Beranda » Lain-lain » 9 Keuntungan dan 8 Kerugian Pacaran bagi Pelajar Satu Sekolah

9 Keuntungan dan 8 Kerugian Pacaran bagi Pelajar Satu Sekolah

Pacaran

Bloglain.com – Boy/Girl Sekalian! Sering saya dengar ada orang tua yang membatasi anak-anaknya supaya jangan pacaran sewaktu masih sekolah. Padahal pacaran juga ada sisi baiknya meskipun banyak juga keburukannya. So, inilah keuntungan dan kerugian pacaran bagi pelajar satu sekolah.

Untuk kalian yang mendapat larangan pacaran dari ortu, jangan uring-uringan. Ortu pasti punya alasan yang intinya takut kamu gagal sekolah karena salah pergaulan.

Keuntungan Pacaran Bagi Pelajar

1. Lebih Semangat Berangkat ke Sekolah

Sudah menjadi hal umum kalau seorang pelajar lama-lama bakalan bosan pada rutinitas sekolah. Saya juga pernah merasakan bosan sekolah saat kelas 2 SMP (zaman sekarang sebutannya kelas 8).

Tapi setelah memasuki jenjang pendidikan SMK, saya tidak lagi merasa bosan dan malas berangkat ke sekolah.

Kenapa?

Karena ada pacar. Artinya kalau saya tidak masuk sekolah, itu artinya saya tidak akan ketemu pacar pada hari itu.

Nah. Lantaran ingin ketemu pacar, maka saya jadi bersemangat berangkat ke sekolah.

2. Lebih Semangat Belajar

Meskipun saat masih SD saya selalu masuk ranking 5 besar, namun ketika SMP prestasi saya jeblok.

Nah. Saya kembali “lumayan” berprestasi setelah masuk ke jenjang pendidikan SMK.

Kenapa begitu?

Ya karena saya punya pacar saat SMK.

Yup. Meskipun pacar tidak menyuruh saya untuk rajin belajar, tapi dengan sendirinya diri saya jadi termotivasi untuk bisa berprestasi. Tujuannya jelas supaya pacar merasa bangga pada saya.

3. Berpakaian Rapi

Sebelum punya pacar, penampilan saya selalu seleng’ean, berantakan, pokoknya ngga pernah rapi. Itu memang karakter saya sejak kecil yang ngga suka mikirin penampilan.

Bahkan teguran dari guru juga seringkali saya abaikan.

Tapi ketika punya pacar dan pacar menegur saya, selanjutnya saya berubah menjadi lebih rapi dalam berpakaian.

Iya wajar Boy. Pacar juga pasti akan merasa malu jika penampilan kamu berantakan.

4. Aktif Mengikuti Organisasi Kesiswaan

Saya awalnya cuek pada organisasi sekolah. Tapi setelah punya pacar, saya jadi aktif mengikuti kegiatan organisasi.

Mulanya sih saya hanya ingin terlihat “keren” dan membuat pacar merasa bangga, namun selanjutnya saya jadi benar-benar aktif hingga terpilih menjadi Ketua-I OSIS.

5. Bertanggung Jawab

Dengan adanya pacar, pasti secara alami insting kamu akan terbangun untuk melindungi do’i dari hal-hal yang membuatnya tidak merasa aman. Misalnya saja saat ada cowo’ lain yang godain do’i, maka kamu akan muncul dan menunjukkan bahwa kamu adalah pacarnya. Dengan begitu besar kemungkinan si cowo’ tidak akan lagi menggoda pacar kamu.

6. Memberi Semangat

Sebagai pacar yang baik, pastinya kamu tidak akan tinggal diam ketika nilai do’i jeblok. Pastinya kamu akan memberi do’i semangat agar giat belajar dan lebih berprestasi.

7. Tak Pandang Latar Belakang

Meskipun kadang ada seseorang yang melihat harta ortu si pacar, tapi pada kebanyakan hubungan pacaran pelajar sih jarang yang seperti itu.

Kalian bertemu dan jadian dalam lingkungan sekolah dengan seragam yang sama, tanpa melihat latar belakang keluarganya.

Itu artinya kalian sudah bisa saling menerima apa adanya

8. Irit Biaya

Karena kalian pacaran satu sekolah maka kalian bertemu setiap hari. Dengan demikian kalian tidak harus keluar banyak biaya untuk ongkos jalan-jalan, makan-makan, nonton dan sebagainya. Kamu tetap bisa ketemu pacar meskipun kantong lagi boke’. Kalian hanya cukup nongkrong dan makan di kantin sekolah. Menunya murah-murah.

9. Gampang Memantau Pacar

Lantaran tiap hari bertemu maka kamu jadi tahu keseharian do’i. Kamu gampang untuk mengetahui dengan siapa ia bergaul dan kemana ia pergi. Berbeda dengan jika kalian pacaran jarak jauh, kamu tidak akan tahu yang sebenarnya, apakah do’i setia atau jangan-jangan berselingkuh tanpa sepengetahuan kamu.

Iya sih perkara kesetiaan itu kaitannya dengan karakter. Jarak saja tidak bisa kita jadikan patokan sebuah kesetiaan. Tapi setidaknya potensi selingkuhnya jadi kecil jika kamu setiap hari bertemu do’i.

Kalaupun do’i berselingluh, biasanya ngga lama juga bakal ketahuan sama kamu.

Kerugian Pacaran Bagi Pelajar

1. Lupa Waktu

Kerugian pacaran bagi pelajar yang pertama adalah bisa membuat kamu jadi lupa waktu.

Dulu sering saya melihat yang seperti itu. Selesai jam pelajaran, mereka tidak langsung pulang malah pacaran entah ke mana. Kadang sampai Maghrib mereka baru kelar.

Wkwkwkwk! Emangnya kelar ngapain Boy? Jangan ngeres ya!

Eh tapi bener loh Boy. Saya sering mendapati yang seperti itu.

Terus kalau sudah seperti itu biasanya sampai rumah mereka bohong pada ortu. Alasan ada kegiatan ekstra kurikuler lah, anu lah, apa lah.

2. Bohong pada Ortu

Terus biasanya kebohongan mereka itu bukan hanya soal terlambat pulang. Kadang mereka juga membohongi ortu dengan meminta uang jajan lebih, alasan untuk bayar ini lah, itu lah, ulangan lah. Padahal aslinya buat modal jalan bersama pacar.

Bahkan kadang ada yang uang SPP pun mereka pakai pacaran. Selanjutnya nunggaklah sampai berbulan-bulan.

Selanjutnya jika sudah terjadi seperti itu pasti pihak sekolah akan memanggil ortu kamu dan mempertanyakan soal uang SPP.

Kemudian supaya tidak kena marah ortu, kamu bakalan pinjam uang sana-sini untuk menutup tagihan SPP. Wah. Sudah. Kacau berantakan lah kalian.

3. Kadang Merasa Bosan

Ini salah satu efek buruk pacaran di sekolah. Karena setiap hari bertemu, kadang kita merasa bosan, jenuh dan sebagainya. Berbeda jika kita jarang bertemu pacar, itu bawaannya kangen terus.

Jangan kamu bandingkan dengan orang sudah menikah.

Orang yang sudah menikah, meskipun mereka bertemu setiap hari, tapi ada komitmen yang mengikat sehingga rasa bosan bisa jadi tidak muncul. Dan yang jelas pemikiran mereka sudah lebih dewasa sehingga tidak ada lagi kata bosan.

Berbeda dengan hubungan pacaran yang kadang membosankan.

4. Tidak Bebas Bergaul

Dengan adanya pacar yang selalu dekat, kadang kita jadi sulit bergaul dengan teman-teman yang lain. Akan hanya ada sedikit waktu untuk kamu nongkrong bersenang-senang bersama teman lantaran ada pacar yang menuntut waktu lebih banyak.

Iya sih kalau dalam cerita film atau sinetron, katanya teman atau sahabat itu lebih penting ketimbang pacar. Tapi fakta dalam kehidupan nyata tidaklah seperti itu. Kamu bakal cenderung lebih mementingkan pacar ketimbang teman.

5. Jadi Bahan Gosip

Namanya juga pacaran satu sekolah. Sedikit saja kita bersikap “aneh”, teman-teman kita akan melihatnya. Dan selanjutnya hubungan kalian berpotensi menjadi bahan gunjingan alias gossip.

Apalagi jika hubungan kalian putus-nyambung, wah, sudah lah jadi hot gosip.

6. Kalau Putus Bikin Ngedrop

Tadi saya katakan bahwa pacar bisa mendongkrak semangat belajar kamu. Sebaliknya, jika kamu putus dari pacar alias putus cinta, maka semangat kamu bisa ngedrop abis.

Lah iya Boy. Yang namanya orang patah hati itu malas melakukan apapun, termasuk belajar. Bahkan bisa membuat kamu malas berangkat ke sekolah.

Terus kalau sudah seperti itu, ya siap-siap saja nilai kamu bakalan anjlok parah.

Tapi tidak akan separah itu jika kamu bisa cepat move on.

7. Mengganggu Hoby

Misalnya kamu suka main band, terus pas jadwal latihan, pacar minta kamu antar pulang.

Singkatnya kamu beresiko gagal latihan atau minimal terlambat datang ke studio. Dan akhirnya nanti kena manyun teman-teman satu band.

Untung saja dulu saya malah justru PDKT ke do’i melalui band, jadi lain cerita.

Terus misalnya jika kamu seorang pecinta alam. Misalnya pada hari Minggu kamu mendapat ajakan menjelajah bersama teman-teman satu hoby, tapi pada hari Minggu itu juga pacar kamu ngajak jalan? Nah. Bakalan bingung kamu Boy.

8. Bolos Sekolah

Nah ini kejadiannya jika kamu dan do’i sama-sama tidak punya komitmen yang baik. Berangkat dari rumah pakai seragam sekolah tapi dalam perjalanan kalian malah belok, masuk toilet umum, ganti baju terus bolos jalan-jalan bareng pacar.

Lah itu tas sekolah isinya bukan buku pelajaran malah baju gant? Begitu juga do’i, isi tasnya malah make up dan sebagainya.

Nah. Begitulah Boy/Girl. Sekarang kalian sudah tahu keuntungan dan kerugiannya pacaran bagi pelajar, khususnya yang satu sekolah. Sekarang tinggal pandai-pandai kalian saja untuk mengambil sisi baiknya dan membuang sisi buruknya. (Bloglain – Keuntungan dan kerugian pacaran bagi pelajar satu sekolah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *