Beranda » Komparasi » POCO M3 vs Redmi 9: Gapnya Jauh Tapi Ada yang Terbalik

POCO M3 vs Redmi 9: Gapnya Jauh Tapi Ada yang Terbalik

Xiaomi Redmi 9

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Sudah selayaknya produk baru memang harus lebih baik dari model lama. Tapi pada beberapa bagian, belum tentu produk lama lebih buruk dari model baru. So, inilah komparasi antara Xiaomi POCO M3 vs Redmi 9.

Xiaomi POCO M3 vs Redmi 9

Melihat dari detailnya, spesifikasi POCO M3 memang cukup mumpuni untuk bersaing pada kategori entry level. Namun jika Om/Sist amati dengan seksama, memang ada konsekuensi pada bagian lain untuk beberapa kelebihan yang ia sandang.

Yup. Spek POCO M3 memang cukup mumpuni pada beberapa bagian, namun ia punya kekurangan pada bagian lain ketimbang Redmi 9. So, kita cekidot bae lihat perbandingan dari keduanya.

Xiaomi POCO M3
Waktu Rilis
Xiaomi Redmi 9

Xiaomi Redmi 9 rilis pada 10 Juni 2020. Sedangkan POCO M3 menurut data rilisan GSMArena, ia mulai diperkenalkan pada 24 November 2020 dan mulai tersedia untuk pasar global pada 27 November 2020.

Namun untuk pasar Indonesia, Xiaomi baru merilis POCO M3 pada 26 Januari 2021.

Jadi singkatnya POCO M3 lebih baru dari Redmi 9.

Tapi apakah yang lebih baru pasti lebih baik?

Belum tentu. Monggo Om/Sist cekidot bae selanjutnya.

Prosesor dan Pengolah Grafis

Faktanya performa Redmi 9 masih lebih baik ketimbang POCO M3.

Xiaomi POCO M3 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 662 (11nm) octa core 2.0 GHz dan GPU Adreno 610. Sedangkan Redmi 9 menggunakan chipset MediaTek Helio G80 (12nm) octa core 2.0 GHz dan GPU Mali-G52 MC2, 950 MHz.

Secara brand image memang Snapdragon terkenal handal. Namun tetap saja tergantung dari seri’nya masing-masing.

Dan ternyata menurut hasil pengujian oleh media GSMArena, performa POCO M3 tidak lebih baik dari Redmi 9.

Performa Xiaomi POCO M3
  • AnTuTu: 177904 (v8)
  • GeekBench: 1398 (v5.1)
Performa Xiaomi Redmi 9
  • AnTuTu: 201829 (v8)
  • GeekBench: 1325 (v5.1)
RAM dan Memori Penyimpanan

Sebaliknya, dalam hal varian memori yang tersedia, POCO M3 tampak lebih berkelas ketimbang Redmi 9.

Xiaomi POCO M3 tersedia dalam varian RAM / ROM 4/64GB dan 6/128GB. Sedangkan Redmi 9 tersedia dalam varian memori 3/32GB dan 4/64GB.

Layar

Panel layarnya sama-sama IPS LCD, ukuran dan desainnya juga sama-sama 6.53 inch.

Resolusinya sama-sama FHD+ 1080 × 2340p, aspek rasio layarnya juga sama-sama 19.5:9.

Rasio kontras layarnya sama-sama 1500:1, NTSC juga sama-sama 70% dan sama-sama mendukung mode baca 2.0.

Perlindungan layarnya juga sama-sama Corning Gorilla Glass 3.

Perbedaannya adalah bahwa layar POCO M3 sudah mengantongi sertifikasi cahaya biru rendah ‘TUV Rheinland’. Selain itu rasio layar ke body POCO M3 juga lebih besar, yaitu hingga 90.34%. Sedangkan Redmi 9 ~83.2% screen to body ratio.

Baterai dan Pengisi Daya

Setelah pada sektor layar POCO M3 lebih unggul, sekarang pada bagian baterai juga ia lebih unggul dengan kapasitas 6000 mAh. Sedangkan Redmi 9 hanya menggunakan baterai 5020 mAh saja.

Iya sih memang 5000 mAh saja sudah besar, namun ukuran 6000 mAh jelas menjadi nilai plus bagi POCO M3.

Selebihnya untuk bagian dukungan pengisi daya baterai, keduanya sama-sama support quick charging 18W dengan kabel USB type C.

Namun ada yang berbeda dalam paket penjualannya, yangmana POCO M3 sudah mendapat adaptor charger 22.5W, sedangkan Redmi 9 hanya mendapat adaptor 10W (5V-2A) saja dalam kotak penjualan.

Ini agak rancu memang. Redmi 9 sudah mendukung fast charging alias quick charging 18W, namun dalam paket penjualannya ia hanya punya adaptor 10W. Artinya Om/Sist harus membeli charger lagi secara terpisah jika ingin mendapat manfaat fitur pengisian cepat alias fast charging.

Jadi jelas, pada bagian ini POCO M3 unggul mutlak. Karena selain kapasitas baterainya yang lebih besar, adaptor chargernya juga sudah sesuai dari kotak penjualannya.

Kemudian untuk daya tahan baterai juga jelas POCO M3 lebih unggul. Berikut ini perbandingannya menurut klaim dari pihak Xiaomi.

Daya Tahan Baterai Xiaomi POCO M3
  • Stand by: 583 jam
  • Panggilan telepon: 40 jam
  • Memutar musik: 196 jam
  • Memutar video: 17 jam
Daya Tahan Baterai Xiaomi Redmi 9
  • Panggilan telepon: 31 jam
  • Memutar musik: 185 jam
  • Memutar video: 19 jam
  • Navigasi: 19 jam
Kamera Belakang

Secara jumlah lensa, Redmi 9 tampak lebih baik dengan empat lensa. Namun secara resolusi kamera utama, POCO M3 yang lebih unggul.

Xiaomi POCO M3 memiliki konfogurasi lensa utama 48 MP, lensa macro 2 MP dan depth sensor 2 MP. Sedangkan Redmi 9 punya lensa utama 13 MP, lensa ultrawide 8 MP, lensa macro 5 MP dan depth sensor 2 MP.

Jadi pilih yang mana?

Jika mengacu pada selera pribadi, saya lebih memilih POCO M3 lantaran dalam penggunaan saya, kekuatan lensa utama tetaplah yang paling penting.

Yup. Bagi saya lensa ultrawide tidaklah penting lantaran saya hampir tidak pernah menggunakannya.

Pada bagian lain, meskipun lensa macro milik Redmi 9 lebih baik dari POCO M3, tapi ia juga tidak penting-penting amat. Jadi tetap, lensa utama yang jadi fokus pilihan saya.

Kecuali jika Om/Sist suka sekali pada foto macro alias foto close up, ia Redmi 9 jadi lebih baik.

Selebihnya untuk kemampuan perekaman video, mereka sama-sama mampu merekam hingga 1080p @30fps dan 720p @30fps.

Kamera Depan

Pada bagian ini saya tidak akan membahasnya secara panjang lebar lantaran mereka sama-sama menggunakan lensa 8 MP.

Kartu SIM

Beruntung sekarang Xiaomi sudah meninggalkan kebiasaan lama dengan hanya menyediakan dua slot.

Yup. Betul Om. Sekarang untuk POCO M3 dan Redmi 9, Om/Sist bisa menggunakan dua kartu SIM bersama satu microSD sekaligus. Tidak seperti pada slot model hybrid yang harus memilih antara dua kartu SIM tanpa microSD atau satu kartu SIM bersama satu microSD.

Jadi pada poin ini mereka seimbang.

Teknologi Jaringan

Pada bagian ini juga mereka sama-sama berjalan pada jaringan 2G GSM, 3G WCDMA dan 4G LTE

Konektivitas

Demikian juga untuk fitur konektifitas, keduanya sama-sama memiliki Wifi, Wifi direct dan bluetooth 5.0.

Dimensi dan Berat

Lantaran rasio layar ke body yang lebih besar, maka panjang body POCO M3 justru jadi lebih kecil. Namun karena ukuran baterainya yang lebih besar, maka body POCO M3 jadi lebih tebal.

Xiaomi POCO M3 punya dimensi body 162.3 × 77.3 × 9.6 mm dengan berat 198 gram, sedangkan dimensi body Redmi 9 adalah 163.32 × 77.01 × 9.1 mm dengan bobot yang sama, yaitu 198 gram.

Satu nilai plus bagi POCO M3, yaitu meskipun baterainya lebih besar, namun tidak lantas membuat bobotnya jadi lebih berat.

Teknologi Navigasi

Kedua bersaudara ini sama-sama memiliki teknologi GPS / A-GPS / GLONASS / Beidou / Galileo.

Sensor Keamanan

Pada dasarnya mereka sama-sama memiliki fingerprint alias sensor sidik jari dan face unlock alias sensor pengenalan wajah. Namun POCO M3 tampak lebih kekinian dengan menempatkan fingerprint pada samping body, menyatu dengan tombol power. Tampak lebih modern ketimbang Redmi 9 yang masih menganut fingerprint pada sisi belakang body.

Port Audio

Keduanya sama-sama menggunakan jack audio 3.5 mm.

Harga Xiaomi POCO M3 vs Redmi 9

Menurut penawaran beberapa marketplace online, harga POCO M3 Indonesia untuk varian 4/64GB berkisar antara Rp2 jutaan hingga Rp2.1 juta. Sedangkan untuk varian 6/128GB, banderol yang mereka tawarkan berkisar antara Rp2.4 jutaan hingga Rp2.5 juta.

Sementara itu untuk Xiaomi Redmi 9 varian 3/32GB, kisaran banderolnya adalah Rp1.6 jutaan hingga Rp1.7 juta. Selanjutnya untuk varian RAM / ROM 4/64, kisaran harganya adalah Rp1.8 jutaan hingga Rp1.9 juta.

Kesimpulan

Melihat dari banyaknya kelebihan pada Xiaomi POCO M3, saya tidak akan berkompromi dengan selera. Selisih harga yang terdapat pada keduanya sudah sangat pas dengan value yang mereka tawarkan.

Namun keputusan final tetap ada di tangan Om/Sist masing-masing. Jika misale Om/Sist ingin performa dan lensa macro lebih baik, maka Redmi 9 masih layak untuk Om/Sist pilih. Selebihnya POCO M3 yang lebih unggul, baik dalam hal kekuatan lensa kamera utama, kapasitas baterai dan lain-lain. (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *