Beranda » Tips » Cara Menyimpan Foto di Google Foto: Otomatis Sinkron

Cara Menyimpan Foto di Google Foto: Otomatis Sinkron

Google Foto

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Cara menyimpan foto di Google Foto itu mudah. Asal tahu cara settingnya, maka pencadangan akan berlangsung secara otomatis.

Bahkan sinkron dan akan mengikuti setiap perubahan yang Om/Sist lakukan melalui galeri ponsel.

Setelah itu nantinya Om/Sist tinggal mengaksesnya melalui akun Google Foto Saya atau alias akun email Google (Gmail) dari perangkat mana saja.

Panduan ini saya susun menggunakan ponsel Samsung Android. Jadi untuk Om/Sist pengguna iPhone dan OS lainnya, monggo berimprovisasi saja.

Cara Menyimpan Foto di Google Foto

Jika Menyimpan Foto di Google Foto Apakah Aman?

Selama ini saya tidak pernah ada masalah dengan penyimpanan cloud ini. Yang penting asal Om/Sist jaga keamanan akun Google milik Om/Sist masing-masing.

Apakah Foto di Google Foto Bisa Hilang?

Selama kita tidak menghapusnya dan tidak lupa data login akun Google yang kita gunakan untuk penyimpanan Google Foto, maka foto-foto kita tidak akan hilang.

Apakah Google Foto Memakan Memori?

Memori ponsel yang terpakai hanya sebatas untuk aplikasinya saja. Sedangkan foto dan video’nya tidak memakan memori lantaran lokasi penyimpanannya bukan dalam ponsel kita, melainkan pada penyimpanan awan milik Google. Jadi kita bebas menyimpan foto dan video dengan batasan ruang penyimpanan sebesar 15GB untuk akun free alias gratisan.

Apakah Google Foto Bisa Dilihat Orang Lain?

File foto dan video dalam akun Google Foto hanya bisa terlihat oleh orang yang memiliki akses masuk ke akun yang bersangkutan. Artinya hanya bisa terlihat oleh Om/Sist sendiri. Tidak bisa terlihat oleh orang lain. Jadi tidak seperti sosial media.

Cara Menyimpan Foto Agar Tidak Hilang

Bagaimana Cara Mengupload Foto ke Google Foto?
  • Pertama Om/Sist download aplikasi Google Foto, kemudian buka aplikasinya dan login menggunakan akun Google milik Om/Sist masing-masing
  • Setelah aplikasinya terbuka, selanjutnya Om/Sist sentuh bagian profil pada sudut kanan-atas tampilan layar
  • Lanjut sentuh ‘icon Roda Gear’ bertuliskan ‘Setelan Foto’
  • Kemudian sentuh bagian menu ‘Pencadangan & Sinkronisasi’
  • Lantas aktifkan tombol pada bagian ‘Pencadangan & Sinkronisasi’
  • Lanjut sentuh bagian ‘Ukuran Upload’ dan Om/Sist pilih apakah akan mengunggah foto dan video dengan ‘Kualitas Asli’ atau akan memilih ‘Penghemat Penyimpanan’
  • Lantas pada bagian ‘Cadangkan Folder Perangkat’, Om/Sist ‘ON’kan tombol folder mana saja yang akan Om/Sist back up

Setelah itu proses upload akan berjalan secara otomatis, tergantung pilihan Om/Sist, apakah akan mengunggah menggunakan koneksi WiFi saja atau akan menggunakan data seluler juga.

Cara Melihat Cadangan Foto di Google Foto

Cara Melihat Foto di Akun Google

Untuk melihat foto dan video yang telah tersimpan dalam akun Google, Om/Sist tinggal membuka aplikasi Google Foto. Nanti foto dan video’nya akan langsung terlihat. (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *