6 Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime dan J1 Ace

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Ada banyak hal yang bisa membuat kapasitas penyimpanan internal ponsel kita menjadi sesak dan akhirnya tidak muat. So, inilah cara mengatasi memori penuh Samsung J2 Prime dan J1 Ace.

Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime dan J1 Ace

Penyimpanan internal dan kartu SD Samsung
1. Reset Data Pabrik (Factory Reset)

Metode reset data pabrik alias kembali ke pengaturan pabrik perlu kita lakukan ketika memori sudah benar-benar penuh dan tidak tertolong lagi.

2. Nonaktifkan Aplikasi Bawaan Pabrikan

Kebanyakan smartphone Android telah membawa banyak aplikasi sejak dari pabriknya. Padahal tidak semua aplikasi tersebut kita butuhkan.

Nah. Ketimbang memberatkan kinerja ponsel, Om/Sist bisa menonaktifkan aplikasi bawaan Android yang tidak Om/Sist butuhkan.

Dengan cara menonaktifkan aplikasi bawaan Samsung, maka beban RAM dan internal memori ponsel Om/Sist akan jauh berkurang.

3. Hapus atau Pindahkan File-file Besar

Biasanya file-file yang paling banyak menggerogoti ruang penyimpanan adalah file video.

Untuk melegakan ruang penyimpanan internal, seleksi kembali file-file video yang tersimpan dalam memori internal hp.

Hapus video-video yang tidak penting atau Om/Sist bisa pindahkan file-file tersebut ke komputer.

Atau jika tidak, pindahkan saja ke alat penyimpanan lain semisal flash disk.

Pilihan lainnya, Om/Sist dapat memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD.

Bukan hanya file foto dan video, Om/Sist juga bisa memindahkan aplikasi ke SD Card, untuk lebih melegakan ruang penyimpanan.

4. Jangan Update Software atau Perangkat Lunak Ponsel

Update sistem operasi memang membawa manfaat pada beberapa bagian, misale saja pada tingkat keamanan perangkat dan pada stabilitas perangkat. Namun pada banyak kasus, update perangkat lunak malah bisa menghabiskan memori internal ponsel.

Untuk mencegah resiko tersebut, Om/Sist perlu membatalkan pembaruan perangkat lunak Samsung.

5. Nonaktifkan Update Otomatis PlayStore

Update aplikasi dari PlayStore juga cenderung memakan banyak memori penyimpanan. Pasalnya, hampir setiap update aplikasi apapun selalu menambah ukuran aplikasinya itu sendiri. Hampir tidak ada aplikasi yang update’nya memperkecil ukuran dan konsumsi ruang penyimpanan. Akibatnya semakin lama ruang penyimpanan ponsel jadi semakin sempit.

Tapi kita bisa mengurangi resiko tersebut dengan beberapa langkah agar Play Store tidak update otomatis.

Tanpa update otomatis, kita bisa menentukan sendiri secara manual, aplikasi mana yang akan kita update dan mana yang tidak.

Lakukan update hanya untuk aplikasi-aplikasi penting dan yang berukuran kecil saja, misale aplikasi mobile banking, atau aplikasi penting dan kecil lainnya. Tidak usah update aplikasi yang berukuran besar sepanjang aplikasi tersebut masih bisa berjalan dengan normal.

6. Batasi Jumlah Aplikasi yang Terpasang dalam Ponsel

Pasang aplikasi yang benar-benar Om/Sist butuhkan saja. Uninstall atau hapus aplikasi-aplikasi yang tidak benar-benar penting atau yang jarang Om/Sist gunakan. Dengan begitu, ruang penyimpanan ponsel akan tetap aman terkendali. (Bloglain).

2 pemikiran pada “6 Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime dan J1 Ace”

  1. Cara adoptable hp j2 prime tanpa pc ,twrp,dan root gmana bang kalo pertanyaan saya ini bisa ditanggapi dengan benara say selaly support anda bang

    Balas

Tinggalkan komentar