perangkat.

Xiaomi Redmi 8 menggunakan baterai berukuran 5000 mAh dengan pengisi daya cepat 18W dan kabel USB type-C.

Kombinasi ini memang wajib. Baterai besar tentunya membutuhkan fitur fast charging agar proses pengisian daya berlangsung lebih cepat.

Dalam 60 menit charger bawaan Redmi 8 mampu mengisi daya sebanyak 40-50%.

Baterai 5000 mAh bagi Redmi 8 tentu mampu bertahan cukup lama, mengingat detail spesifikasi ponsel ini yang berada pada level ringan sehingga tidak membutuhkan terlalu banyak pasokan daya.

Selain itu Redmi 8 juga telah memiliki teknologi manajemen daya dinamis, mode hemat daya, kontrol peluncuran aplikasi dan alokasi tugas pintar. Maka makin awetlah daya baterainya.

Konon menurut klaim pabrikan, Xiaomi Redmi 8 mampu stand by selama 25 hari. Sedangkan untuk penggunaan harian normal, baterai ponsel ini kuat bertahan hingga 2 hari dan untuk bermain game masih kuat seharian.

Performa

Redmi 8 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 439 (12 nm) sebagai otaknya. Konon menurut pengujian dari notebookcheck.net, prosesor ini memiliki kemampuan setara Snapdragon 625 versi lama.

Sedangkan untuk urusan pengelola grafis, GPU Adreno 505 yang irit daya telah tertanam dalam Redmi 8.

RAM dan Internal Memori

Redmi 8 tersedia dalam dua pilihan varian memori, yaitu 3/32GB dan 4/64GB.

Dalam pengujian performa menggunakan game Asphalt 8, ponsel ini mampu menyuguhkan grafik bagus dengan rendering halus. Sedangkan untuk memainkan PUBG Mobile, ia masih bisa berjalan dengan baik pada setting grafis rendah.

Untuk multitasking?

Lancar Om.

Harga Xiaomi Redmi 8

Redmi 8 RAM 4 alias Redmi 8 4/64 mendapat setting banderol pada nominal Rp1.8 jutaan. Sedangkan versi 3/32GB lebih murah Rp100 ribuan, yaitu Rp1.7 jutaan. (Bloglain – Xiaomi Redmi 8 harga dan spesifikasi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *