Singkong Mentah Obat Maag? Begini Cara Mengolahnya

Bloglain.com – Tentang air perasan singkong mentah obat maag, saya punya pengalaman pribadi.

Bukan hanya pengalaman pribadi saya saja, tapi juga pengalaman kakak dan Ibu Kost saya.

Sebelumnya saya tidak punya riwayat sakit maag kronis, tapi asam lambung saya memang mudah naik.

Saya gampang merasa mual dan pusing jika minum kopi. Sedangkan menurut yang saya dengar dari dokter, kopi dan santan itu tidak baik untuk penderita maag.

Pahun 2012 lalu saya pernah mengalami kejadian yang mengejutkan. Saat itu saya muntah-muntah setelah mengkonsumsi sayur bersantan kental.

Tapi tidak selalu terjadi seperti itu. Pada lain waktu saya baik-baik saja setelah mengkonsumsi santan ataupun kopi, selama tidak berlebihan.

Singkong Mentah Obat Maag

Singkong
Singkong

Apakah Singkong Bisa untuk Menyembuhkan Maag?

Kalau bicara dengan bahasa medis, jelas saya tidak bisa berkata apa-apa, karena saya sama sekali bukan ahlinya.

Tapi kalau bicara pengalaman, saya bisa katakan bahwa singkong untuk obat maag itu bisa. Saya sudah pernah merasakannya sendiri.

Selain saya, Ibu Kost saya sewaktu saya masih sekolah juga pernah sembuhkan maag kronis dengan secara rutin minum air perasan singkong.

Selain saya dan Ibu Kost saya, kakak saya pun pernah mengkonsumsi singkong buat obat maag yang ia derita dan ia sembuh dengan obat tradisional tersebut.

Cara Mengolah Singkong untuk Obat Maag

Dari hasil sharing saya dengan kakak dan Ibu Kost saya, cara mengolah singkong sebagai obat maag adalah begini:

Pilih jenis singkong yang kulit dalamnya berwarna merah

Jangan memilih yang berwarna putih, karena singkong yang kulit dalamnya putih, itu rasanya pahit. Bahkan konon bisa menyebabkan keracunan jika kita konsumsi mentah.

Setelah mendapat singkong yang kulit dalamnya merah, ambil sekira 100-200 gram

Singkong tersebut kita parut, kemudian parutan singkongnya kita peras menggunakan kain bersih.

Peras tanpa menambahkan air. Jangan tambah air. Biar sedapatnya saja air dari kandungan singkongnya itu sendiri.

Selanjutnya, minum air perasan singkong tersebut

Lakukan 3× sehari selayaknya minum obat.

Kakak saya dan Ibu Kost saya sembuh dari maag kronis dalam waktu dua minggu.

Saya sendiri pernah mencoba cara ini. Enak. Kalau parutannya dari singkong muda, rasa air perasannya manis.

Tapi saya tidak telaten. Saya sendiri saat kena sakit maag pada tahun 2012 itu, saya ngobatinya dengan cara makan langsung tanpa diparut dahulu. Saya makan langsung begitu saja.

Singkongnya saya makan mentah begitu saja.

Hasilnya?

Alhamdulillah. Dalam 2-3 hari saja saya sudah mulai sembuh.

Tapi saya memang bukan maag kronis seperti Kakak dan Ibu Kost saya.

Untuk maag kronis, prosesnya ya itu tadi. Ibu Kost saya sembuh dalam 2 minggu. (Bloglain).

43 pemikiran pada “Singkong Mentah Obat Maag? Begini Cara Mengolahnya”

  1. makasih infonya mas. saya sudah satu minggu ini merasakan asam lambung dan magh kronis kambuh, semoga dengan ikhtiar ini bisa menyembuhkan.
    salam sehat.

    Balas
  2. Saya mngalami sakit lmbung dn skrg ini saya opname…klo kambuh badan gmetar pusing mual kringat dingin nfas sesak…apakah dgn mgkomsumsi singkong bisa mnymbuhkan lmbung saya…gk thu itu di sbut kronis ato akut?

    Balas
    • Sy tidak berani berasumsi lebih karena sy bukan ahli kesehatan. Hanya pengalaman di atas itulah yang bisa saya ceritakan.

      Balas
    • Parutan singkong atau parutan bengkuang bisa menyembuhkan sakit asam lambung…bisa dicoba 3 kali sehari..insha Allah sembuh

      Balas
  3. Kalau singkong habis di parut air perasannya di saring dulu pake saringan/di endap dulu sari/Pati nya,apa langsung di minum Ama Pati/sarinya bang????

    Balas
  4. Kulit putihnya dikupas atau ikut di parut juga kak?
    Sy kawatir sama racun sianida karna konsumsi singkong mentah

    Balas
  5. Ini nenek saya sakit maag udah priksa di dokter 3 kali nggak sembuh sembuh udah pijit juga nggak sembuh tapi tetangga saya udah pada sembuh sakit maag nya tinggal nenek saya yang belum sembuh berbagai cara juga udah di lakukan apakah singkong mentah bisa mengobati maag beneran saya khawathir

    Balas
    • Gores saja kulit luarnya yang berwarna cokelat. Nanti akan terlihat apakah kulit dalamnya berwarna merah muda atau berwarna putih.

      Balas
  6. Saya mau nanya itu perasaan air singkongnya diminum setengah gelas atau satu gelas ?
    Terus apakah yg lebih bagus kulit singkong dalamnya yg berwarna merah ?

    Balas
    • Iya, yang kulit dalamnya warna merah.
      Sy biasanya minum cuma sedikit. Paling cuma seperempat gelas sekali minum.

      Balas
  7. Kalau saya singkong tsb stlh di kupal lalu di cuci tambahkan ketumbar,garam dan bawang putih kemudia di goreng…..untuk obat lapar 😀😷

    Balas
  8. Saya saat ini lagi konsmusi. Udah 4 hari. Namun. Dengan cara di makan langsung. Saya sudah 4 bulan. Mengidap asam lambung tinggi sampai tenggorokan saya seperti terbakar. Setelah saya makan. Singkon. Setiap pagi setelah bangun tidur. Panas di tengorokan saya menurun. Sampe ilang. Dengan seiring nya waktu. Namun di bantu dengan memperbanyak minum air putih. Pas saya periksa ke dokter. Ternyata luka di lambung saya lumayan cukup parah. Namun. Alhamdulillah sekarang mendingan.karna berobat jalan. Jujur saja singkong juga sangat membantu. Namun untuk di parut saya baru tau. Terimakasih untuk info nya. Mau saya coba di parut👍

    Balas
    • Ini masnya langsung dimakan secara mentah atau bagaimana? Karena kan katanya kalo mentah resiko beracun ya karna mengandunh sianida? Dan terakhir, singkongnya merah atau putih?

      Balas
      • Katanya sih iya, ada resiko racun sianida. Jadi saya juga tidak berani jamin aman 100%. Hanya saja dari pengalaman saya, saya makan mentah langsung ataupun diparut mentah. Singkongnya yang kulit merah.

        Balas
  9. Makasih infonya.Saya juga penderita maag kronis sudah bertahun2.Saya sering merasa perut begah,kembung dan sendawa.Ramadahan ini membuat kolak singkong,dan Alhamdulillah keluhan juga berkurang.Kalo mencoba singkong mentah saya mungkin blm bisa

    Balas
  10. Om saya baru mau coba, itu cara pengobatan nya , lepas dr obat obatan dari dokter apa masih . . . . tolong bagi pengalaman nya donk

    Balas
    • GERD saya juga kambuh lagi sejak vaksin.. ternyata salah satu vaksin itu efeknya ke pencernaan.. termasuk saya yg 2016 dulu punya riwayat maag kronis mengkhawatirkan..

      Gejala baru yg sekarang ada rasanya jantung berdebar serasa mau copot, keringat dingin.. takut kena serangan jantung ajah siyh..

      Kalau 2016 dulu berawal dari GERD turunannya sakit saya makin banyak.. sesak nafas, alergi, radang telinga, radang tenggorokan, sinusitis daaan Alhamdulillah
      sembuhnya pakai air perasan kunyit saja..

      Naaaahh kmrn saya diinfo seseorang untuk pakai singkong mentah yang diparut dan diperas bareng dengan air perasan kunyit tadi.. diminum sehari dua kali pagi hari saat belum terisi apapun dan malam hari saat perut kosong menjelang tidur..

      Saya juga gak tau kalau singkong yg dipakai harus singkong merah.. karena sudah seminggu ini aku pakai singkong putih.. tapi memang rasanya manis kok.. manis asli..

      Saya juga suka campur madu.. 15 menit setelah itu saya minum air tajin dari beras merah hangat..

      Alhamdulillah.. membaik.. tapi yaa gitu tetep dulu jaga makan ajah yaa.. jangan lupa gosok gigi.. karena bakteri dimulutpun menjadi pencetus asam lambung.. mereka berkembang biak di lambung..

      Plus olah raga..

      Karena sejatinya kalau kata dokter.. Gerd dan aslam itu cuma dua pencetus utamanya stress dan kurang olah raga..

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Sehat sehat selalu yaaa.. cepat pulih, cepat beraktifitas dan bermanfaat untuk ummat..

      Balas
  11. Bang, saya merasakan gejala yang mengarah ke asam lambung seperti tenggorokan mengganjal dan sesak nafas, pagi hari sering kembung dan setelah makan perut terasa seperti begah gitu. Apakah bisa diobati dengan singkong mentah?

    Balas

Tinggalkan komentar