Samsung Galaxy J1 Ace

Kembali ke Pengaturan Pabrik Samsung Galaxy J1 Ace

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Jengkel kalau pas lagi butuh-butuhnya, ternyata smartphone kita tidak mau bekerjasama dengan baik lantaran memori penuh. Misale saja saat mau ambil foto, rekam video atau pun ketika hendak menginstal aplikasi / game favorit. So, inilah cara reset alias kembali ke pengaturan pabrik Samsung Galaxy J1 Ace.

Penyebab Penuhnya Internal Memori

Samsung Galaxy J1 Ace

Penyebab penuhnya internal memori bisa beragam. Misalnya karena banyaknya aplikasi yang Om/Sist install ataupun karena banyaknya file musik, video, foto dan file-file lain yang bertumpuk tersimpan dalam internal memori.

Jika hanya perkara memori penuh karena kebanyakan file musik atau file video, solusinya tidaklah terlalu sulit. Om/Sist tinggal pindahkan saja file-file’nya ke kartu SD dan semuanya beres. Memori internal jadi lega kembali.

Tapi jika yang memakan habis internal memori adalah karena pembaruan sistem operasi Android, maka masalahnya tidak bisa kita atasi dengan cara tersebut.

Jangan Update Software?

Yup. Solusinya ialah dengan cara membatalkan pembaruan perangkat lunak hp Samsung milik Om/Sist masing-masing. Karena biasanya pihak pengembang telah menentukan setting default ponsel pada posisi pembaruan otomatis saat ponsel terhubung ke Wi-Fi. Saya pernah mengalaminya pada Samsung Galaxy J2 Prime kepunyaan anak saya.

Hokeh. Singkatnya jika kondisi memori penuh sudah terlanjur terjadi, maka jalan termudah dan paling efektif adalah dengan cara kembali ke pengaturan pabrik.

Kembali ke Pengaturan Pabrik Samsung Galaxy J1 Ace

Yang perlu Om/Sist ingat adalah bahwa ketika smartphone kita kembalikan ke setting default pabrikan, maka semua data yang tersimpan dalam memori internal akan terhapus. Termasuk file-file penting yang Om/Sist miliki.

Tapi jangan khawatir. Om/Sist hanya harus melakukan langkah backup kontakbackup aplikasi dan file-file penting lainnya. Setelah itu Om/Sist dapat me’reset ponsel dengan aman.

  • Pertama, Om/Sist masuk ke menu ‘Pengaturan’
  • Kemudian pilih menu ‘Cadangkan dan Reset’
  • Terus pilih menu ‘Reset data pabrik’
  • Terakhir pilih menu ‘Reset perangkat’ dan tunggu proses reset’nya berlangsung

Akan muncul gambar ‘Robot ijo’ Android yang perutnya sedang dibongkar selama proses reset. Setelah itu tunggu beberapa menit sampai prosesnya selesai.

  • Jika proses reset sudah selesai, maka kembali masuk ke menu ‘Pengaturan’
  • Kemudian pilih menu ‘Cadangkan dan reset’
  • Lanjut pilih menu ‘Pulihkan’ untuk mengembalikan data-data yang terhapus dari internal memori

Om/Sist juga dapat mengembalikan data kontak dan lain-lain secara manual jika sebelumnya Om/Sist melakukan backup secara manual.

Nah. Tadi saya sudah sebutkan bahwa Om/Sist harus melakukan langkah pembatalan pembaruan perangkat lunak. Maka selain itu masih ada dua hal lagi yang harus Om/Sist lakukan, yaitu langkah agar aplikasi dari Play Store tidak update otomatis dan Om/Sist juga harus menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak Om/Sist butuhkan.

Setelah semuanya selesai, maka memori Om/Sist sudah lega kembali.

Dan ingat! Jangan terlalu banyak menginstall aplikasi. Buang saja aplikasi yang tidak Om/Sist butuhkan.

Selain hanya memenuhi intenal memori (ROM), terlalu banyak aplikasi juga dapat memenuhi RAM. Akibatnya ponsel jadi lemot, lelet, lag dan lain-lain. Mengingat kapasitas RAM dan internal memori Samsung J1 Ace sangatlah terbatas. (Bloglain).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *