Beranda » Komparasi » Realme 5i vs Redmi Note 7 Bagus Mana? Ini Plus-minusnya

Realme 5i vs Redmi Note 7 Bagus Mana? Ini Plus-minusnya

Xiaomi Redmi Note 7

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Kedua ponsel entry level ini memang cukup membingungkan bagi calon konsumennya. Nah, salah satu pertanyaan yang masuk ke redaksi Bloglain adalah, Realme 5i vs Redmi Note 7 bagus mana? Jadi tanpa banyak basa-basi, sekarang kita langsung cekidot bae ke TKP.

Realme 5i vs Redmi Note 7 Bagus Mana?

Realme 5i
Xiaomi Redmi Note 7

Waktu Rilis

Realme 5i lebih baru karena rilis pada 6 Januari 2020, sedangkan Xiaomi Note 7 sudah rilis satu tahun sebelumnya yaitu pada 10 Januari 2019 dan tersedia mulai 28 Februari 2019.

Bobot

Realme 5i punya bobot yang lebih berat ketimbang Redmi Note 7, yaitu 195 gram vs 186 gram.

Layar

Tipe layarnya sama-sama IPS LCD, namun ukuran layar Realme 5i lebih lega, yaitu 6.52 inch. Sesangkan Xiaomi Note 7 punya ukuran layar sebesar 6.3 inch.

Tampilan layar Realme 5i juga tampak lebih full lantaran menganut rasio 83.2% ke body, sedangkan Redmi Note 7 punya rasio screen to body sebesar 81.4%.

Bentuk layar Realme 5i lebih panjang dengan rasio 20:9, sedangkan Redmi Note 7 menganut rasio 19.5:9.

Namun demikian resolusi layar Redmi Note 7 lebih bagus dengan 1080 × 2340 piksel (~409 ppi density) ketimbang Realme 5i yang berada pada angka 720 × 1600 piksel (~269 ppi).

Sistem Operasi

Meskipun Realme 5i lebih baru, tapi ia masih menggunakan versi Android yang sama dengan Redmi Note 7, yaitu Android 9 Pie. Beruntung pabrikan keduanya telah menyiapkan mereka untuk bisa upgrade ke versi Android 10.

Performa

Secara data teknis, Realme 5i punya performa dan pengolah grafis yang lebih mumpuni dengan chipset Qualcomm Snapdragon 665 (11 nm) dan GPU Adreno 610. Menang banyak ketimbang Realme Note 7 yang masih menggunakan Snapdragon 660 dan GPU Adreno 512.

Kartu SIM dan Eksternal Memori

Realme 5i memberikan slot yang lebih leluasa, yaitu dua slot SIM dan satu slot microSD sehingga Om/Sist bisa menggunakan dua kartu seluler sekaligus satu kartu memori tanpa harus mengorbankan salah satunya.

Sementara itu Xiaomi Redmi Note 7 menggunakan slot hybrid.

Singkatnya dengan Redmi Note 7 Om/Sist harus memilih antara memasang satu SIM bersama satu microSD atau dua SIM tanpa microSD. Sedangkan jika Om/Sist menggunalan Realme 5i, maka Om/Sist bisa menggunakan semuanya karena ada 3 slot yang tersedia.

Internal Memori dan RAM

Sayangnya Realme 5i hanya tersedia dalam dua pilihan varian saja, yaitu 3/32GB dan 4/64GB. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 7, selain pilihan yang sama dengan Redmi 5i, ia juga memberikan pilihan varian 6/128GB.

Kamera

Pada sektor ini Realme 5i kalah telak.

Lensa kamera utama milik Realme 5i hanya berkekuatan 12 MP saja beserta 8 MP ultra-wide, 2 MP lensa makro, 2 MP lensa efek bokeh dan 8 MP kamera depan. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 7 sudah berbekal lensa utama 48 MP bersama 5 MP depth sensor alias lensa efek bokeh dan 13 MP kamera depan.

Jadi secara kekuatan lensa utama, Redmi Note 7 unggul, namun secara jumlah lensa sensor tambahan, Realme 5i yang lebih unggul.

Baterai, Charger dan USB

Realme 5i mengusung kapasitas baterai yang lebih besar, yaitu 5000 mAh. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 7 punya kapasitas 4000 mAh.

Namun sayangnya Realme 5i masih menggunakan charger konvensional 10W dengan port micro USB 2.0. Kalah dari Redmi Note 7 yang sudah memiliki fitur Quick Charge versi 4 berdaya 18W serta menggunakan USB tipe C. So, proses pengisian daya baterai Redmi Note 7 bakalan lebih kencang ketimbang Realme 5i.

Sensor

Keduanya sama-sama memiliki kelengkapan fitur Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity dan compass.

Proteksi

Keduanya juga sama-sama telah mendapat perlindungan dari Corning Gorilla Glass. Sayangnya saya tidak mendapat informasi perkara Gorilla Glass pada Realme 5i. Saya hanya mendapatkan data untuk Redmi Note 7, bahwa proteksi yang ia gunakan ialah Corning Gorilla Glass 5.

Kesimpulan

Pada beberapa bagian penting, spesifikasi Redmi Note 7 memiliki lebih banyak keunggulan. Namun Realmi 5i juga unggul pada beberapa bagian yang lain.

Keduanya berada pada rentang harga yang seimbang, yaitu antara Rp2 juta hingga Rp2.4 jutaan menurut beberapa penawaran melalui marketplace online. Jadi monggo saja Om/Sist kunyah-kunyah dan pertimbangkan, ponsel mana yang lebih cocok dengan kebutuhan Om/Sist sekalian? Apakah Om/Sist lebih suka layar lega atau resolusi yang lebih tinggi? Apakah ingin kamera yang lebih mumpuni? Atau mungkin Om/Sist ingin kapasitas yang lebih besar? Atau justru lebih menginginkan pengisian daya yang lebih cepat?

Pokoke monggo saja Om/Sist pertimbangkan, terus tinggal beli yang sesuai kebutuhan. (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *