Beranda » Komparasi » Perbedaan Redmi 8 dan Redmi Note 8 Pro vs Harganya

Perbedaan Redmi 8 dan Redmi Note 8 Pro vs Harganya

Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Hingga saat ini masih ada yang penasaran pada perbedaan Redmi 8 dan Redmi Note 8 Pro.

Betul Om. Meskipun secara singkat kita sudah tahu bahwa Note 8 Pro menempati kasta yang lebih tinggi ketimbang Redmi 8, namun kita belum tahu detail perbedaannya sebelum kota bahas secara rinci.

Perbedaan Redmi 8 dan Redmi Note 8 Pro

Xiaomi Redmi 8
Jaringan

Keduanya sama-sama menggunakan jaringan GSM, HSPA dan LTE alias 2G, 3G dan 4G.

Waktu Rilis

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro sudah jelas lebih tinggi dari Redmi 8. Tapi meskipun begitu 8 Pro justru sudah rilis lebih dulu sebelum Redmi 8.

Artinya 8 Pro bukan merupakan upgrade atau peningkatan dari Redmi 8, melainkan Redmi 8 yang merupakan versi down-grade alias versi hemat dari seri Note 8.

Layar

Keduanya sama-sama menggunakan panel IPS LCD, namun dengan detail yang berbeda.

Layar Redmi 8 berjenis IPS LCD, 400 nits (typ) dengan ukuran 6.22 inches, 96.6 cm² (~81.8% screen-to-body ratio) dan beresolusi 720 × 1520 pixels, 19:9 ratio (~270 ppi density). Sedangkan Redmi Note 8 Pro menggunakan IPS LCD, HDR, 500 nits (typ) berukuran 6.53 inch, 104.7 cm² (~84.9% screen-to-body ratio) dan beresolusi 1080 × 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~395 ppi density).

Baterai, Charger dan USB

Menariknya kali ini Redmi 8 yang lebih murah justru mendapat kapasitas baterai lebih besar, yaitu 5000 mAh. Sedangkan 8 Pro yang lebih mahal justru kapasitas baterainya ada pada angka 4500 mAh saja.

Selebihnya pada sisi pengisian daya mereka sama-sama menggunakan teknologi fast charging 18W beserta kabel USB type-C.

Dimensi Body

Lantaran ukuran layarnya yang lebih lega maka dimensi 8 Pro punya lebih panjang dan lebar  ketimbang Redmi 8. Sementara itu Redmi 8 lebih tebal karena ukuran baterainya yang lebih besar.

Redmi 8 berdimensi 156.5 × 75.4 × 9.4 mm dengan berat 188 gram, sedangkan 8 Pro berdimensi 161.4 × 76.4 × 8.8 mm dengan bobot body 200 gram.

Sistem Operasi dan User Interface

Lantaran waktu rilisnya yang tidak berjarak lama, keduanya menggunakan OS dan antarmuka yang sama, yaitu MIUI 11 dari versi Android 9.0 Pie.

Namun untuk 8 Pro, saya mendapati keterangan upgradable to Android 10 MIUI 12. Sedangkan pada Redmi 8 saya tidak mendapat keterangan seperti itu. Jadi entah apakah sistem operasi Redmi 8 bisa upgrade atau tidak.

Prosesor dan Pengolah Grafis

Xiaomi Redmi 8 hadir berbekal chipset Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm) dan GPU Adreno 505. Sedangkan 8 Pro menggunakan chipset Mediatek Helio G90T (12nm) dan GPU Mali-G76 MC4.

RAM dan Memori

Mereka sama-sama menggunakan eksternal memori berupa microSDXC. Namun secara pilihan internal memori, keduanya jauh berbeda.

Redmi 8 tersedia dalam pilihan varian RAM dan internal memori 3GB/32GB serta 4GB/64GB, sedangkan pilihan varian RAM dan internal memori untuk 8 Pro lebih tinggi, yaitu 6/64 GB; 6/128 GB; 8/128 GB dan 8/256 GB. Jadi jelas sekali bahwa mereka memang berbeda kasta.

Kamera

Sektor fotografi juga menjadi pembeda yang sangat mutlak dari keduanya.

Redmi 8 hanya memiliki lensa utama 12 MP, lensa bokeh alias depth sensor 2 MP dan kamera depan 8 MP. Sedangkan 8 Pro memiliki bekal lensa utama 64 MP, lensa ultra-wide 8 MP, lensa macro 2 MP, sensor bokeh 2 MP dan kamera depan 20 MP.

Singkatnya Redmi 8 hanya punya dua lensa kamera belakang, sedangkan 8 Pro punya empat dengan resolusi yang lebih tinggi.

Port Audio

Mereka sama-sama masih menggunakan jack 3.5 mm.

Koneksi

Secara versi dan kemampuan wifi, keduanya relatif sama. Namun versi bluetooth yang mereka usung berbeda.

Redmi 8 masih menggunakan bluetooth versi 4.2, sedangkan 8 Pro sudah menggunakan versi 5.0.

Singkatnya, kecepatan bluetooth Note 8 Pro lebih bagus ketimbang Redmi 8.

Infrared

Jangan remehkan teknologi jadul ini, karena meskipun ia sudah jarang menjadi alat konektivitas antar ponsel, namun bukan berarti infra merah sudah tidak memiliki manfaat lagi.

Yup. Infrared menjadi salah satu fitur yang sering ada pada lini produk Xiaomi. Fungsinya ialah untuk menjadikan ponsel sebagai remote dari berbagai peralatan rumah tangga yang terdukung.

Menariknya kedua ponsel bersaudara ini sama-sama memiliki infrared.

Radio FM

Kemudian hal lainnya lagi, jajaran lini produk Xiaomi juga mengusung kelebihan dengan adanya radio FM tanpa harus menggunakan earphone sebagai fungsi antena. Nah, Redmi 8 dan 8 Pro juga sama-sama punya fitur ini.

Sensor

Redmi 8 punya sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity dan compass. Sedangkan 8 Pro memiliki sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity dan compass.

Fitur Perpesanan dan Browser

Dalam urusan perpesanan dan browser, mereka sama-sama mendukung fitur SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM dan browser HTML5.

Pilihan Warna

Redmi 8 tersedia dalam pilihan warna Onyx Black, Ruby Red, Sapphire Blue dan Phantom Red. Sedangkan 8 Pro punya pilihan warna Black, Red, Blue, White, Deep Sea Blue, Midnight Blue, Electric Blue dan Twilight Orange.

Proteksi Layar dan Body

Salah satu kelebihan produk Xiaomi dalah adanya perlindungan dari Gorilla Glass meskipun untuk seri produk yang terbilang masuk ke dalam kategori entry level. Apalagi untuk lini produk mid-level dan high end.

Seperti pula Redmi 8 dan 8 Pro, mereka sama-sama mendapat perlindungan dari Corning Gorilla Glass 5 meskipun detailnya berbeda.

Redmi 8 menggunakan material bahan Glass front (Gorilla Glass 5), plastic back dan plastic frame. Sedangkan Redmi Note 8 Pro menggunakan material bahan Glass front (Gorilla Glass 5), glass back (Gorilla Glass 5) dan plastic frame.

NFC

Nah, kalau pada bagian ini wajar saja ketika Redmi 8 tidak memiliki fitur NFC untuk fungsi transaksi digital. Karena memang hingga sekarang fitur NFC masih belum umum pada ponsel seharga terjangkau. Maka wajar saja jika Note 8 Pro punya, sedangkan Redmi 8 tidak punya.

Harga Redmi Note 8 Pro vs Redmi 8

Nah. Untuk menebus semua ketimpangan spesifikasi tersebut, Om/Sist harus rela merogoh kocek lebih dari Rp3 juta untuk Note 8 Pro. Sedangkan jika Om/Sist menginginkan Redmi 8, fulus yang harus Om/Sist keluarkan hanya Rp1.7 jutaan untuk varian RAM/ROM 3/32GB dan Rp1.8 jutaan untuk varian 4/64GB. So, monggo Om/Sist kunyah-kunyah dan selamat memilih. (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *