Beranda » Komparasi » Redmi Note 8 vs Redmi Note 8 Pro Bagus Mana? Begini Detailnya

Redmi Note 8 vs Redmi Note 8 Pro Bagus Mana? Begini Detailnya

Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Bagi Om/Sist yang dalam hati sempat bertanya Redmi Note 8 vs Redmi Note 8 Pro bagus mana? Jawabannya sudah jelas dan pasti lebih unggul yang versi Pro.

Tapi jawaban sesingkat itu tidak akan membuat Om/Sist jadi tahu letak perbedaan mereka secara spesifik. Maka untuk itulah saya menyusun tulisan ini.

Redmi Note 8 vs Redmi Note 8 Pro Bagus Mana?

Xiaomi Redmi Note 8

Perbandingan Spesifikasi Redmi Note 8

Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Waktu Rilis

Redmi Note 8 Pro resmi rilis pada 29 Agustus dan mulai tersedia pada 24 September 2019. Sedangkan Redmi Note 8 juga rilis pada bulan Agustus 2019, tapi saya tidak mendapati informasi tanggal tepatnya.

Artinya kedua bersaudara ini rilis dalam waktu yang bersamaan. Yang artinya lagi Xiaomi bukan merilis sebuah peningkatan produk dari produk lainnya, melainkan sengaja memberikan opsi bagi Om/Sist untuk membeli salah satunya. Apakah Om/Sist ingin mengejar spek lebih tinggi atau harga yang lebih terjangkau?

Bobot

Antara keduanya ada gap bobot sebanyak 10 gram. Redmi Note 8 punya berat badan 190 gram, sedangkan untuk versi Pro adalah 200 gram alias 2 ons.

Melihat data bobotnya saja kita sudah bisa pastikan bahwa dalaman Note 8 Pro lebih berisi alias lebih mantap ketimbang Redmi Note 8.

Layar

Jenis layarnya sama-sama IPS LCD.

Ukuran layar Redmi 8 adalah sebesar 6.3 inch, sedangkan Redmi Note 8 Pro punya ukuran layar 6.53 inch.

Rasio layar ke body Redmi Note 8 sebesar 81.7%, sedangkan Redmi Note 8 Pro adalah 84.9%. Jadi selain ukuran layarnya lebih lega, bezel Note 8 Pro juga lebih tipis sehingga layar tampak lebih penuh.

Resolusi layarnya sama-sama 1080 × 2340 piksel.

Nah. Lantaran ukuran layar Redmi Note 8 lebih kecil maka kepadatan layarnya justru lebih rapat, yaitu 409 ppi. Sedangkan kepadatan piksel Redmi Note 8 Pro adalah 395 ppi.

Prosesor

Redmi Note 8 menggunakan chipset besutan Qualcomm, yaitu Snapdragon 665 (11 nm). Sementara Note 8 Pro menggunakan chipset Mediatek Helio G90T (12 nm).

Meskipun secara popularitas Snapdragon terkenal sebagai prosesor yang kencang, namun Xiaomi juga pastinya tidak serampangan.

Yup. Pada bahasan sebelumnya saya sudah ceritakan bahwa Note 8 Pro mampu menjalankan game-game online populer dengan baik tanpa kendala.

Internal Memori dan RAM

Xiaomi Redmi Note 8 tersedia dalam varian RAM 6GB / 64GB ROM. Sedangkan Note 8 Pro tersedia dalam pilihan varian 6/64GB, 6/128GB, 8/128GB dan 8/256GB. Maka semakin jelas bahwa segmentasi Note 8 Pro memang lebih tinggi dari Note 8.

Kamera

Memasuki sektor fotografi makin jelas gap antara mereka berdua.

Komposisi kamera Redmi Note 8 adalah 48 MP (lensa utama), 8 MP (ultra-wide), 2 MP (lensa macro), 2 MP (depth sensor) dan 13 MP (kamera depan). Sedangkan Note 8 Pro punya komposisi 64 MP (lensa utama), 8 MP (ultra-wide), 2 MP (lensa macro), 2 MP (depth sensor) dan 20 MP (kamera depan).

Baterai, Charger dan USB

Keduanya sama-sama menggunakan pengisi daya cepat 18W dengan kabel USB type-C. Namun Note 8 Pro memiliki kelebihan kapasitas baterai, yaitu sebesar 4500 mAh. Sedangkan Note 8 kapasitas baterainya 4000 mAh saja.

Kapasitas baterai sebesar 4000 mAh tentu tidak bisa kita katakan kecil. Namun ukuran 4500 mAh tentu lebih besar lagi.

Sistem Operasi dan User Interface

Keduanya menggunakan versi Android 9 Pie yang bisa upgrade ke Android 10 dengan antarmuka MIUI 12.

Sensor

Keduanya sama-sama memiliki sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity dan compass.

Port Audio

Mereka juga sama-sama menggunakan jack audio 3.5 mm.

NFC

Nah. Pada sektor ini Redmi Note 8 Pro unggul lagi lantaran sudah memiliki fitur NFC.

Harga Redmi Note 8 vs Redmi Note 8 Pro

Melihat gap yang cukup jauh tersebut, wajar saja jika label banderolnya pun selisih lumayan jauh.

Harga Redmi Note 8 Pro berada pada angka yang lebih dari Rp3 juta, sedangkan untuk Redmi Note 8 yang bukan ‘Pro’, Om/Sist bisa menebusnya dengan nominal Rp2.175.000 hingga Rp2.188.000 saja. (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *