Kartu Debit Sinarmas TabunganKu

Memilih Tabungan yang Benar-benar Bebas Biaya Bulanan

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Sejauh ini saya baru mendapati satu saja rekening bank alias tabungan yang benar-benar bebas biaya bulanan. Selain itu hanya tipu muslihat belaka.

Betul Om. Jika Om/Sist mencari referensi melalui internet, ada banyak sekali rekomendasi bank untuk menabung. Bahkan ada banyak sekali rekomendasi tabungan tanpa biaya admin.

Tapi ternyata para penulis di internet itu kebanyakan hanya saling contek-mencotek. Isi artikel mereka sama dan kebanyakan hanya teori. Bukan asli pengalaman si penulis.

Nah. Atas dasar itulah saya menyusun tulisan ini untuk sharing pada Om Bro/Sista sekalian.

Memilih Tabungan yang Benar-benar Bebas Biaya Bulanan

Dari hasil pencarian saya yang sekian lama dan dari hasil membandingkan puluhan rekening bank, saya hanya mendapati satu saja tabungan yang benar-benar bebas biaya bulanan. Sisanya hanya muslihat dengan syarat dan ketentuan yang kadang rumit.

Dan sayangnya tabungan yang benar-benar gratis itu bukanlah dari bank besar. Jadi jika Om/Sist ingin menggunakan bank besar, maka rekomendasinya hanya ada pilihan potongan bulanan bank paling murah. Tidak ada yang benar-benar gratis.

Yo wis. Sekarang kita langsung cekidot bae untuk memilih bank yang cocok untuk pemula.

BRI

Ada tiga produk tabungan paling populer dari BRI, yaitu Britama, Simpedes dan Britama X.

Britama

Jika Om/Sist sedang mencari ATM yang cocok untuk mahasiswa, maka rekening ini sama sekali tidak cocok.

Karena apa?

Karena biaya administrasi bulanannya yang cukup mahal. Begini rinciannya.

Biaya Administrasi RekeningRp11.000 (saldo kurang dari Rp10 juta), Rp12.000 (saldo lebih dari Rp10 juta)
Biaya Administrasi Kartu DebitRp2000 (Klasik), Rp6500 (Gold)
Denda di Bawah Saldo MinimalRp5000

Jadi jika misalnya Om/Sist menggunakan kartu debit Gold dengan saldo kurang dari Rp10 juta saja sudah kena biaya administrasi Rp17.500 perbulan. Belum lagi jika saldo Om/Sist kurang dari batas minimum, akan ada denda sebesar Rp5.000. Jadi total dengan biaya admin adalah Rp22.500.

Belum lagi saldo minimum mengendap yang sebesar Rp50.000, untuk kalangan ekonomi menengah bawah seperti saya itu kan lumayan.

So, Britama hanya cocok untuk Om/Sist yang punya banyak dana. Tidak cocok untuk saya yang simpanannya hanya sedikit.

Simpedes

Tabungan ini merupakan produk lama dari BRI. Saya pernah menggunakan Simpedes selama beberapa tahun.

Biaya administrasi rekening hanya Rp5.500 dan biaya kartu ATM alias kartu debit untuk kelas terendah hanya Rp2.500. Jadi biaya administrasi bulanan Simpedes ialah hanya Rp8.000 saja. Cukup terjangkau.

Palingan jika saldo Om/Sist kurang dari Rp50.000, maka akan ada denda Rp5.000. Artinya selama saldo terjaga lebih dari Rp50.000, biaya administrasinya aman. Hanya Rp8.000 saja.

Tapi sayangnya saldo mengendap Simpedes juga sama dengan Britama, yaitu Rp50.000. Nominal yang cukup lumayan, meskipun tidak besar.

Britama X
Kartu Debit Britama X
Kartu Debit Britama X

Rekening inilah yang sekarang saya pakai.

Karena apa?

Karena murah.

Betul Om. Ketimbang Britama dan Simpedes, Britama X yang paling cocok untuk simpanan jumlah kecil. Karena kita hanya akan kena biaya administrasi bulanan sebesar Rp5.000 saja dan gratis biaya bulanan kartu ATM alias kartu Debit. Padahal kartu Debitnya sudah berlogo Mastercard.

Menariknya lagi Britama X hanya minta saldo mengendap sebesar Rp10.000 saja jika kita membuka rekening melalui jalur online.

Sayangnya untuk pembukaan melalui kantor cabang, saldo mengendapnya sama dengan Britama dan Simpedes, yaitu sebesar Rp50.000. Beruntung saya berhasil buka rekening secara online.

Jadi jika Om/Sist mendapat pertanyaan, buka rekening paling murah di bank mana, maka Britama X bisa menjadi salah satu pilihan.

Mobile Banking dan Pembukaan Rekening Online

Sayangnya aplikasi BRI Mobile banking yang bernama Brimo, hingga saat saya manulis artikel ini masih belum optimal. Ratingnya melalui PlayStore terbilang buruk. Banyak protes dari pengguna lantaran sering error.

Sama seperti Mobile Banking BRI versi lama yang pernah saya gunakan beberapa tahun lalu. Kala itu username alias user ID saya sering terblokir tanpa sebab.

Selain itu, pada saat pembukaan rekening secara online pun saya sempat mengalami kendala ketika hendak melakukan setoran awal via transfer dari bank lain.

Lebih dari itu, proses pembukaan rekeningnya juga belum full online. Kita masih harus datang ke kantor unit BRI untuk mengambil kartu ATM dan buku tabungan. Tidak seperti Tabungan Mandiri Now yang menggunakan metode pengiriman kartu ATM ke alamat nasabah.

Kurangnya lagi, setelah berhasil melakukan pembukaan rekening secara online, kita belum otomatis terdaftar ke layanan BRI Mobile. Tidak seperti Mandiri Now dan BNI Taplus Online.

Ya oke lah. Saya masih bisa berusaha untuk menerima segala kekurangan tersebut lantaran BRI punya banyak kelebihan pada bagian lain. Yaitu jumlah kantor cabang, unit dan mesin ATM’nya yang sangat banyak hingga mencapai pedesaan.

Bank Mandiri

Mandiri Tabungan Rupiah

Untuk produk Mandiri Tabungan Rupiah, saya tidak akan membahasnya.

Kenapa?

Karena saldo mengendapnya cukup besar, yaitu Rp100.000.

Dari melihat nominal saldo mengendapnya saja saya sudah langsung mundur. Apalagi jika kita bahas biaya administrasinya yang mencapai belasan ribu rupiah seperti Britama dari BRI.

Mandiri Tabungan Now

Rekening inilah yang menjadi pilihan saya dan masih saya gunakan hingga saat saya menyusun tulisan ini.

Rekening Mandiri Tabungan Now hanya bisa kita buat secara online saja. Tidak bisa kita buat melalui kantor cabang.

Proses pembuatan rekeningnya cukup mudah. Hanya agak lama saat verifikasi via video call.

Saldo mengendap Mandiri Tabungan Now hanya Rp10.000 saja. Sangat terjangkau. Sedangkan biaya administrasi bulanannya juga murah, yaitu Rp2.500 perbulan.

Untuk kartu debit Gold VISA, saya kena biaya Rp4.500. Jadi total biaya administrasi bulanan Mandiri Tabungan Now hanya Rp7.000 saja.

Kartu Debit Mandiri Gold
Kartu Debit Mandiri Gold
Mobile Banking Livin Mandiri

Selama saya menggunakan aplikasi mobile banking Livin Mandiri, tidak ada kendala yang berarti. Hanya sesekali lambat loading dan tidak bisa kita gunakan pada sekira jam 1 hingga jam 2 dini hari.

Namun dari review PlayStore, aplikasi Livin Mandiri ini kurang baik, bahkan bisa kita katakan buruk. Semoga Mandiri dan BRI segera berbenah agar mampu bersaing dengan bank lain yang sistem digitalnya sudah jauh lebih baik.

So, Mandiri bisa menjadi salah satu referensi bank yang cocok untuk mahasiswa, jika menggunakan produk Mandiri Tabungan Now.

BCA

Rekening Tahapan dan Mobile Banking BCA

Dari semua rekening bank yang pernah saya gunakan, saya harus mengakui kehandalan Tahapan BCA. Jikapun ada saldo mengendap Rp50.000 dan biaya administrasi bulanan yang mencapai belasan ribu rupiah, semua itu setimpal dengan kemudahan yang kita dapatkan.

Betul Om. Dari semua bank yang pernah saya jajal, Customer Service BCA yang paling handal dan cekatan. Selain itu aplikasi BCA Mobile Banking juga nyaris tidak pernah error.

Tak habis sampai situ, mesin ATM BCA yang bermasalah atau kehabisan uang tunai pun cepat mendapat penanganan dari pihak terkait. Jadi jarang sekali ada mesin ATM BCA yang error dalam waktu lama. Karena penanganannya yang cepat.

Rekening BCA Xpresi
Kartu Debit BCA Xpresi
Kartu Debit BCA Xpresi

Menariknya lagi BCA punya produk bernama Tahapan Xpresi yang menawarkan biaya administrasi bulanan sebesar Rp7.500 saja untuk kartu debit Mastercard. Sedangkan saldo mengendapnya hanya Rp10.000 saja.

Singkat kata, Tahapan Xpresi bersama kartu Debit Mastercard menjadi ATM yang cocok untuk anak muda. Sangat cocok untuk orang-orang seperti saya yang hanya punya sedikit dana namun memiliki kebutuhan mobilitas keuangan cukup tinggi.

BNI

Mobile Banking

Saya hanya sebentar saja menjajal Mobike Banking BNI.

Dari penggunaan yang hanya sebentar itu saya merasakan loading yang sangat ringan. Sangat mudah kita gunakan. Pantas saja rating Mobile Banking BNI melalui PlayStore sangat bagus.

Selain itu proses pembukaan rekening melalui jalur online berjalan dengan sangat cepat dan mudah. Tidak ada verifikasi video, hanya foto berkas, selfie dan pengisian data standar saja.

Menariknya lagi, selesai pembuatan rekening, kita sudah secara otomatis memiliki akun Mobile Banking BNI dan sudah langsung memiliki Kartu Debit Virtual.

Namun sayangnya BNI tidak punya produk tabungan yang benar-benar murah. Selain itu untuk mendapatkan kartu debit fisik, kita tetap harus datang ke kantor cabang BNI. Tidak melalui pengiriman paket seperti Mandiri Tabungan Now.

Jadi jika misale sekarang Om/Sist sedang ingin menabung di bank yang paling menguntungkan, maka BNI sama sekali bukan pilihan yang tepat.

BNI Taplus Muda

Secara teori, Taplus muda adalah produk murah dari BNI. Namun faktanya tidak seperti itu.

Biaya administrasi bulanannya sih memang murah, hanya Rp5.000 saja. Namun saldo mengendapnya cukup lumayan, yaitu Rp50.000. Tidak murah seperti Mandiri Tabungan Now, BCA Tahapan Xpresi dan Britama X Online yang hanya Rp10.000 saja.

Kemudian hal penting lainnya lagi ialah bahwa rekening Taplus Muda memiliki batasan usia, yaitu untuk nasabah berusia 17 tahun hingga 35 tahun saja.

Jika Om/Sist sudah berusia lebih dari 35 tahun, maka rekening Taplus Muda akan otomatis upgrade ke rekening Taplus (Tua).

BNI Taplus

Sementara itu rekening BNI Taplus (yang Tua), biaya administrasi bulanannya sangat mahal. Begini rinciannya.

Biaya Administrasi RekeningRp11.000
Biaya Administrasi Kartu DebitRp5000 (GPN), Rp7500 (Mastercard)
Denda Saldo MinimalRp5000
Saldo MinimalRp150.000
Saldo MengendapRp15.000

Nominal saldo mengendapnya memang hanya Rp15.000. Tapi BNI Taplus punya aturan saldo minimal Rp150.000.

Jika saldo bulanan Om/Sist kurang dari Rp150.000, maka Om/Sist akan kena biaya administrasi sebesar Rp11.000 + Rp7.500 (kartu Mastercard) + Rp5.000 (denda). Total Rp23.500.

Mahal banget untuk ukuran dana sedikit.

Jadi singkatnya BNI Taplus hanya cocok untuk Om/Sist yang punya banyak dana. Sama sekali tidak cocok untuk menyimpan dana sedikit.

BTN e’Batara Pos

Kartu Debit BTN e'Batara Pos
Kartu Debit BTN e’Batara Pos

Tabungan BTN e’Batara Pos menjadi salah satu rekomendasi bank untuk menabung dengan biaya administrasi ringan.

Yup. BTN punya produk tabungan utama bernama Batara. Namun produk utama ini memiliki aturan saldo mengendap Rp50.000 dan biaya administrasi bulanan berkisar Rp12.500 hingga Rp17.500.

Nah, sebagai pilihan yang lebih terjangkau, BTN punya produk tabungan murah hasil kolaborasi dengan Kantor Pos, yaitu tabungan e’Batara Pos.

Biaya-biayanya adalah sebagai berikut.

Saldo MengendapRp20.000
Biaya Administrasi RekeningRp4000
Biaya Administrasi Kartu DebitRp2500

Jadi total biaya bulanannya hanya Rp6500 saja.

Tabungan e’Batara Pos menjadi salah satu rekening yang saya miliki selain Britama X, Mandiri Tabungan Now, BCA Xpresi dan satu lagi yang nanti akan saya bahas adalah Tabungan Bank Sinarmas Co Branding Alfamart.

Bank Syariah Mandiri (BSM) / Bank Syariah Indonesia (BSI)

Dulu saya pernah menggunakan Tabungan Wadi’ah dari BSM. Saldo mengendapnya hanya Rp20.000, gratis biaya administrasi bulanan dan administrasi kartu Debit hanya Rp2000. Jadi sangat terjangkau. Meskipun rekening BSM Wadi’ah ini bukan tabungan yang benar-benar bebas biaya bulanan, namun potongan administrasinya hanya Rp2000 saja.

Sayangnya setelah berubah menjadi BSI, saldo mengendap tabungan Wadi’ah dari bank ini naik menjadi Rp50.000. Jadi saya tidak tertarik lagi untuk menggunakannya.

Selain itu aplikasi Mobile Banking BSI juga punya rating buruk. Padahal dulu Mobile Banking BSM punya rating bagus.

TabunganKu

Rekening TabunganKu merupakan produk bersama semua bank yang ada di Indonesia.

TabunganKu merupakan rekening tabungan yang benar-benar bebas biaya bulanan.

Jenis rekening ini menetapkan saldo mengendap yang ringan dan gratis biaya administrasi bulanan. Namun sayangnya kebanyakan bank penerbit tidak memberikan fasilitas Mobile Banking untuk rekening Tabunganku.

Jadi untuk penyuka kepraktisan seperti saya, rekening TabunganKu tidaklah menarik.

Ada sih produk TabunganKu yang punya fasilitas Mobile Banking, yaitu TabunganKu dari Bank Sinarmas. Namun Sinarmas punya pilihan tabungan yang justru lebih murah ketimbang TabunganKu. Jadi saya tidak menggunakan rekening TabunganKu Sinarmas.

Kartu Debit Sinarmas TabunganKu
Kartu Debit Sinarmas TabunganKu

Jenius BTPN

Popularitas Jenius BTPN saya acungi dua jempol. Ia merupakan salah satu pelopor tabungan digital di Indonesia. Rating aplikasi melalui PlayStore juga sangat bagus.

Saya sempat tertarik ingin menggunakan produk ini, namun sayangnya saya mendapat informasi bahwa Jenius BTPN sekarang membebankan biaya administrasi sebesar Rp10.000 perbulan.

Untuk bank sekelas BTPN yang jaringan ATM dan kantor cabangnya tidak sebanyak BRI, Mandiri, BCA dan BNI, saya merasa angka Rp10.000 itu terlalu mahal.

Jika pun Jenius BTPN menjajikan bebas biaya transfer dan tarik tunai melalui mesin ATM bank lain, saya tetap tidak tertarik. Karena kenyamanan bertransaksi melalui jaringan bank lain tetap tidak senyaman bertransaksi melalui jaring bank sendiri.

Tabungan Permata Me

Bank Permata menawarkan gratis biaya administrasi bulanan melalui tabungan Permata Me. Rating PlayStore untuk aplikasi Permata X Mobile juga sangat bagus.

Namun ternyata kondisi gratis biaya tersebut dengan syarat saldo rata-rata bulanan minimal Rp1.000.000.

Jadi, Permata Me bukanlah tabungan yang benar-benar bebas biaya bulanan.

Jika saldo rata-rata kurang dari Rp1 juta, maka kita bakal kena biaya Rp5000 perbulan.

Iya sih nominal Rp5000 itu sangat murah, namun ternyata masih ada biaya lainnya, yaitu biaya SMS Navigator sebesar Rp7900 perbulan.

Artinya jika saldo kita kurang dari Rp1 juta, maka kita akan kena biaya hampir Rp13.000 perbulan.

Konon katanya sih fitur SMS Navigator bisa kita nonaktifkan, tapi itu berarti jadi harus ada langkah tambahan lagi jika kita ingin biaya administrasi bulanan jadi lebih murah. Saya tidak suka aturan seperti itu.

Bank Mumalat

Dulu, sebelum tahun 2010 saya pernah menggunakan tabungan Shar’e dari Bank Muamalat.

Tabungan Shar’e Muamalat punya jasa besar dalam kehidupan saya. Karena melalui tabungan inilah awalnya saya bisa beli sepeda motor dari hasil kerja saya sendiri.

Sekarang Bank Muamalat punya produk tabungan Hijrah dengan saldo mengendap hanya Rp25.000 dan gratis biaya administrasi bulanan.

Namun sayangnya saat saya mencoba buka rekening Tabungan Hijrah secara online, ternyata tahap verifikasi akhir harus dengan cara datang ke kantor cabang Muamalat. Sedangkan lokasi kantor cabang Muamalat terdekat lumayan jauh dari rumah saya.

Sinarmas Co Branding

Dari semua rekening yang pernah saya gunakan, hanya rekening Bank Sinarmas Co Branding Alfamart dan Co Branding Orami inilah tabungan yang benar-benar bebas biaya bulanan dan saldo mengendap Rp0. Selain itu ia juga punya toleransi masa dormant hingga 36 bulan alias 3 tahun.

Artinya jika saldo tabungan Sinarmas Co Branding punya Om/Sist hanya Rp0 pun ia akan tetap aktif selama 3 tahun lamanya. Tidak seperti bank lain yang menetapkan masa aktif sebelum dormant hanya selama 6 bulan hingga 1 tahun saja.

Jika pun rekening Co Branding Sinarmas tidak memberikan bunga tabungan, itu tidak penting bagi saya. Karena bunga bank untuk jumlah dana sedikit sangatlah kecil. Jadi jika si bank membebankan biaya administrasi, jumlah bunga yang kita dapat tidak akan mampu menutup biaya administrasi bulanannya. Yang ada dana kita terus berkurang terpotong biaya administrasi bulanan.

Jadi lebih baik tanpa bunga asalkan tanpa biaya administrasi apa-apa. Jadi uang tabungan kita tetap utuh sejumlah yang kita tabungkan.

Jika pun aplikasi Mobil Banking Sinarmas cenderung lemot, pun tidak begitu menjadi masalah bagi saya. Karena saya menjadikan rekening Sinarmas Co Branding ini sebagai sarana menabung. Jarang saya gunakan untuk bertransaksi.

Satu lagi kekurangan Sinarmas adalah bahwa saya gagal membuka rekening secara online sehingga akhirnya saya buka rekening secara offline melalui Customer Service kantor cabang Sinarmas.

Kesimpulan

Dari semua rekening tabungan tersebut, saya menilai hanya ada dua yang terbaik, yaitu:

  • BCA Tahapan Xpresi bagi Om/Sist yang punya arus kas super sibuk untuk berbagai pembayaran dan belanja, baik offline maupun online

Jaringan pembayaran BCA sangat luas, aplikasi Mobile Banking’nya sangat handal dan mesin ATM’nya jarang error serta jarang kehabisan uang tunai.

  • Sementara itu Rekening Bank Sinarmas Co Branding sangat cocok untuk Om/Sist yang berniat menabung tanpa membutuhkan banyak chanel transaksi

Sinarmas Co Branding adalah tabungan yang benar-benar bebas biaya bulanan.

Tapi meskipun yang terbaik hanya ada dua, saya juga menggunakan rekening dari 3 bank lainnya untuk kebutuhan lain, yaitu:

  • Britama X, karena jaringan kantor unit layanan yang mencapai pedesaan

BRI sangat populer bagi nasabah pedesaan. Karena itu saya membutuhkan rekening tabungan BRI untuk mengimbangi arus kas saya dalam kebutuhan lain. Meskipun jaringan ATM dan Mobile Banking BRI kurang handal dan sering error.

  • Mandiri Tabungan Now, untuk arus keuangan keluarga saya
  • BTN e’Batara Pos untuk kebutuhan autodebet pembayaran angsuran KPR dan untuk jalur pendapatan bulanan saya

Hokeh Om. Monggo kunyah-kunyah. Pilih rekening bank yang paling sesuai dengan kebutuhan keuangan Om/Sist masing-masing. (Bloglain).

17 komentar untuk “Memilih Tabungan yang Benar-benar Bebas Biaya Bulanan”

  1. Robi ramandhanj

    Kalau tabungan mandiri now apa bisa kartu nya di downgrade ke silver GPN. Kalau bisa kan lebih murah lagi biaya bulanan nya.
    Biaya admin 2500 + biaya kartu silver GPN 2000 jadi total nya 4500.

    1. Sy pernah dari Gold GPN upgrade ke Platinum VISA, terus downgrade ke Gold VISA. Waktu itu saya tanya ke Customer Service, katanya bisa downgrade ke Silver. Sayangnya waktu itu stock kartunya kosong, jadi saya pake yang Gold VISA.

  2. Kalau BNI pandai Gimana ?
    Yang kata nya gratis biaya admin dan kartu.
    Sama saldo minimal bisa 0.
    Tanpa ada beban saldo minimal.

    1. BNI Pandai ngga ada fasilitas Mobile Banking Om/Sist. Jadi kalo yang suka kepraktisan ya ngga cocok.

  3. Kalau saya cukup bank Mandiri + bank BCA kang.

    jaman awal kuliah 2010 dari pihak kampus di buatkan tabungan rupiah mandiri kapel (karyawan pelajar) biaya bulanan cuma 3000 saja + biaya bulanan kartu. Minimal saldo cuma 10rb. Fitur sama persis dengan mandiri rupiah yang biasa. Sampai sekarang rekening nya masih saya pakai..

    Kalau BCA pakai tabunganku. Bebas biaya bulanan kalau tau cara mainnya.
    Dulu tahun 2010 BCA Xpresi belum ada..

    Apalagi saya tidak pakai internet bank pada 2 rekening saya. Cukup lewat ATM saja.

    Rencana mau Buka BRI Britama X atau BRI Tabungaku tapi kata nya tidak dapat kartu ATM kalau BRI tabunganku. Dan saya masih mikir mikir buat merawat rekening. Takut nya kelupaan jadi dormant deh.

    1. Tahun 2012 – 2014 sy juga pernah pake Tabungan Payroll dari Bank Mandiri. Iya sih biaya bulanannya ringan dan saldo mengendapnya hanya 10.000. Sayangnya itu rekening buka’nya di Cabang Jakarta. Setelah menetap di kampung asal (Ciamis), sy ngga pake lagi rekeningnya. Soale kadang ada sesuatu hal yang harus diselesaikan di kantor cabang pembuka dan tidak bisa di cabang lain. Meskipun hal seperti itu jarang terjadi. Beruntung sekarang ada produk Mandiri Tabungan Now yang ringan secara biaya bulanan dan saldo mengendap.

      Iya sih Om. Kalo ngga harus banget sih ngga perlu banyak-banyak rekening bank. Sayang, tiap bulan harus kena biaya Admin.

  4. Yang untuk britama X kalau buka lewat online (via brimo. Atau bukarekening.bri.co.id) kan tidak ada syarat umur 35thn..jadi kalau umur 35 thn bisa buka britama X via online kan ?
    Kalau yang britama X yang di buka di Kantor bank kan ada syarat umur max 35 thn.

      1. Sampeyan buka rekening britama X online nya lewat brimo atau situs bukarekening.bri.co.id ?
        Nanti waktu ambil ATM di kantor bank apa dapat buku tabungan ?

        1. Bukan Om/Sist. Lewat link ini: bukarekening.bri.co.id/digital-saving/

          Iya. Sy dapat buku tabungan juga waktu ambil kartu ATM.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *