Review Samsung A52 Harga dan Spesifikasi: Berani Tenggelam

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Jika Om/Sist ingin ponsel paket komplit pada range mid end alias kelas menengah, maka inilah review Samsung A52 harga dan spesifikasi.

Samsung A52 Harga dan Spesifikasi

Samsung A52 Harga

Belum banyak penawaran melalui toko online umum. Jadi persaingan harga belum terasa lantaran rilisnya yang baru beberapa hari saja.

Melalui situs resmi Samsung Indonesia, harga Samsung Galaxy A52 adalah Rp5 juta kurang seribu untuk varian RAM 6GB dan Rp5.4 juta kurang seribu untuk pilihan RAM 8GB.

Samsung A52 Spesifikasi

Secara garis besar, spek Samsung A52 versi 4G dan 5G masih relatif sama. Hanya berbeda pada kemampuan jaringan dan refresh rate layarnya saja.

Kelas Samsung Galaxy A52 adalah pertengahan antara Samsung A32 dan Samsung A72. Jadi jika Om/Sist menginginkan posel dengan kemampuan lebih dari A32 namun dengan banderol kurang dari A72, maka A52 sudah menjadi pilihan yang tepat.

A52 merupakan versi upgrade dari Samsung A51. Sama seperti A32 yang menjadi update dari Samsung A31 dan A72 yang merupakan peningkatan dari Samsung A71.

Yo wis. Berikut ini data spesifikasi Samsung A52.

Samsung Galaxy A52
Samsung Galaxy A52
Rilis17 Maret 2021
Jaringan2G, 3G, 4G, 5G
SertifikasiIP67 (Tahan air tawar)
Sensor KeamananFingerprint on Display
Sistem OperasiAndroid 11, One UI 3.0
Kartu SIMDual SIM Nano, Slot Hybrid
NFCYa
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth 5.0, USB Type C
AudioDual Speaker Stere
Port AudioJack 3.5 mm
RAM6GB /8 GB
Internal Memori128GB / 256 GB
Eksternal MemorimicroSD hingga 1TB
Baterai4500 mAh (Typ), 4370 mAh (Min)
Pengisi DayaSupport Fast Charging 25W
Kabel DayaUSB Type C
Dimensi159.9 × 75.1 × 8.4 mm
Berat189 gram
Prosesor dan Performa
ChipsetQualcomm SM7225 Snapdragon 750G
Kecepatan CPU2.2GHz, 1.8GHz
GPUAdreno 619
Skor AnTuTu285000
Kamera
Lensa Utama64 MP
Lensa Ultrawide12 MP
Lensa Macro5 MP
Depth Sensor5 MP
Kamera Depan32 MP
StabilizerOIS, Super Steady
Layar
TipeSuper AMOLED
Ukuran6.5 inch
ResolusiFHD+ 1080 × 2400
KecerahanHingga 800 nits
Refresh Rate90Hz (tipe 4G), 120Hz (tipe 5G)
SertifikasiCahaya biru rendah (oleh SGS)
PelindungCorning Gorilla Glass 5

Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung A52 Harga dan Spesifikasi

Layar Mumpuni

Dengan harga Rp5 jutaan, Samsung menawarkan panel layar Super AMOLED dengan tingkat kecerahan hingga 800 nits. Artinya layar Samsung A52 ini mampu memberikan tampilan yang jernih dan lembut meskipun Om/Sist menggunakannya pada siang hari yang terik.

Refresh Rate Tinggi

Pada varian 4G, Samsung A52 memiliki rasio refresh hingga 90Hz. Sedangkan untuk varian 5G, rasio refresh layarnya hingga 120Hz.

Artinya layar Samsung A52 mampu memberikan pengalaman yang sangat smooth alias mulus ketika Om/Sist menggulir layar, bahkan saat bermain game sekalipun.

Cahaya Biru Rendah

Samsung A52 juga memiliki fitur perlindungan mata yang mereka beri nama ‘Eye Comfort Shield2’. Yaitu teknologi untuk menurunkan pancaran cahaya biru sehingga tidak membuat mata cepat lelah.

Sensor Sidik Jari Pada Layar

Pada bagian inilah salah satu kelebihan layar Super AMOLED.

Yup. Selain lebih jernih dan tajam ketimbang layar IPS dan TFT, layar Super AMOLED juga bisa mendapat konfigurasi fingerprint pada bagian layar. Jadi lebih elegan dan praktis ketimbang sensor sidik jari samping body atau belakang body.

Kamera Super Steady dan OIS

Konfigurasi kamera Samsung A52 sebenarnya masih serupa dengan Samsung M31 yang banderolnya lebih murah, yaitu menggunakan lensa kamera utama 64 MP. Mereka juga sama-sama memiliki fitur Super Steady yang berfungsi untuk menstabilkan hasil rekaman video bergerak.

Namun kamera A52 lebih mumpuni lantaran telah mendapat tambahan fitur OIS (Optical Image Stabilization).

OIS berfungsi untuk menstabilkan bidikan dengan menjaga gerakan tetap mulus sehingga hasil foto jadi lebih tajam dan jernih, meski Om/Sist berfoto pada kondisi pencahayaan redup sekalipun.

Lensa Ultrawide Resolusi Tinggi

Biasanya kamera ultrawide hanya mendapat lensa 5 MP atau 8 MP saja. Namun karena A52 masuknya ke segmen mid level, maka Samsung memberikan lensa ultrawide yang lebih besar, yaitu 12 MP. Maka Samsung A52 mampu menghasilkan foto lebar yang jernih dan tajam.

Lensa Macro dan Depth Sensor

Lensa macro dan depth sensor’nya juga cukup besar, yaitu 5 MP. Tidak seperti ponsel entry level yang umumnya hanya menggunakan lensa 2 MP saja.

Dengan perpaduan lensa utama 64 MP, lensa macro 5 MP dan depth sensor 5 MP, Om/Sist bisa membuat foto close up yang detail atau foto bokeh yang tajam alami.

Kamera Depan Mumpuni

Tak hanya konfigurasi kamera belakang saja yang mantap, kekuatan kamera depan Samsung A52 juga tidak main-main. Ia menggunakan lensa 32 MP sehingga mampu menciptakan foto selfie yang jernih dan tajam.

Bahkan hasil selfie bokeh’nya bakal tajam dan lembut alami.

Tahan Air

Samsung A52 memiliki sertifikat IP67. Artinya ia tahan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Jadi bukan hanya tahan cipratan air saja ya Om. Ia sanggup nyemplung ke dalam air.

Ini menarik Om, mengingat tidak semua ponsel pada range harga Rp5 jutaan memiliki kemampuan ini.

Speaker Stereo

Ada dua speaker yang lokasinya pada bagian bawah dan atas body ponsel.

Dua speaker ini bukan hanya menang jumlah saja, namun mampu membuat keluaran suara stereo. Jadi Om/Sist bisa mendapatkan pengalaman suara cinematic dari film dan game, meskipun tidak menggunakan earphone.

RAM dan Memori Penyimpanan Besar

Ukuran RAM 6GB dan 8GB sih sudah biasa. Wajar untuk ponsel kelas menengah.

Kapasitas memori internal 128GB juga sudah biasa.

Tapi Samsung A52 menyediakan pilihan ROM alias internal memori sebesar 256GB.

Sebenarnya kapasitas ROM 256GB juga tidak luar biasa karena sesuai dengan kelas dan harganya. Namun ia masih cukup istimewa karena belum semua ponsel Rp5 jutaan punya kapasitas ROM sebesar itu.

Selanjutnya untuk ekspansi penyimpanan, Om/Sist juga bisa membenamkan microSD hingga 1TB alias 1000GB.

Pada bagian eksternal memori ini Samsung masih terbilang unggul ketimbang kompetitor.

Betul Om. Brand lain masih jarang yang mendukung microSD hingga 1TB. Sedangkan Samsung keluaran terbaru sampai kelas pemula seperti Samsung A02s dan Samsung A12 saja sudah mendukung ekspansi hingga 1TB.

Artinya ponsel-ponsel besutan Samsung sangat mendukung Om/Sist yang suka membuat konten video. Misalnya jika Om/Sist seorang content creator.

Prosesor dan Performa Sangat Handal

Chipsetnya menggunakan Snapdragon 750G. Lebih handal ketimbang Samsung M51 yang menggunakan Snapdragon 730G.

Dengan kombinasi chipset seri gaming yang handal, kapasitas RAM dan ROM yang luas, layar Super AMOLED dan lain-lain, maka sudah jelas performa gaming Samsung a52 pasti sangat mumpuni. Apalagi kalau hanya untuk multitasking, streaming video dan aktivitas standar harian, pasti mulus banget Om.

Ada Fitur NFC

Nah. Lebih mantap lagi ini. Sudah segitu banyaknya fitur fotografi dan videografi yang tersedia, Samsung A52 masih mendapat fitur NFC.

Iya bagi saya yang tinggal di kota kecil, mungkin keberadaan sensor NFC belum penting. Namun bagi Om/Sist penggila kepraktisan, keberadaan NFC ini akan sangat membantu kecepatan dan kemudahan transaksi digital. Tinggal tap, tanpa uang tunai, tanpa koneksi online dan transaksi selesai.

Baterai Cukup Besar, Support Fast Charging 25W, Tapi…

Sebenarnya kapasitas baterai Samsung A52 sudah cukup besar, yaitu 4500 mAh. Namun ketika kita melihat Samsung M31 yang punya 6000 mAh dan M51 yang 7000 mAh, ia jadi tampak kecil.

Tapi memang fokusnya beda sih ya Om. Samsung seri M sih memang menonjolkan kapasitas baterai besar.

Selain itu Samsung M31 dan M51 kan tidak punya fitur fotografi dan videografi sehebat Samsung A52.

Kemudian soal pengisian daya, Samsung A52 memang sudah mendukung teknologi Fast Charging 25W. Namun sayangnya ia tidak termasuk dalam paket penjualannya.

Begitu menurut keterangan dari situs Samsung Indonesia.

Jadi pada paket penjualannya, Om/Sist hanya mendapat adaptor Adaptive Fast Charging 15W. Sementara itu jika Om/Sist ingin merasakan manfaat fast charging 25W, maka Om/Sist harus membelinya secara terpisah.

Jadi harus nambah budget. Begitu simpulnya.

Dual SIM tapi Hybrid

Posisi slot SIM’nya bukan pada sisi kiri atau kanan seperti ponsel kebanyakan, tapi pada sisi bagian atas.

Samsung A52 mendukung penggunaan dua kartu SIM, namun sayangnya ia menggunakan slot hybrid.

Artinya Om/Sist harus memilih antara akan menggunakan dua kartu SIM tanpa microSD atau akan menggunakan satu SIM bersama satu microSD.

Kesimpulan Samsung A52 Harga dan Spesifikasi

Tidak ada koreksi yang berarti dari saya. Saya hanya menyayangkan kapasitas baterainya saja. Andai 5000 mAh atau 6000 mAh, pasti lebih mantap lagi.

Tapi ya pabrikan juga mungkin mempertimbangkan kerampingan desain body sehingga mereka hanya menyematkan baterai 4500 mAh saja.

Secara keseluruhan Samsung A52 sudah sempurna untuk range harga Rp5 jutaan. (Bloglain).

Tinggalkan komentar