Beranda » Alfacart » 25 Urutan Film Marvel Sebelum Endgame dan Sesudahnya

25 Urutan Film Marvel Sebelum Endgame dan Sesudahnya

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Bagi penggemar karya MCU, perkara urutan film Marvel sebelum Endgame bisa jadi hal penting. Yup. Karena jika kita ikuti berdasarkan tahun rilisnya, kisah para pahlawan super tersebut tampak tidak berurutan pada beberapa seri.

Sebetulnya perkara seperti ini bukan hal baru bagi dunia persilatan film. Tengok saja film-film X-Men, yangmana kisah awalnya justru terjadi pada film keempat ‘X-Men Origins: Wolverine’ (2009) dan film kelima ‘X-Men: First Class’ (2011). Nah, demikian pula yang terjadi pada urutan film Marvel Cinematic Universe (MCU). Beberapa antara mereka ada yang kebulak, meskipun masih cukup mudah untuk kita fahami.

Om/Sist sekalian. Ide awal saya menyusun urutan film Marvel yang benar ini ialah gegara pertanyaan seorang tetangga. Ia belum menonton seluruh film MCU sehingga ingin tahu urutannya sebelum ia menonton ‘Avengers: Endgame’ (2019).

Yo wis lah. Kita cekidot bae langsung Om. Biar ngga kepanjangan.

Tapi kali ini saya hanya berusaha seingat saya saja ya. Jadi jika ada salah-salah, silahkan koreksi melalui kolom komentar.

Film Marvel Sebelum Endgame

1. Captain America: The First Avengers (2011)

Urutan film Marvel sebelum Avengers End Game yang pertama adalah Captain America seri I.

Pada film ini Om/Sist sekalian akan tahu siapa Tony Stark (Iron Man).

Yup. Tony adalah putra dari Howard Stark. Yaitu orang yang menempa tameng milik Steve Rogers (Captain America) dan yang membuat customnya.

Pada tahap ini juga Om/Sist akan tahu kenapa Steve tetap muda hingga zaman now. Bahkan tampak lebih muda dari Tony Stark. Padahal usia yang sebenarnya adalah sebaya dengan ayah Tony.

Pada akhir film ini, kisah Steve bertemu dengan Nick Fury. Seorang komandan SHEILD yang kemudian memegang komando dalam penyatuan Avengers.

2. Iron Man (2008)

Iron Man seri pertama menduduki urutan kedua film Marvel sebelum Endgame.

Secara ringkas, isi film ini ialah menceritakan asal-usul Iron Man. Intinya, dengan menonton film ini, maka Om/Sist tidak akan lagi bertanya-tanya soal siapa Iron Man pada saat menonton ‘The Avengers’ (2012).

3. Hulk (2003)

Sebetulnya ini bukan film karya MCU. Tapi dari sinilah kisah asal-usul Bruce Banner menjelma menjadi Hulk.

4. The Incredible Hulk (2008)

Nah, ini yang karya MCU. Namun film ini bukan merupakan reboot dari ‘Hulk’ (2003). Kisah dalam film ini justru lanjutannya. Jadi kalau Om/Sist tidak menonton ‘Hulk’ (2003), maka Om/Sist tidak tahu asal-usul menjelmanya Hulk dari tubuh Bruce Banner.

Pada post credit film ini ada adegan pertemuan Tony Stark (Iron Man) dengan Jenderal Ross. Jadi dari sini Om/Sist sekalian akan tahu bahwa Hulk dan Iron Man ada pada masa dan semesta yang sama.

5. Iron Man 2 (2010)

Pada film ini Om/Sist akan tahu lebih banyak akan keberadaan Nick Fury dan Natasha Romanoff dari SHEILD. Jadi nantinya Om/Sist akan sudah tahu siapa mereka ketika mereka muncul dalam ‘The Avengers’ (2012).

Dengan begitu, Om/Sist juga akan tahu siapa Clint Barton (Hawke) pada ‘The Avengers’ nanti.

Selain itu, pada film ini Om/Sist juga akan tahu siapa James Rhodes (War Machine), yangmana nantinya ia muncul pada film ‘Captain America: Civil War’ dan berada pada kubu Tony Stark.

6. Thor (2011)

Dari film ini Sobat akan tahu siapa Thor dan siapa Loki, yangmana nantinya Loki dan pasukannya menjadi lawan para pahlawan dalam film ‘The Avengers’.

7. The Avengers (2012)

Nah. Dari film-film tadi, berkumpullah mereka dalam film ini, yaitu:

  • Nick Fury
  • Clint Barton (Hawkeye)
  • Natasha Romanoff (Black Widow)
  • Steve Rogers (Captain America)
  • Tony Stark (Iron Man)
  • Thor
  • Bruce Banner (Hulk)
8. Iron Man 3 (2013)

Pada film ini saya tidak menciduk hal penting yang berhubungan dengan Avengers. Jadi lebih menjadi film solo murni.

Atau jika pun ada, adegannya tidak berhubungan secara signifikan pada penyatuan Avengers.

9. Thor: The Dark World (2013)

Hampir sama seperti ‘Iron Man 3’, ‘Thor: The Dark World’ juga lebih fokus sebagai film solo.

Namun dari film ini Om/Sist akan tahun kenapa Jane Foster (pacar Thor) tidak muncul dalam seri film MCU selanjutnya.

10. Captain America: The Winter Soldier (2014)

Pada seri ini Om/Sist akan tahu adanya Bucky Barnes (The Winter Soldier) yang nantinya menjadi biang pertikaian kubu Tony Stark dan kubu Steve Rogers pada ‘Captain America: Civil War’. Selain itu, Om/Sist juga akan melihat ‘Falcon’ yang juga muncul dalam ‘Captain America: Civil War, serta pada film ‘Ant-Man’.

11. Avengers: Age of Ultron (2015)

Dari sinilah munculnya Wanda Maximoff dan Vision, yangmana Wanda adalah seorang mutan dan Vision adalah seorang mahluk rekayasa genetika.

Wanda Maximoff memiliki kekuatan yang menurut saya setara dengan ‘Jean’ dalam jajaran film ‘X-Men’.

Pada akhir film ini juga ada cerita bahwa Bruce Banner terbawa keluar angkasa dalam wujud Hulk hingga nantinya bertemu dengan Thor pada film ‘Thor Ragnarok’.

12. Thor: Ragnarok (2017)

Kisahnya Hulk tersesat dan terdampar ke planet lain hingga akhirnya bertemu dengan Thor.

Dalam film ini ada kisah musnahnya palu Thor (Mjolnir). Maka itulah dalam ‘Avengers: Infinity War’ dan ‘Avengers: Endgame’, Thor menggunakan kapak yang bernama ‘Stormbreaker’.

Dari film ini juga kita akan siapa Valkyrie yang nantinya ikut berjuang melawan Thanos pada ‘Avengers: Endgame’.

Nah, gabungan akhir film ‘Avengers: Age of Ultron’ dan ‘Thor: Ragnarok’ inilah yang menjelaskan mengapa Hulk dan Thor tidak muncul pada ‘Captain America: Civil War’. Alasannya ialah karena mereka sedang berjuang melawan Hela (kakak perempuan Thor yang jahat) di Asgard.

13. Captain Marvel (2019)

Film Marvel sebelum Endgame yang satu ini lumayan heboh pemberitaannya. Carol Danvers menjadi tokoh yang sempat menjadi calon lawan terberat Thanos.

Namun kemudian kita tahu bahwa faktanya tidak seperti itu.

Dari film ini Om/Sist akan tahu siapa sebenarnya Ronan yang pada film ‘Guardians of the Galaxy’ tewas oleh kekuatan batu abadi.

14. Guardians of the Galaxy (2014)

Dalam film inilah cerita kematian Ronan oleh kekuatan batu keabadian yang melalui Peter Quill, Gamora, Drax dan Rocket Racoon.

Dalam film ini juga Om/Sist akan tahu siapa Thanos, Nebula, dan Gamora, yangmana nantinya mereka semua muncul pada ‘Avengers: Infinity War’ dan ‘Avengers: Endgame’.

15. Guardians of the Galaxy Vol 2 (2017)

Film ini lebih fokus pada kisah solo asal-usul dan siapa ayah dari Peter Quill. Dari film ini juga awal munculnya Mantis yang nantinya bergabung dengan pasukan ‘Guardians of Galaxy’ dan turut berjuang dalam ‘Avengers: Infinity War’ dan ‘Avengers: Endgame’.

Dalam film ini juga ada kisah bagaimana Nebula yang semula setia pada Thanos, kemudian ia berbalik melawan Thanos.

Pada penghujung film ini Nebula meninggalkan Gamora dan pasukan ‘Guardians of the Galaxy’ untuk mendatangi dan membunuh Thanos atas dendam pribadinya. Lantas, jika Om/Sist jeli, Om/Sist akan tahu mengapa pada ‘Avengers: Infinity War’, Nebula tertawan oleh Thanos.

Itu artinya Nebula kalah saat hendak membunuh Thanos.

Namun dalam film ini ataupun ‘Avengers: Infinity War’, tidak ada adegan gamblang tertangkapnya Nebula oleh Thanos. Jadi Om/Sist sendiri yang harus jeli, berimajenasi dan menyambungkan adegan akhir ‘Guardians of the Galaxy Vol 2’ dengan kisah ‘Avengers: Infinity War’.

16. Spiderman (2002)

Seperti pula ‘Hulk’ (2003), ‘Spiderman’ (2002) pun bukan produk MCU. Namun dari sinilah kisah mulanya Peter Parker memiliki kekuatan super.

Ketimbang film ‘Spiderman: Homecoming’, banyak perbedaan versi cerita dari Spiderman dalam film ini. Termasuk juga pacar Peter, yangmana pada film ini, calon kekasih Peter Parker adalah Mary Jane Watson.

Ada tiga seri (trilogi) film ini, tapi Om/Sist hanya harus menonton seri pertamanya saja. Soale seri kedua dan ketiga sama sekali tidak ada gambaran hubungan Peter Parker dengan Avengers.

17. Spiderman: Homecoming (2017)

Sedangkan dalam film ini, tidak ada adegan detail perkara awal mula datangnya kekuatan milik Peter Parker. Hanya ada sedikit dialog yang menceritakan bahwa Peter Parker terkena sengatan laba-laba.

Jadi tanpa menonton ‘Spiderman’ (2002), Om/Sist tidak akan faham secara detail.

Film ini lebih fokus pada kisah pertemuan Peter Parker dengan Tony Stark dan asal mula kostum baru Spiderman yang merupakan karya Tony.

18. Ant Man (2015)

Tanpa menonton film ini, Om/Sist tidak akan tahu siapa Scott Lang yang sempat berubah menjadi raksasa pada ‘Captain America: Civil War’ dan kemudian menjadi pencetus pembuatan mesin waktu pada Avengers Endgame.

19. Captain America: Civil War (2016)

Nah. Dari ‘Captain America: The First Avengers’, Om/Sist akan tahu kenapa pada akhir cerita film ini, Steve Rogers (Captain America) menyerahkan tameng dan kostumnya pada Tony Stark. Yaitu karena Tony mengungkit bahwa tameng dan kostum milik Steve adalah buatan ayahnya, Howard Stark.

Selain itu, dari ‘Captain America: Winter Soldier’, Om/Sist juga akan tahu siapa Bucky yang menjadi salah satu penyebab perpecahan antara Tony dan Rogers.

Dari sini juga Om/Sist akan tahu kenapa pada ‘Avengers: Infinity War’, antara kubu Tony dan kubu Steve berjuang sendiri-sendiri dalam menghadapi Thanos. Juga kenapa kostum Captain America pada ‘Avengers: Infinity War’ berwarna hitam serta tidak menggunakan tameng bundar, yaitu karena pada penghujung film ini, Steve menyerahkan tameng dan kostumnya pada Tony.

20. Doctor Strange (2016)

Wajib bagi Om/Sist untuk menonton film ini. Karena jika tidak, Om/Sist tidak akan tahu asal-usul Stephen Strange (Doctor Strange) dan Wong yang punya peran cukup banyak pada ‘Avengers: Infinity War’.

Tanpa menonton film ini, Om/Sist juga tidak akan tahu siapa penyihir bernama The Ancient One yang ditemui oleh Bruce Banner (Hulk) pada ‘Avengers: Endgame’.

21. Black Panther (2018)

Black Panther dan negaranya, Wakanda, pun punya peran banyak pada ‘Avengers: Infinity War’. Jadi tanpa menonton film ini, Om/Sist tidak akan tahu dengan jelas siapa Black Panther, Okoye dan negeri fiksi Wakanda.

22. Avengers: Infinity War (2018)

Pada film ini sudah cukup banyak superhero Marvel yang berkumpul dalam tim Avengers. Dalam film ini juga terdapat kisah bagaimana Thor mendapat kapak ‘Stormbreaker’ setelah ia kehilangan palu ‘Mjolnir’ pada ‘Thor: Ragnarok’.

Dari film ini juga Om/Sist akan tahu kenapa Doctor Hank Pym dan istrinya serta putrinya, Hope (The Wasp) yang merupakan kekasih Scott Lang musnah menjadi debu pada akhir kisah ‘Ant Man and The Wasp’.

23. Ant Man and The Wasp (2018)

Seri berikutnya dalam urutan film Marvel sebelum Endgame adalah Ant Man 2.

Dari sinilah awal mula munculnya cerita alam Quantum yang kelak pada ‘Avengers: Endgame menjadi ide awal penciptaan mesin waktu. Tanpa menonton film ini, Om/Sist tidak akan tahu dari mana awal ide mesin waktu dari Scott Lang ketika menemui Steve Rogers, Natasha Romanoff dan kawan-kawan.

24. Avengers: Endgame (2019)

Tuntas sudah. Film inilah puncak fase 3 Marvel Cinematic Universe (MCU).

Ada banyak sekali superhero yang hanya mendapat sedikit peran pada akhir kisah. Jadi kalau Om/Sist tidak menonton semua film-film tadi, bisa jadi ada banyak tokoh yang tidak Om/Sist kenal.

Tentu tidak asik ketika Om/Sist menonton film, tapi banyak tokoh utama dari film lain yang dalam film ini seolah hanya menjadi pemain figuran saja gegara Om/Sist tidak tahu siapa mereka.

Dalan film ini juga ada sekelumit kisah tentang asal-usul nama Jarvis, yaitu sistem komputer yang menjadi asisten Tony Stark dalam kostum Iron Man.

Iya tentu sebelum Tony mengganti Jarvis dengan Friday.

25. Spiderman: Far from Home (2019)

Meskipun banyak pemberitaan yang mengatakan bahwa film ini yang menjadi pamungkas fase 3 MCU, namun secara puncak cerita sudah terjadi dalam ‘Avengers: Endgame.

Jadi film ini semacam antiklimaks dari puncak fase 3 MCU.

Nah Om. Sudah gamblang ya. Jika ada salah/kurang, monggo sampaikan melalui kolom komentari. (Bloglain – Urutan film Marvel sebelum Endgame).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *