Beranda » Komparasi » Redmi Note 7 vs Redmi Note 8: Yang Murah Malah Unggul!

Redmi Note 7 vs Redmi Note 8: Yang Murah Malah Unggul!

Xiaomi Redmi Note 8

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Selisih usia yang hanya 8 bulanan membuat kedua ponsel ini tidak terlalu banyak berbeda, baik dari segi desain maupun performa. So, inilah komparasi Xiaomi Redmi Note 7 vs Redmi Note 8.

Komparasi Xiaomi Redmi Note 7 vs Redmi Note 8

Xiaomi Redmi Note 7

Waktu Rilis

Xiaomi Redmi Note 8

Seperti yang sudah saya sebutkan, rilis dua kakak beradik ini selisih sekira 8 bulan lamanya. Note 7 rilis 10 Januari dan mulai tersedia 28 Februari, sedangkan Note 8 meluncur pada Agustus 2019.

Jadi singkatnya, Redmi Note 8 lebih baru secara usia produksi ketimbang Note 7.

Layar

Ukuran layarnya sama-sama 6.3 inch, namun rasio layar ke body Xiaomi Note 8 lebih besar ketimbang Note 7. Maka secara visual, layar Note 8 jadi tampak lebih penuh dengan bezel yang lebih tipis.

Tipe layarnya sama-sama IPS LCD beresolusi 1080 × 2340 piksel dengan kepadatan 409 ppi.

Sistem Operasi dan User Interface

Keduanya menggunakan OS yang sama, yaitu Android 9 Pie dengan antarmuka MIUI 10. Mereka juga sama-sama telah siap upgrade menuju MIUI 12 berbasis versi Android.

Chipset, CPU dan GPU

Keduanya menggunakan chipset besutan Qualcomm. Namun Redmi Note 7 masih menggunakan Snapdragon 660, sedangkan Note 8 telah mendapat upgrade menggunakan Snapdragon 665.

Mereka juga menggunakan CPU yang sama, yaitu octa-core. Namun versi GPU milik Note 8 sudah lebih tinggo, yaitu Andreno 610. Sedangkan Note 7 menggunakan GPU Andreno 512.

Varian RAM dan ROM

Ada beberapa varian memori yang tersedia, namun popularitas pasaran membuat mereka tampak berbeda.

Xiaomi Redmi Note 7 lebih populer pada varian RAM 3GB / 32GB ROM, sedangkan Note 8 lebih populer pada varian RAM 4GB / 64GB ROM.

Kamera

Pada sektor fotografi mereka memiliki kekuatan lensa utama yang sama, yaitu 48 MP. Namun Note 7 hanya memiliki satu lensa kamera pendukung, yaitu 5 MP sebagai sensor efek bokeh, sedangkan Redmi Note 8 memiliki 3 kamera pendukung sebagai sensor bokeh, ultra-wide dan kamera makro.

Jadi total kamera belakang milik Note 7 hanya dua lensa, sedangkan Note 8 punya 4 lensa.

Selanjutnya pada bagian kamera selfie, mereka sama-sama punya lensa 13 MP.

Baterai dan Pengisi

Dalam hal daya baterai mereka memiliki kekuatan yang sama, yaitu 4000 mAh dan sama-sama mendapat sokongan Quick Charging 18W.

Performa

Dari semua kombinasi komponen tadi, Xiaomi Redmi Note 8 sedikit lebih unggul dengan 140 ribuan skor Antutu. Sementara itu berdasarkan hasil uji dari laman GSMArena, skor Antutu dari Redmi Note 7 adalah 139075.

Lain-lain

Selebihnya pada bagian lain keduanya relatif sama. Misale saja mereka sama-sama menggunakan port audio 3.5 mm jack, USB Tipe C dan lain-lain.

Harga

Menariknya meskipun Note 8 lebih tinggi secara spesifikasi teknis, tapi ternyata harganya justru lebih murah.

Betul Om. Redmi Note 8 pada November 2020 punya banderol Rp2.1 jutaan hingga 2.2 jutaan. Sedangkan Note 7 justru malah ada pada nominal Rp2.4 jutaan. Keduanya untuk varian yang sama, yaitu RAM 4BG / 64GB ROM.

Lah. Kenapa bisa begitu?

Singkatnya sih karena pergeseran waktu ya Om. Yangmana semakin kesini para vendor terus bersaing menawarkan spek yang semakin tinggi dengan harga tetap terjangkau. Sedangkan jika Xiaomi tidak mengikuti perkembangan tersebut, pasti ia akan terlibas oleh pabrikan lain. Jadi Om/Sist jangan heran jika mendapati ada ponsel zaman now yang punya spek lebih tinggi tapi harganya justru lebih murah ketimbang ponsel yang telah rilis lebih dulu dengan spek lebih rendah.

Demikianlah hasil komparasi Xiaomi Redmi Note 8 vs Redmi Note 7. Semoga bermanfaat. (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *