6 Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime dan J1 Ace

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Ada banyak hal yang bisa membuat kapasitas penyimpanan internal ponsel kita menjadi sesak dan akhirnya tidak muat. Tapi jangan khawatir Om, karena setelah saya ulik secara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, akhirnya saya berhasil menghimpun rangkaian cara mengatasi memori penuh Samsung J2 Prime dan J1 Ace.

Om/Sist sekalian. Sebetulnya tidaklah sulit mengatasi memori penuh Samsung J1 Ace dan J2 Prime. Tapi itu jika Om/Sist sudah faham caranya. Lain jika kita tidak tahu caranya, maka bisa jadi perkara mengatasi memori penuh Android dianggap hal yang sulit untuk dipecahkan.

Mau install aplikasi penting gagal gegara memori internal penuh. Reset factory setting (reset pengaturan pabrik) berhasil, tapi sebentar kemudian sudah penuh lagi. Padahal belum jadi install aplikasi yang dibutuhkan. Pusing kan Om?

Tapi jangan khawatir. Saya sudah menghimpun cara mengatasi memori penuh Samsung secara lengkap dan telah terbukti mujarab.

Hokeh kita cekidot bae ke TKP.

Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime dan J1 Ace

Langkah-langkah cara mengatasi memori penuh pada Samsung J2 Prime dan J1 Ace adalah sebagai berikut:

1. Reset Data Pabrik (Factory Reset)

Reset data pabrik perlu dilakukan jika memori sudah benar-benar penuh dan tidak tertolong lagi.

Biasanya kasus separah ini terjadi ketika Om/Sist meng-update perangkat lunak (software / sistem operasi) ke versi baru, atau mungkin software’nya terupdate secara otomatis gegara settingnya tidak Om/Sist atur pada posisi ‘Off’

Jika sudah separah itu, tidak ada jalan lain Om/Sist harus me’reset ponsel alias kembali ke pengaturan pabrik.

2. Nonaktifkan Aplikasi Bawaan Pabrikan

Kebanyakan smartphone Android telah dijejali dengan aplikasi berlimpah sejak keluar dari pabriknya. Tapi tak jarang aplikasi-aplikasi standar pabrikan itu sebenarnya banyak yang tidak kita butuhkan.

Jangan biarkan aplikasi-aplikasi yang “ngga penting” itu memenuhi RAM ponsel kita Om. Berguna enggak, bikin lemot iya. Kan ngeselin kan Om?

Nah. Daripada memberatkan kinerja ponsel tanpa ada daya guna yang signifikan, mendingan Om Bro ambil opsi untuk menonaktifkan aplikasi bawaan Android tersebut. Karena dengan cara menonaktifkan aplikasi bawaan, maka beban RAM dan internal memori akan jauh berkurang.

3. Buang / Pindahkan File-file Besar

Biasanya file-file yang paling banyak menggerogoti ruang penyimpanan adalah file-file video.

Untuk melegakan ruang penyimpanan internal, pilih kembali file-file video yang tersimpan di dalam memori internal hp.

Buang (hapus) video-video yang tidak penting, atau Om/Sist bisa pindahkan file-file tersebut ke komputer.

Atau jika tidak, pindahkan saja ke alat penyimpanan lain semisal flash disk.

Pilihan lainnya, Om/Sist dapat memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD, untuk file-file foto dan video tersebut.

Bukan hanya file foto dan video, Om/Sist juga bisa memindahkan aplikasi ke SD card, untuk lebih melegakan ruang penyimpanan.

4. Jangan Update Software (Perangkat Lunak / Sistem Operasi) Ponsel

Poin ini yang paling sadis dalam menghabiskan ruang penyimpanan internal ponsel. Sekali update, bablas habis semua memori internal yang kita miliki.

Aneh memang. Pembaruan perangkat lunak yang seharusnya banyak memberi manfaat, nyatanya malah banyak memberi masalah.

Sebenarnya sih saya yakin banyak pengguna ponsel tidak suka memperbarui software ponselnya. Tapi tak jarang seorang pemilik hp “kecolongan” lantaran setting default pabrikaan telah mengizinkan pembaruan perangkat lunak secara otomatis.

5. Nonaktifkan Update Otomatis Play Store

Meskipun efeknya tidak separah update software, namun update aplikasi dari Play Store pun cenderung memakan banyak memori penyimpanan. Pasalnya, hampir setiap update aplikasi apapun selalu menambah ukuran aplikasinya itu sendiri. Hampir tidak ada aplikasi yang update’nya memperkecil ukuran dan konsumsi ruang penyimpanan. Akibatnya semakin lama ruang penyimpanan pun semakin sempit.

Tapi kita bisa mengurangi potensi tersebut dengan cara agar Play Store tidak update otomatis.

Tanpa update otomatis, kita bisa menentukan sendiri secara manual, aplikasi mana yang akan kita update dan mana yang tidak.

Update hanya aplikasi-aplikasi penting dan yang berukuran kecil saja, misale aplikasi mobile banking, atau aplikasi penting dan kecil lainnya. Tidak usah update aplikasi yang berukuran besar sepanjang aplikasi tersebut masih bisa berjalan dengan normal.

6. Batasi Jumlah Aplikasi yang Terpasang di Ponsel

Hanya pasang aplikasi yang benar-benar Om/Sist butuhkan saja. Buang / copot / hapus / uninstall aplikasi yang tidak benar-benar penting atau yang jarang pisan di gunakan. Dengan begitu, ruang penyimpanan ponsel akan tetap aman terkendali. (Bloglain).

2 komentar untuk “6 Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime dan J1 Ace”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *