Beranda » Komparasi » Redmi 8 vs Redmi Note 8 Bagus Mana? Begini Perbedaannya

Redmi 8 vs Redmi Note 8 Bagus Mana? Begini Perbedaannya

Xiaomi Redmi Note 8

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Muncul lagi pertanyaan Redmi 8 vs Redmi Note 8 bagus mana? Meskipun dari penamaannya saja kita sudah bisa menebak siapa yang lebih unggul, namun saya rasa perlu untuk kita ketahui secara detail.

Karena apa?

Karena nantinya kita akan komparasi antara spek dengan harga, apakah gap mereka setimpal dengan banderolnya atau tidak.

Redmi 8 vs Redmi Note 8 Bagus Mana?

Xiaomi Redmi 8

Secara rinci, spesifikasi Redmi 8 vs Redmi Note 8 membawa perbedaan yang pastinya telah mendapat penyesuaian dari Xiaomi agar mereka pantas menyandang banderolnya masing-masing.

Sedangkan secara singkat kita bisa simpulkan bahwa spesifikasi Redmi Note 8 lebih tinggi dari Redmi 8.

Xiaomi Redmi Note 8
Jaringan

Antara Xiaomi Redmi 8 dan Redmi Note 8 sama-sama menggunakan jaringan 2G, 3G dan 4G.

Waktu Rilis

Note 8 rilis lebih dulu, yaitu pada bulan Agustus 2019. Sedangkan Redmi 8 rilis belakangan, yaitu pada 9 Oktober 2019 dan mulai tersedia pada 12 Oktober 2019.

Melihat waktu rilisnya yang lebih baru, kita bisa katakan bahwa Redmi 8 merupakan versi down-grade dari Redmi 8. Tujuannya saya kira adalah sebagai alternatif untuk Om/Sist sekalian yang menginginkan ponsel dengan harga lebih terjangkau.

Layar

Keduanya menggunakan jenis panel layar yang sama, yaitu IPS LCD.

Namun layar Redmi Note 8 sedikit lebih luas, yaitu 6.3 inch. Sedangkan Redmi 8 punya ukuran layar 6.22 inch.

Resolusi layar Redmi Note 8 juga lebih tinggi, yaitu 1080 × 2340 piksel dengan kepadatan 409 ppi. Sedangkan Redmi 8 hanya 720 × 1520 piksel dengan kepadatan 270 ppi saja.

Bentuk layar Note 8 juga lebih panjang dengan rasio 19.5:1. Sedangkan Redmi 8 menganut rasio 19:1.

Baterai, Pengisi Daya dan USB

Namun meskipun versi down-grade, Redmi 8 justru memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, yaitu 5000 mAh. Sedangkan Redmi Note 8 punya kapasitas baterai 4000 mAh saja.

Perkara charger, keduanya sama-sama menggunakan pengisi daya cepat alias fast charging 18W dengan kabel USB type-C.

Dimensi dan Berat

Melihat perbandingan ukuran layarnya yang lebih besar, maka dimensi Redmi Note 8 juga lebih panjang, yaitu 158.3 mm berbanding 156.5 mm (Redmi 8). Namun demikian secara ketebalan, justru Redmi 8 lebih tebal lantaran ukuran baterainya yang lebih besar.

Bobot body’nya sih relatif sama. Hanya beda 2 gram saja yaitu 188 gram (Redmi 8) dan 190 gram (Redmi Note 8).

Sistem Operasi

Keduanya sama-sama menggunakan versi Android 9.0 Pie.

Prosesor dan Pengolah Grafis

Redmi Note 8 sangat unggul dengan chipset Qualcomm Snapdragon 665 (11 nm) dan GPU Adreno 610. Sedangkan Redmi 8 menggunakan Snapdragon 439 (12 nm) bersama Adreno 505.

RAM dan Memori

Urusan penyimpanan eksternal mereka sama-sama menggunakan microSD. Namun mereka memiliki perbedaan dalam hal kapasitas memori internal.

Redmi Note 8 hanya tersedia dalam satu varian saja, yaitu RAM 4GB/64GB ROM. Sedangkan Redmi 8 selain menyediakan kapasitas RAM/ROM yang sama, ia juga memberikan pilihan yang lebih terjangkau dengan varian 3/32GB.

Kamera

Pada sektor fotografi ini terasa sekali timpangnya. Redmi 8 hanya punya lensa utama 12 MP, lensa bokeh 2 MP dan kamera depan 8 MP. Sedangkan Redmi Note 8 punya lensa utama 48 MP, ultra-wide 8 MP, lensa macro 2 MP, sensor bokeh 2 MP dan kamera depan 13 MP.

Jauh banget ya Om. Bahkan lensa kamera selfie punya Redmi Note 8 punya resolusi lebih tinggi ketimbang lensa utama milik Redmi 8.

Port Audio

Keduanya sama-sama menggunakan jack 3.5 mm.

Konektivitas

Mereka sama-sama punya peranti koneksi wifi, wifi direct dan hotspot. Namun untuk bluetooth, versi Redmi Note 8 lebih tinggi, yaitu versi 5.0. Sedangkan bluetooth milik Redmi 8 masih versi 4.2.

Sensor

Mereka sama-sama memiliki sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity dan compass.

Redmi 8 vs Redmi Note 8 Harga

Untuk semua kelebihan yang ia usung, harga Redmi Note 8 ada pada kisaran Rp2.1 jutaan. Sedangkan jika Om/Sist menginginkan Redmi 8, maka Om/Sist hanya perlu menebusnya dengan nominal Rp1.7 jutaan untuk varian 3/32GB dan Rp1.8 jutaan untuk varian memori 4/64 GB.

Nah. Monggo Om/Sist kunyah-kunyah, apakah gap harganya setimpal dengan spesifikasi yang mereka tawarkan?

Selamat memilih. (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *