Beranda » Review » Spesifikasi dan Harga Samsung A30: Kelas Menengah Mumpuni

Spesifikasi dan Harga Samsung A30: Kelas Menengah Mumpuni

Samsung Galaxy A30

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Pada tahun 2019 lalu merk asal Korea Selatan ini sangat gencar menyerbu pasar smartphone tanah air. Lini produk andalannya ialah ponsel dan tablet seri A yang banyak mengalami penyegaran ketimbang seri serupa yang telah lebih dahulu rilis ke pasaran. So, inilah spesifikasi dan harga Samsung A30.

Hal yang sangat menarik dari brand negeri ginseng ini adalah bahwa ia telah berkomitmen untuk menjadikan harga produknya menjadi lebih masuk akal dan terjangkau. Salah satu buktinya ialah Samsung Galaxy A30.

Yup. Betul pisan Om. Dulu harga produk-produk Samsung cenderung lebih mahal ketimbang produk dari merk lain yang sekelas. Namun sekarang tidak lagi. Banderol Samsung telah seimbang dengan merk lain untuk spesifikasi yang seimbang pula.

Samsung Galaxy A30 (Sumber: samsung.com)

Samsung Galaxy A30 memang bukan satu-satunya ponsel seri A lansiran 2019. Ada beberapa seri yang berawal dari seri Samsung A10 hingga A80. Mereka hadir pada kelas yang berbeda. Ia tentu dengan rentang harga yang juga berbeda.

Melihat rentang angkanya yang berada antara 10 sampai 80, tentu Om/Sist sudah bisa menebak bahwa A30 masuk ke dalam kelas menengah.

Selain A30, Samsung juga merilis seri M30 yang membuat mereka tampak tumpang tindih. Tapi bisa saya mengerti mengingat Samsung harus benar-benar “kerja keras” agar tidak kalah bersaing melawan merk-merk dari China. Antara lain Xiaomi, OPPO, Vivo, Infinix, Huawei dan lain-lain.

Review Samsung A30

Desain

Melihat konsep smartphone ini, Om/Sist masih akan mendapati adanya water drop untuk pemosisian kamera depan. Letaknya ada pada bagian tengah layar.

Posisi kamera depan ini memang tidak terasa mengganggu, tapi serasa agak ketinggalan tren untuk saat ini.

Secara keseluruhan, konsep layar Galaxy A30 ialah ‘Bezelless’ dengan sedikit frame pada sekeliling layar.

Case A30 terbuat dari bahan full glass pada titik tertentu. Membuatnya nyaman dalam pegangan tangan meskipun tanpa case tambahan.

Sementara itu bagian casing belakangnya menggunakan material polycarbonate alias plastik.

Tidak ada efek gradasi pelangi pada casingnya. Hanya warna metalik biasa.

Warna tersebut berpadu solid dengan bingkai sisi samping berbahan alumunium yang kokoh.

Pemosisian tombol, slot SIM dan microSD masih seperti ponsel kebanyakan. Sedangkan pada sisi bagian bawah ada speaker, port charging, mic dan port audio.

Secara keseluruhan tidak ada yang sangat istimewa dari desain Samsung Galaxy A30. Namun memang ia terasa kokoh dalam genggaman tangan dan tidak terkesan “murah”.

Selebihnya ada kelemahan umum yang tetap terbawa oleh A30, yaitu casing yang mudah kotor oleh bekas sidik jari.

Display / Layar

Hingga saat ini saya masih menjadi pengguna setia Samsung. Sudah ada 5 unit Samsung entry level dalam rumah saya, yaitu milik saya sendiri, istri saya dan 3 orang anak saya.

Dari 5 unit tersebut saya tidak mendapati keluhan yang berkaitan dengan layar ponsel Samsung. Padahal semua unit tersebut hanyalah ponsel entry level dengan banderol kurang dari Rp2 juta.

Dari semua pengalaman saya dan keluarga, maka saya percaya ketika media gizmologi.id mengatakan bahwa sajian layar Samsung A30 ini cukup baik.

Ukuran layarnya 6.4 inch. Sama dengan Samsung M11 yang saya miliki.

Tapi Galaxy A30 sudah terlindungi dengan pengaman Corning Gorilla Glass 3, sedangkan Samsung M11 belum.

Dengan lapisan Corning Gorilla Glass, sentuhan tangan pada layar terasa nyaman ketimbang menggunakan pelapis tempered glass.

Teknologi layarnya menganut jenis Super AMOLED capacitive touchscreen 16 juta warna dengan keluaran resolusi Full HD 1080 × 2340 piksel. Kerapatan piksel’nya 403 ppi. Terasa sangat nyaman dengan rasio 19.5:9.

Selain hanya nyaman, layar A30 juga cukup responsif dan smooth ketika kita berpindah dari satu menu ke menu lainnya.

Kamera

Pada rentang kelas ini, kamera Samsung A30 memang tidak terlalu istimewa.

Tapi juga tidak jelek.

Posisi Kamera

Letak kamera utama Galaxy A30 ada pada bagian yang agak ke samping. Terdiri atas dua lensa, yaitu satu lensa utama dan satu lensa ultrawide. Tidak ada lensa depth sensor alias efek bokeh yang khusus seperti M30.

Resolusi Lensa Kamera

Lensa utamanya berkekuatan 16 MP, f/1.7 dengan fitur Phase Detecting Auto Focus (PDAF). Yaitu kemampuan sensor auto focus untuk mengunci fokus objek lebih cepat hingga 0.3 detik.

Kamera Samsung A30

Namun terkadang kamera A30 masih membutuhkan metode fokus manual dengan menyentuh layar.

Sementara itu lensa ultrawide’nya punya resolusi 5MP, f/2/2, 12 mm. Hasil jepretannya cukup halus. Namun untuk foto dengan efek bokeh, sajian fokus dan blur’nya kurang halus lantaran tidak adanya lensa pendukung.

Yup. Efek bokeh pada Samsung A30 tersaji secara digital tanpa lensa pendukung.

Selanjutnya perkara lensa depan alias kamera selfie, kekuatannya adalah sama dengan lensa utama, yaitu 16 MP.

Kamera depan Samsung A30 mengusung mode beauty yang cukup penting untuk hasil swafoto yang lebih baik.

Pada fungsi rekaman video, Om/Sist bisa mendapat kualitas hingga resolusi full HD (1920 × 1080 piksel) dengan rasio terbaik 16:9. Sedangkan jika Om/Sist ingin rasio penuh layar (19.5:9), resolusi yang akan tersaji adalah 2336 × 1080 piksel.

Pilihan rasio layar lainnya adalah 1:1 yang menghasilkan resolusi 1440 × 1440 piksel.

Selain untuk rekaman video, pilihan rasio tersebut juga bisa Om/Sist gunakan untuk berfoto.

Pilihan fitur lainnya ialah mode Panorama dan HDR yang dapat memberikan hasil warna lebih kaya dan cerah. Meskipun dengan fitur HDR, proses pengambilan foto jadi membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

Tambahan lainnya ada juga fitur Burst Mode untuk memotret secara berturut-turut hanya dengan menahan tombol kamera.

Secara keseluruhan output foto dari kamera Samsung Galaxy A30 tersaji cukup baik. Meskipun masih kasar pada kondisi low light alias kurang pencahayaan.

Port dan Konektivitas

Tersedia satu tray berisi 3 port. Dua untuk nano SIM Card dan satu untuk microSD.

Kedua slot SIM memiliki jaringan 4G, sedangkan kapasitas microSD’nya mampu menampung hingga kapasitas 512 GB.

Untuk keperluan audio, tersedia port 3.5 mm pada bagian bawah body ponsel.

Beralih ke sektor koneksi, Om/Sist bisa mengakses internet menggunakan Wi-Fi 802.11 1/b/g/n/ac dual-band. Juga bisa berbagi koneksi internet menggunakan fitur hotspot bawaan.

Koneksi Bluetooth juga tersedia. Namun sayangnya tidak ada kemampuan NFC pada smartphone ini.

Port chargernya sudah menggunakan tipe C 1.0 demi mendukung teknologi fast charging dan transfer data secara lebih cepat.

Fitur

Mengingat segmentasinya yang berada pada kelas menengah, wajar saja jika Samsung tidak memberikan banyak fitur untuk seri A30. Berbeda dengan seri flagship yang lebih mendapat perhatian dalam urusan kelengkapan fitur.

Yup. Karena banyaknya fitur unggulan akan mengerek nominal banderol, maka hal itu tidak bisa vendor lakukan pada kategori ponsel entry level. Jadi jangan heran jika Om/Sist hanya akan mendapati beberapa fitur standar saja pada A30.

Sensor

Sensor sidik jari bukanlah hal baru. Maka Om/Sist akan menemukannya pada smartphone ini.

Desain sensornya cukup apik, yaitu sejajar dengan casing berbalut garis pemisah tipis.

Respon sensornya juga cukup baik.

Sensor wajah juga tersedia.

Penggunaan sensor wajah dan sidik jari harus dengan kombinasi kunci lainnya seperti pola atau PIN. Jadi jika sewaktu-waktu ponsel tidak mengenali sidik jari atau wajah Om/Sist, maka kita masih bisa menggunakan kunci lainnya tersebut.

Fitur lainnya ada accelerometer, proximity, compass dan gyroscope untuk mendukung operasi game yang membutuhkan orientasi gerak.

Sedangkan untuk aplikasi bawaan, Samsung sudah melengkapi A30 dengan Smart Things, Samsung Members, Samsung Max, Samsung Gift Indonesia dan Samsung Health yang bisa sikron dengan perangkat lain seperti Samsung Gear.

Aplikasi tambahan lainnya bisa Om/Sist dapat melalui Play Store. Karena Samsung termasuk produktif dalam hal merilis aplikasi pendukung ponsel mereka.

Masih ada lagi aplikasi bawaan yang terhubung dengan dompet digital DANA, yaitu Samsung Pay.

Dengan Samsung Pay, Om/Sist akan mendapat kemudahan bertransaksi melalui merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan DANA.

Performa

Urusan dapur pacu, dalaman Galaxy A30 adalah sama dengan M30. Chipset’nya besutan Samsung sendiri, yaitu Exynos 7904 (14 nm).

Konon chipset ini sebanding dengan Qualcomm Snapdragon seri 600.

Exynos 7904 memiliki kemampuan octa-core (2×1.8 GHz Cortex-A73 dan 6×1.6 GHz Cortex-A53). Sementara itu Mali G71-MP2 terpasang sebagai pendorong kinerja grafis ponsel.

Dengan kombinasi yang lumayan ini, A30 mampu menjalankan game populer seperti Player Unknown Battle Ground (PUBG) ataupun game populer lainnya yang membutuhkan kinerja grafis baik. Meskipun tidak mampu bergerak mulus pada setting grafis tinggi.

Untuk mendukung semua kemampuan tersebut, A30 tersedia dalam dua varian, yaitu RAM 4GB dengan memori internal 64GB dan RAM 3GB / 32GB ROM.

Dalam sesi pengujian Antutu, raihan skor A30 adalah 90151. Sedangkan dalam pengujian Sling Shot Extreme Benchmark berbasis aplikasi, skor’nya adalah 614. Dan pamungkasnya pada pengujian GeekBench, skor yang tercapai adalaj 1321 single-core dan 4111 multi-core.

Bagi sebagian orang, skor Antutu kurang dari 100 ribu mereka anggap kurang mumpuni. Tapi sebenarnya dalam penggunaan harian, smartphone ini cukup mumpuni.

Satu hal lagi. Kapasitas baterai A30 adalah 4000 mAh. Kalah besar dari M30 dan M11 yang punya daya tampung baterai 5000 mAh.

Meskipun begitu bukan berarti baterai A30 tidak mumpuni.

Yup. Baterai Samsung A30 tetap mumpuni lantaran jenis’nya sudah Li-Po. Bukan lagi Li-Ion.

Baterai Li-Po memang harus. Hal itu untuk mendukung adanya teknologi fast charging dengan port USB tipe C.

Spesifikasi dan Harga Samsung A30

Spesifikasi Samsung A30

  • Device Type: smartphone
  • Model / Series: Samsung Galaxy A30
  • Released: 22 Maret 2019
  • Chipset: Exynos 7904 Octa Core 14nm
  • CPU: Dual 1.8GHz (Cortex®-A73) + Hexa 1.6GHz(Cortex®-A53)
  • GPU: Mali-G71 MP2
  • RAM: 4 GB
  • Storage: 64 GB, support Micro SD Slot Up to 512 GB
  • Operating System: Android 9.0 (Pie)
  • User Interface: One UI 1.1
  • Dimensions: 158.5 × 74.7 × 7.7 mm
  • Weight: 165 gram
  • Design Features: 3D Curved Edge Design Front glass, plastic body
  • Battery: Non-removable 4000 mAh
  • Network Frequency: GSM/ HSPA/ LTE
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Screen Type: Infinity-U SuperAMOLED
  • Size and Resolution: 6.4 inch FHD+ (1080×2340), 19.5:9 ratio (~403 ppi density)
  • Touch Screen: capacitive touchscreen
  • Features: Corning Gorilla Glass 3
  • Rear Main Camera: Main 16MP AF, F1.7 Ultra Wide: 5MP FF, F2.2
  • Front Camera: 16MP FF (F2.0)
  • Video: 1080p@30fps
  • Camera Features: LED flash, panorama, HDR
  • Wi-fi: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • USB: 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
  • GPS: Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
    Multimedia Features – Active noise cancellation with dedicated mic
  • FM Radio: Yes
  • Web Browser: HTML5
  • Messaging: SMS; MMS
  • Sensors: Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
  • Other: Samsung Pay, Bixby Home, Bixby Reminder3, Dolby Atmos, Samsung Knox

Harga Samsung A30

Pada November 2020, kisaran harga Samsung A30 adalah Rp3.050.000.

Tapi itu hanya kisaran. Beda toko bisa saja ada perbedaan tipis-tipis.

Demikianlah data spesifikasi, review dan harga Samsung A30. Monggo kunyah-kunyah. Semoga bermanfaat. (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *