Moderasi komentar blog

Moderasi Komentar Blog serta Hubungannya dengan Pembaca

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian…!! Bagi blogger yang peduli akan keamanan dan kenyamanan pengunjung, sudah barang tentu dia akan melakukan moderasi komentar blog. Karena komentar yang tidak dimoderasi, dia akan menjadi sasaran para penyebar spam, bahkan para penipu di dunia online.

Kecuali untuk blog yang punya ribuan follower dan ratusan komentar perhari, memang tidak mungkin untuk melakukan moderasi satu-persatu. Soale pasti si admin tidak akan sempat meluangkan waktu untuk menjadi moderator komentar yang sebanyak itu…

Palingan buat blog WordPress, si admin bakal pasang plugin anti-spam untuk mengurangi potensi spam dan resiko percobaan perbuatan jahat.

Selanjutnya ketika kita bicara perkara spam, saya kira sedikit banyaknya Om/Sist sudah tahu, apa itu spam…

Namun ketika saya bicara perkara pengaruh moderasi komentar terhadap keamanan pembaca dan terhadap SEO… mungkin ada sebagian dari Om/Sist yang belum memahami maksud saya.

So… Simak tulisan ini sampai selesai…

Kita cekidot…

Moderasi komentar blog

Hubungan Moderasi Komentar Blog dengan Keamanan Pembaca

Barangkali diantara Om/Sist sekalian ada yang pernah membaca tawaran pinjaman online… atau nomor Customer Servis perusahaan tertentu di dalam komentar blog??

Nah, bagi Om/Sist sekalian yang jeli, pastinya Om/Sist akan mampu mendeteksi bahwa keduanya itu adalah salah dua dari praktek percobaan penipuan.

Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa jeli.

Apalagi jika kebetulan pembacanya adalah orang yang tengah mengalami kesulitan finansial… Ya sudah… Sasaran empuk lah dia…

Betul Om… Bukan sekali-dua kali saya mendapati hal-hal seperti itu di kolom komentar salah satu blog saya…

Ada yang menawarkan pinjaman hingga ratusan juta rupiah dengan narasi yang panjang bertele-tele… Juga ada yang mencoba tipu-tipu dengan mengaku-ngaku sebagai Customer Service perusahaan pinjaman online… dengan memberikan nomor Whatsapp dan sebagainya.

Masalahnya jika kita tampilkan komentar tipu-tipu seperti itu… selanjutnya akan ada kemungkinan pembaca blog kita menghubungi nomor Whatsapp atau email palsu tersebut.

Yang akhirnya, pembaca blog kita berpotensi menjadi korban penipuan.

Itulah sebabnya saya selalu memoderasi komentar di blog-blog saya dan saya selalu memblokir / memasukkan komentar-komentar seperti itu ke dalam folder spam.

Kemudian yang kedua… Jika kita tidak memoderasi komentar, potensinya akan banyak komentar-komentar yang menyertakan link aktif dengan atribut dofollow.

Iya kalau hanya satu-dua komentar saja, tidak akan memberi pengaruh buruk pada blog kita. Namun jika banyak komentar-komentar yang seperti itu, maka blog Om/Sist beresiko di cap sebagai blog penebar spam… oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex dan sebagainya,

… yang pada akhirnya, ranking blog Om/Sist justru akan ditenggelamkan oleh search engine lantaran dianggap tidak kredibel.

Kemudian satu hal lagi… Bahwa menahan komentar dan mempublikasikannya di satu waktu, akan berpengaruh pula terhadap SEO blog.

Apa pengaruhnya??

Pengaruhnya adalah sama dengan mengumpulkan draft artikel dan mempublikasikannya di satu waktu setiap harinya.

Saya tidak akan bahas panjang lebar di artikel ini perkara hubungan antara publikasi di satu waktu dengan SEO blog… Karena saya sudah membahasnya di artikel sebelum ini. Jadi, monggo Om/Sist menuju ke artikel tersebut. (BloglainArti moderasi komentar – Apa itu moderasi komentar).

Waktu yang Tepat untuk Posting Artikel Blog

Tinggalkan komentar