Beranda » Review » Kelebihan, Kekurangan, Harga dan Spesifikasi POCO F2 Pro

Kelebihan, Kekurangan, Harga dan Spesifikasi POCO F2 Pro

Xiaomi POCO F2 Pro

Bloglain.com – Om Bro! Pasar ponsel menengah atas makin memanas. So, inilah harga dan spesifikasi POCO F2 Pro.

Yup. Ada banyak sekali ponsel kelas menengah atas yang rilis sejak akhir 2020 hingga awal tahun 2021 ini. Antara lain Xiaomi Mi 10T Pro 5G, Samsung A32, Samsung A52, Samsung A72 dan lain-lain.

Harga dan Spesifikasi POCO F2 Pro

Harga Xiaomi POCO F2 Pro

Menurut penawaran melalui beberapa toko online umum, harga POCO F2 Pro Indonesia adalah Rp6.9 jutaan hingga Rp7 juta untuk varian 6/128. Sedangkan harga POCO F2 Pro 8/256GB adalah Rp7.9 jutaan hingga Rp8 juta.

Lantas value seperti apa yang akan Om/Sist dapat dari banderol tersebut? Mengingat nominalnya yang jauh lebih tinggi dari harga POCO X3 NFC.

Yo wis. Sekarang kita cekidot saja menelisik spesifikasi POCO F2 Pro.

Review Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi POCO F2 Pro

Waktu Rilis

Menurut data dari GSMArena, POCO F2 Pro telah memasuki tahap perkenalan sejak 12 Mei 2020 dan mulai tersedia sejak 19 Mei 2020. Jadi saat saya menyusun tulisan ini, masa edarnya sudah hampir satu tahun.

Namun kelas POCO F2 Pro masih cukup relevan dan belum ketinggalan. Jadi masih enak saat kita bahas sekarang.

Prosesor dan Performa

Smartphone ini menggunakan chipset sekelas ponsel flagship, yaitu Snapdragon 865.

Dengan chipset ini, Xiaomi POCO F2 Pro mampu mencatat skor AnTuTu hingga 538221. Setara dengan Xiaomi Mi 10T Pro.

Singkatnya dengan skor segitu, performa POCO F2 Pro sangat lancar untuk aktivitas apapun, bahkan untuk bermain game berat sekalipun.

Layar

Selama ini Xiaomi menjadi salah satu merk yang jarang sekali menggunakan layar Super AMOLED. Nah, kabar baiknya, POCO F2 Pro pakai panel Super AMOLED.

Secara fungsionalitas, tipe layar IPS dan TFT pun tidak buruk. Namun secara kelas, panel Super AMOLED masih lebih elegan. Ia mampu menghasilkan reproduksi warna yang lebih tajam, dalam dan sejuk.

Selain itu keluaran warna hitamnya juga lebih pekat.

Masih ada lagi. Tingkat kecerahan layar POCO F2 Pro juga mencapai 800 nits sehingga tampilan layar masih akan tampak jelas meskipun Om/Sist menggunakannya pada siang hari yang terik. Sama seperti Samsung A52 dan A72 yang juga 800 nits.

Lapisan Pelindung

Layar Xiaomi POCO F2 juga telah mendapat lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Bukan hanya layar saja, bagian belakang body juga terlindungi oleh lapisan yang sama.

Sayangnya lapisan tersebut tidak ada pada bagian kamera seperti Xiaomi Mi 10T series.

Refresh Rate

Kecepatan rasio penyegaran layar POCO F2 Pro sudah mencapai 60Hz dengan laju sample 180Hz. Artinya transisi layar ponsel ini sudah terbilang smooth dan tidak patah-patah. Meskipun masih kalah smooth dari merk lain yang punya refresh rate 90Hz hingga 120Hz.

Sertifikasi Layar

Layar POCO X2 Pro juga telah mengantongi sertifikat cahaya biru rendah dari TÜV Rheinland. Artinya dengan ponsel ini mata Om/Sist tidak akan cepat merasa lelah.

Sensor Sidik Jari dalam Layar

Nah. Inilah salah satu kelebihan layar Super AMOLED.

Selain mampu menghasilkan reproduksi warna yang lebih dalam dan tajam, layar Super AMOLED juga bisa mendapat konfigurasi Fingerprint on Screen. Dan kabar baiknya, POCO F2 Pro sudah menggunakan model sensor sidik jari dalam layar tersebut.

Selain lebih praktis dalam penggunaannya, model Fingerprint on Screen juga terasa lebih elegan dan mewah ketimbang model samping body dan belakang body.

Kamera

Resolusi lensa utamanya sudah sesuai dengan kelasnya yang berada pada kategori menengah atas, yaitu sebesar 64MP. Sayangnya lensa depth sensor ponsel ini hanya 2MP saja. Kalah dari produk kompetitor dari pabrikan Samsung yang pada kelas ini sudah menggunakan lensa 5MP.

Sayangnya lagi lensa kamera depan ponsel ini juga hanya 20MP saja. Terlalu kecil untuk kelasnya. Padahal Samsung A72 dan A52 yang harganya lebih terjangkau pun sudah menggunakan lensa 32MP.

Tapi model kamera depan POCO F2 Pro yang pop up ini memang punya kelebihan tersendiri.

Betul Om. Selain tampak lebih mewah, model kamera depan pop up membuat tampilan layar jadi bersih tanpa adanya tompel ataupun poni.

Baterai dan Pengisi Daya

Untuk kelas ponsel menengah atas hingga flagship memang jarang ada yang menggunakan ukuran baterai super gahar, kecuali ponsel dengan segmentasi khusus seperti Samsung M51.

Yup. Xiaomi POCO F2 Pro menggunakan baterai berkapasitas 4700 mAh. Kapasitas yang wajar untuk kelas menengah atas. Sedangkan Samsung M51 punya kapasitas baterai sebesar 7000 mAh.

Pengisian daya’nya mendukung Quick Charging 30W dengan kabel USB Type C. Sudah sesuai dengan kelasnya.

Menariknya, dalam paket penjualan ponsel ini Xiaomi tidak hanya membekali dengan charger 30W saja, tapi lebih besar, yaitu 33W.

Teknologi Jaringan

Meskipun teknologi jaringan seluler Indonesia belum mencapai level 5G, namun kemampuan 5G pada POCO F2 Pro jelas menjadi kelebihan tersendiri. Ia akan langsung bisa berjalan pada jaringan tersebut ketika nanti provider seluler Indonesia telah memilikinya.

NFC

Fitur NFC juga tak luput keberadaannya dalam POCO F2 Pro. Iya sesuai dengan kelasnya lah ya Om. Untuk kategori menengah atas hingga flagship pada zaman now memang sudah harus ada NFC untuk kebutuhan transaksi digital.

Audio

Speakernya super linear, namun keluaran suaranya masih mono. Tidak seperti Xiaomi Mi 10T series, Samsung A72 dan Samsung A52 yang sudah stereo.

Tidak Tahan Air

Sayangnya lagi POCO F2 Pro yang mahal ini juga belum mengantongi sertifikat tahan air. Padahal Samsung A72 dan A52 yang harganya lebih miring saja sudah punya.

Tidak Ada OIS

Ia juga tidak memiliki fitur OIS (Optical Image Stabilizer) seperti Mi 10T Pro, Samsung A72 dan Samsung A52. Padahal untuk kelas harga ini seharusnya ia sudah punya OIS untuk mendapatkan hasil foto yang lebih tajam dan jernih.

Harga Lebih Mahal dari Kompetitor

Secara umum, kelebihan mutlak POCO F2 Pro ada pada bagian performa yang super kencang. Namun sayangnya kelebihan tersebut harus Om/Sist tebus dengan selisih harga yang tidak sedikit ketimbang Samsung A52 dan A72. Padahal kedua produk Samsung tersebut punya banyak kelebihan pada bagian lain ketimbang POCO F2 Pro.

Jikapun Om/Sist menganggap kedua ponsel besutan Samsung itu masih kurang memuaskan hasrat Om/Sist secara performa, maka masih ada pilihan Xiaomi Mi 10T Pro yang punya performa setara POCO F2 Pro dengan banderol sedikit miring.

Spesifikasi Xiaomi POCO F2 Pro

Xiaomi POCO F2 Pro
Perkenalan12 Mei 2020
Tersedia19 Mei 2020
Sistem operasiAndroid 10, upgradable to Android 11 MIUI 12
Sensor keamananFingerprint on Screen
RAM6GB, 8GB
Internal memori128GB, 256GB
RangkaAlumunium frame
PelindungCorning Gorilla Glass 5 (depan, belakang)
Teknologi jaringan2G, 3G, 4G, 5G
Kartu SIMDual SIM Nano
NFCYa, mendukung Google play
SpeakerSuper linear, mono
Prosesor dan Performa
ChipsetQualcomm Snapdragon 865 (7nm)
CPUOcta Core 2.84GHz, 2.42GHz, 1.8GHz
GPUAdreno 650 587MHz
Skor AnTuTu538221
Layar
TeknologiSuper AMOLED
Ukuran6.67 inch
Resolusi1080 × 2400 (FHD+)
Tingkat kecerahan500 nits (typ), 800 nits (HBM)
Rasio aspek layar20:9
Rasio layar ke body92.7%
Rasio kontras5.000.000:1 (typ)
NTSC98% (typ)
Refresh rate60Hz
Sample rate180Hz
Sertifikasi cahaya biru rendahTÜV Rheinland
PelindungCorning Gorilla Glass 5
Kamera Belakang
Kamera utama64MP Sony IMX686
Lensa ultrawide13MP
Lensa macro5MP
Depth Sensor2MP
8K video24fps / 30fps
4K video30fps / 60fps
Slow motion960fps / 240fps / 120fps
Kamera Depan
Resolusi20MP
1080p video30fps
Slow Motion720p @120fps
Baterai dan Pengisi Daya
Kapasitas4700 mAh (typ), 4600 mAh (min)
Pengisi dayaQuick Charging 30W
KabelUSB Type C
Dimensi Body
Panjang163.3 mm
Lebar75.4 mm
Ketebalan8.9 mm
Berat219 gram
Paket Penjualan
  • Unit POCO F2 Pro
  • Adaptor charger
  • Kabel USB Type C
  • Casing pelindung
  • SIM ejektor
  • Panduan pengguna
  • Kartu garansi

Kesimpulan

Demikianlah review harga dan spesifikasi POCO F2 Pro.

Saya tidak bilang ponsel ini jelek. Ia punya performa super kencang dan beberapa keunggulan lainnya.

Namun sayangnya ia bukan satu-satunya ponsel yang hebat pada kelas ini. Masih ada Mi 10T Pro, Samsung A72 dan Samsung A52 yang menawarkan value lebih pada bagian lain dengan harga lebih murah.

So?

Monggo saja Om/Sist kunyah-kunyah dan pertimbangkan. Apakah akan langsung meminang POCO F2 Pro atau akan membandingkannya dahulu dengan produk lain? (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *