Beranda » Financial » Cara Pembayaran Akulaku di Alfamart: Gampang Pakai Barcode

Cara Pembayaran Akulaku di Alfamart: Gampang Pakai Barcode

Aplikasi Akulaku

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Setelah saya share cara belanja di Alfamart bayar pakai Akulaku, sekarang kebalikannya, saya bakal share tentang cara pembayaran Akulaku di Alfamart.

Metode ini menjadi alternatif jika Om/Sist tidak ingin menggunakan metode bayar cicilan Akulaku via m-Banking BCA ataupun BRI Mobile Banking dan ATM BRI.

Metode ini juga sekaligus menjadi cara bayar KTA Asetku Akulaku di Alfamart. Karena secara teknis, meskipun jenis pinjamannya berbeda, namun metode pembayarannya tetap sama. Termasuk untuk bayar tagihan pulsa di Akulaku.

Cara Pembayaran Akulaku di Alfamart

Minimum Pembayaran Akulaku

Jika jumlah tagihannya lebih dari Rp50.000, maka minimal pembayarannya adalah Rp50.000. Namun jika jumlah tagihannya kurang dari Rp50.000, maka ada ketentuan lain lagi.

Dari pengalaman saya, besaran minimum pembayaran Akulaku melalui Virtual Account BCA adalah Rp10.000. Sedangkan untuk pembayaran melalui Alfamart, saya tidak tahu berapa minimalnya. Namun saya pernah membayar melalui Alfamart sebesar Rp5000.

Selanjutnya metode ini juga sama untuk bayar uang muka di Akulaku. Jadi bukan hanya untuk membayar tagihan saja.

Batas Jam Pembayaran Akulaku di Alfamart

Selama ini saya tidak mendapati adanya informasi tentang batasan jam pembayaran tagihan Akulaku melalui Alfamart. Jadi asumsi saya, pembayaran bisa kita lakukan kapan saja selama Toko Alfamart buka.

Namun untuk antisipasi kendala jaringan, sebaiknya Om/Sist lakukan pembayaran sebelum pukul 20:00.

Langkah Pembayaran

  • Pertama Om/Sist buka aplikasi Akulaku, kemudian sentuh pada tab menu ‘Keuangan’
  • Memasuki halaman ‘Keuangan’, sentuh pada bagian ‘Tagihanku (Rp)’
  • Pada halaman selanjutnya, sentuh tombol ‘Bayar Sekarang’ atau ‘Bayar Cepat’ atau tombol yang semacamnya
  • Kemudian pada halaman berikutnya, dalam kolom ‘Jumlah Pembayaran’, kolom tersebut akan terisi sejumlah total tagihan bulan berjalan

Jumlah tagihan tersebut harus lunas sebelum atau pada waktu jatuh tempo.

Jika Om/Sist akan membayarnya sekaligus, langsung saja Om/Sist sentuh tombol ‘Bayar Sekarang’. Namun jika Om/Sist akan membayar sebagian dulu, maka ubah angka dalam kolom ‘Jumlah Pembayaran’ sebanyak uang yang Om/Sist miliki dan akan Om/Sist bayarkan. Dengan ketentuan minimal pembayaran Rp50.000.

  • Setelah itu selanjutnya Om/Sist sentuh tombol ‘Bayar Sekarang’

Kemudian akan muncul berbagai pilihan bank yang mendukung pembayaran Akulaku.

  • Scroll ke bawah, sentuh pada bagian ‘Minimarket’ dan pilih bagian ‘Alfamart’
  • Selanjutnya akan muncul barcode

Nah, kode bar itulah yang nantinya Om/Sist berikan untuk di scan oleh kasir Alfamart.

Saat pembayaran ke kasir Alfamart, pastikan jumlah pembayaran dan nama pembayaran sama atau sesuai dengan tagihan Om/Sist.

So, sekarang Om/Sist tinggal menuju ke Toko Alfamart terdekat.

Agar lebih praktis, lakukan screenshot terhadap barcode alias kode pembayarannya. Jadi Om/Sist bisa menuju ke Alfamart tanpa aplikasi.

Bayar Akulaku Dimana Saja?

Berdasarkan metode pembayaran yang tersedia, Om/Sist bisa membayar tagihan Akulaku melalui virtual account berbagai bank dan bisa juga melalui Gerai Alfamart.

Apakah Akulaku Bisa Bayar di Indomaret?

Pada saat saya menyusun tulisan ini, menu pembayaran melalui Indomaret tidak bisa saya klik. Jadi untuk sementara Indomaret belum tersedia. (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *