Sales Motoris Freelance

Mencari dan Memilih Sumber Barang Motoris Freelance

Bloglain.com – Om Bro! Sebelum memulai usaha ini, kita harus tahu dulu dimana sumber barang motoris freelance. Karena tidak semua toko dan tidak semua produk bisa mendatangkan keuntungan yang bagus untuk bisnis ini.

Betul Om. Bagi sales motoris freelance, salah pilih produk bisa menyebabkan usahanya macet, bahkan bangkrut.

Cara Sukses Jadi Sales Motoris Freelance

Selain harus tepat dalam memilih sumber barang dan jenis produk-produknya, Om Bro juga harus tahu tips menjadi sales motoris yang handal dan cara memilih rute terbaik. Karena percuma saja Om Bro punya produk bagus jika faktor lainnya tidak mendukung.

Sales Motoris Freelance

Sumber Barang Motoris Freelance

Dalam tiap kota, sumber barang yang bagus untuk motoris freelance pasti berbeda-beda. Jadi saya tidak bisa menyebutkannya satu-persatu. Saya hanya bisa memberikan gambaran ciri-cirinya saja tanpa bisa menunjukkan lokasinya secara tepat.

Sebagai contoh, saya akan tunjukkan lokasi belanja barang-barang sales freelance untuk area Priangan Timur, yaitu Banjar Patroman, Ciamis dan Tasikmalaya.

Jika Om Bro tinggal jauh dari Priangan Timur, monggo gunakan metode pencariannya saja. Selebihnya Om Bro cari sendiri informasi lokasi toko grosir yang sesuai dengan kriteria yang akan saya sebutkan.

Sebelum melangkah ke tahap selanjutnya, perlu saya ingatkan kembali bahwa produk-produk yang potensial untuk motoris, hanya tersedia pada agen atau grosir tertentu saja. Tidak semua pasar dan toko grosis menjualnya.

Selain itu perlu Om Bro ketahui juga bahwa besarnya ukuran fisik sebuah toko grosir tidak menjamin ketersediaan produk-produk yang kita butuhkan.

Contoh:

Toko Buana Ps. Cikurubuk Tasikmalaya

Setiap pemilik toko semi grosir atau pemilik warung retail pasti tahu nama Toko Buana ini. Ia adalah toko grosir besar yang terkenal murah untuk belanja grosiran dan warungan.

Toko New Pantes Ps. Banjar Patroman

New Pantes Pasar Subuh Kota Banjar Patroman juga besar seperti Toko Buana.

Kedua toko tersebut adalah big grosir wilayahnya masing-masing. Harga jual produk mereka hampir pasti selalu murah untuk partai besar. Maka itu bukan hanya pemilik warung saja yang berbelanja ke sana, tapi pemilik toko semi grosir juga belanja ke Toko Buana atau New Pantes.

Salah satu contohnya adalah produk Kopi Kapal Api Special Mix. Pada tahun 2015, harga jual New Pantes bisa lebih murah Rp2.000/karton ketimbang toko grosir lain.

Bahkan untuk produk Top Kopi dari Wingsfood, saat itu harganya bisa terpaut hingga Rp6.000/karton dari toko grosir lainnya.

Luar biasa kan Om?

Tapi ada yang harus Om Bro ketahui, yaitu bahwa ternyata big grosir seperti mereka hanya menjual produk-produk branded saja.

Mereka hanya mau menjual produk dari merk-merk terkenal yang sudah sangat populer.

Sementara kita tahu bahwa produk-produk branded justru tidak bagus untuk keuntungan usaha motoris freelance.

Big grosir semacam ini tidak suka menawarkan produk baru pada pelanggan-pelanggannya. Mereka hanya menyediakan produk-produk yang sesuai dengan permintaan mayoritas pelanggan.

Yang artinya mereka hanya menjual produk fast moving saja.

Jadi pamungkasnya, toko grosir besar yang memiliki karakter seperti kedua contoh tadi, sama sekali bukan sumber rekomendasi bagi sales freelance.

Terus, seperti apa ciri-ciri toko grosir yang menjual barang recomended motoris freelance?

Toko Kuda Lari Ps. Cikurubuk Tasikmalaya (Depan Mayasari Plaza)

Produk-produk rekomendasinya jajanan, snack, permen, cokelat, wafer dan lain-lain.

Saya sendiri belum pernah belanja ke sana, jadi tidak tahu bagaimana mekanisme untuk masuk dengan identitas motoris atau canvaser.

Tapi saya pernah survey ke sana pada tanggal 5 Oktober 2015, dan terbukti ada banyak sales motoris yang berbelanja barang dagangan ke sana.

Saya sempat ngobrol dengan salah satu motoris yang sedang berbelanja. Dari orang tersebut saya tahu lebih jelas bahwa Toko Kuda Lari memang toko grosir yang menyediakan produk potensial untuk motoris canvaser.

Toko H. Maman Sumarna Ps. Kota Banjar Patroman (Blok barat No. 231 Pasar Banjar, belakang kantor UPTD)

Produknya kurang lebih sama dengan Toko Kuda Lari.

Toko inilah tempat saya mendapatkan produk-produk potensial motoris selama tahun 2015 sampai 2017.

Toko Batavia Ps. Manis Blok. A Ciamis, Jawa Barat

Produk-produknya alat tulis kantor (ATK), alat-alat listrik, korek gas dan lain-lain.

Melihat dari tampilan atau ukuran fisiknya, Toko Batavia ini terlihat kecil.

Sekilas orang tidak akan menyangka bahwa toko ini merupakan sumber barang yang recomended bagi motoris freelance.

Tapi ya memang begitu. Fisik dan nama besar toko tidak menjamin tersedianya produk recomended motoris canvas. Justru kadang agen-agen recomended motoris, fisik tokonya kecil dan tampak biasa saja.

Plered Pasar Kue Cirebon

Menurut beberapa rekan saya yang tidak terpercaya.

Wkwkwkwk. Salah. Maksudnya yang terpercaya.

Menurut mereka, pasar ini merupakan salah satu pusat peredaran barang murah untuk area Jawa Barat bagian timur.

Bahkan kabarnya toko-toko grosir sekitaran Banjar – Ciamis pun banyak mendapat suplai dari sana, khususnya untuk produk jajanan dalam kemasan.

Tapi kala itu modal saya terbatas, jadi tidak sempat menjajal belanja ke sana.

Karena lokasi saya yang lumayan jauh dari Cirebon, jadi jika tidak berbelanja dalam jumlah banyak sekaligus, maka perhitungan cost transportasinya tidak akan tertutup.

Distributor Resmi

Ada 3 merk besar yang sudah pernah saya coba, yakni Mayora, Nabati dan Wings. Biasanya mereka menawarkan promo-promo menarik yang menguntungkan bagi sales freelance, khususnya untuk produk-produk makanan dalam kemasan.

Salesman / Motoris Perusahaan yang Kejar Target

Seorang salesman atawa motoris dari suatu perusahaan, pada saat-saat tertentu akan mengalami kebingungan ketika target penjualan belum tercapai (biasanya akhir bulan).

Pada saat bingung seperti itu, biasanya mereka akan buang barang, dalam arti menjual barang dengan harga lebih murah dari keterapan perusahaan.

Nah. Momen seperti itu bisa menjadi kesempatan untuk Om Bro mendapat harga yang lebih murah dari harga normal.

Pada kondisi tertentu, mereka akan menawarkan produknya pada kita dengan harga miring, jika kebetulan kita ketemu saat dalam area canvas yang sama.

Bahkan jika Om Bro sudah kenal baik dengan salesman tersebut, sewaktu-waktu ia akan menghubungi Om Bro saat ia butuh kejar target.

Cara Mendapatkan Harga Special

Setelah menemukan lokasi sumber barang recomended motoris freelance, Om Bro tidak bisa serta-merta mendapatkan harga special motoris.

Ada cara khusus untuk mendapatkan harga special motoris freelance.

Bertemu Pelayan Toko

Om Bro datang ke Toko H. Maman atau toko sejenis di kota Om Bro masing-masing.

Kemudian saat sampai toko, pelayan toko yang (sebagian) cantik-cantik akan menyapa Om Bro.

Lantas Om Bro bertanya: “Neng! Boleh minta nomor Whatsapp??”

Pasti jawabanya: “Tidak boleh”.

Wkwkwkwk. Malah minta nomor Whatsapp. Bukannya belanja.

Maksudnya begini.

Saat datang ke toko, Om Bro jangan langsung menanyakan barang dan harganya pada pelayan bagian depan. Tanyakanlah pemilik tokonya.

Misalnya begini: “Neng. Pak Haji ada?”

Atau: “Neng. Si Kokohnya ada?”

Atau apalah sebutannya. Yang pasti Om Bro tanyakan pemilik tokonya.

Begitu yang seharusnya.

Nanti si Neneng pelayan akan mengarahkan Om Bro pada si pemilik toko.

Bertemu Pemilik Toko

Dan setelah Om Bro bertemu dengan Pak Haji atau Kokoh pemilik toko, selanjutnya ajukan pertanyaan begini: “Assalaamu’alaimum. Pak Haji. Perkenalkan nama saya Udin. Maksud kedatangan saya kesini, saya mau melamar anak Pak Haji”.

Paling nanti Pak Haji’nya jawab: “Heh! Anak muda! Anak gue cowok semua! Elu waras?!”

Wkwkwkwk. Lagian malah nanya begitu.

Bukan begitu.

Pertanyaan yang benar begini:

“Assalaamu’alaikum. Pak haji, saya butuh barang untuk motoris. Ada Pak?”

Nah. Begitu Om.

Pokoke intinya Om Bro tanya, apakah toko tersebut menjual produk recomended motoris atau tidak?

Jika memang ada, nanti pemilik toko akan memanggil salah satu pegawainya untuk mengarahkan dan memberi saran produk recomended pada Om Bro sekalian.

Selanjutnya tinggal pilih. Produk mana yang akan Om Bro beli.

Saran saya, beli semua produk yang disarankan.

Tidak perlu banyak-banyak dulu, yang penting item’nya lengkap.

Beli 2-3 unit saja dulu per’item barang. Nanti kedepannya tinggal Om Bro atur ulang, produk mana yang lebih laku, perbanyak produk itu.

Namun jangan kaget jika rekomendasi dari toko adalah produk-produk non branded dan produk baru yang belum Om Bro kenal. Karena memang itulah produk-produk yang berpotensi mendatangkan keuntungan besar.

Jangan takut ngga laku. Asal ulet dan banyak jumlah kunjungan ke outlet / warung langganan, semua pasti laku. So, tetap semangat menjalankan usaha motoris freelance. Selamat berjuang! (Bloglain).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *