Review Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Tak mau ketinggalan dari vendor lain, pabrikan yang satu ini juga tancap gas pada awal tahun 2020. So, inilah review spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Realme 5i.

Merk Realme berhasil mencapai performa pasar yang sangat bagus pada tahun 2019, yaitu dengan masuk ke posisi empat Indonesia pada pemberian peringkat versi IDC. Maka tak heran jika pada tahun berikutnya (2020) mereka semakin terpacu untuk meningkatkannya prestasinya dengan merilis seri Realme 5i.

Kehadiran Realme 5i telah melengkapi lini produk Realme 5 series yang telah tersedia sejak September 2019, yaitu Realme 5 (standar) dan Realme 5 Pro.

Dalam pergulatannya mengisi pasar global, Realme seri 5 mengandalkan konfirgurasi quad-camera, prosesor yang cepat dan baterai besar. Konon dengan komposisi yang demikian itu, model ini sukses menjadi seri terlaris dari pabrikan Realme. Faktanya hingga awal tahun 2020 saja ia telah berhasil terjual sebanyak lebih dari 6 juta unit secara global.

Review Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i

Realme 5i

Desain

Kesan yang pertama kali muncul saat kita melihat Realmi 5i adalah ‘Trendy dan berkualitas’.

Desain smartphone ini tampak seperti pancaran sunrise (matahari terbit). Terkesan memancarkan semangat dan antusiasme kaum muda.

Ada dua pilihan warna yang tersedia yaitu Ocean Blue dan Forrest Green. Keduanya hadir dengan polesan menawan pada bagian casing belakang.

Pada sisi lain Realme 5i mengadopsi casing model curva 3D dengan lekukan tiap ujung yang mendongkrak estestika sehingga ia menjadi lebih nyaman dalam genggaman tangan.

Tak hanya itu, model ini juga telah memiliki tiga lapisan tahan percikan air, yaitu dengan menempatkan semua komponen pada bagian bawah pelindung khusus.

Hasilnya?

Semua lubang dan celah terlindungi, antara lain jack audio dan port USB. Semua itu berkat adanya selongsong karet yang mampu menutup semua lubang demi mencegah rembesan air masuk dan merusak perangkat.

Sementara itu celah lain seperti slot kartu SIM, penutup baterai, konektor komponen dan celah lainnya juga mendapat perlindungan dari cincin busa tahan percikan air.

Pamungkasnya Realme 5i jadi memiliki kemampuan untuk menahan kelembaban dalam penggunaan sehari-hari seperti hujan dan percikan cairan lainnya.

Tapi Ingat ya Om! Ponsel ini hanya tahan percikan air saja. Bukan tahan air sepenuhnya. Jadi ia belum bisa Om/Sist ajak berenang atau Om/Sist bawa melalui cuaca hujan lebat tanpa pelindung tambahan.

Layar

Ukurannya luas, yaitu 6.5 inch sehingga mampu memberikan pengalaman gaming dan menonton video secara impresif.

Struktur internal layar realme 5i mengadopsi proses lapisan yang lebih dekat satu sama lain sehingga area mini-drop berkurang 30.9% ketimbang pendahulunya, Realme 3.

Rasio layarnya mencapai 89% sehingga tampak lega dan memenuhi hampir seluruh bagian muka.

Layar yang lega dan elegan tersebut masih mendapat proteksi dari Corning Gorilla Glass 3 yang sudah tidak kita ragukan lagi daya tahannya terhadap goresan dan benturan.

Kamera

Realme terbilang berani dengan memberikan konfigurasi quad kamera pada ponsel seharga kurang dari Rp2 juta. Jadi Realmi seri 5 ini menarget segmen entry level hingga mid end tapi dengan suguhan fitur high end. Iya meskipun resolusi lensa yang ia berikan belum cukup mumpuni. Wajar sih ya Om, mengingat segmentasinya yang menuntut harga terjangkau.

Seperti umumnya lensa kamera 12 MP, hasil foto dari Realme 5i ini sangat bergantung pada intensitas cahaya yang menerangi obyek foto. Singkatnya, hasil foto cukup bagus pada siang hari dan kurang detail pada malam hari atau pada kondisi minim pencahayaan.

Kamera kedua adalah lensa ultra-wide berkekuatan 8 MP dengan kemampuan tangkapan hingga 119⁰ atau 4× dari tangkapan standar.

Lensa ini memiliki algoritma kalibrasi yang mampu memecah distorsi sehingga hasil fotonya lebih nyata.

Lensa selanjutnya ialah kamera super makro dengan panjang fokus 4 cm. Jadi dengan ponsel ini Om/Sist akan bisa mengambil foto yang lebih jelas dalam jarak yang lebih dekat.

Fitur Kamera Realme 5i
  • Sensor autofocus (PDAF)
  • Sistem filter tambahan
  • Kemampuan eksposur lebih tinggi dalam meningkatkan kontras antara terang, gelap, suhu, warna, rona dan lain-lain
  • Super Nightscape 2.0 pada lensa utama 12MP dan lensa ultra-wide angle 8MP
  • Teknologi AI dengan mesin multi-bingkai untuk mengurangi noise, stabilisasi genggaman, penekanan highlight dan peningkatan dynamic range
  • Efek fotografi ChromaBoost

Mesin AI milik Realme 5i mampu mengenali kecacatan gambar, mengembalikan detail, kecerahan dan warna untuk kemudian ia poles menjadi seperti visual mata manusia.

Kemampuan perekaman video’nya mencapai resolusi 4K. Kamera belakang dan depan memiliki fungsi Electric Image Stabilization (EIS). Fungsi video’nya juga mendukung perekaman gerakan lambat dalam resolusi 240fps dan 720p.

Secara keseluruhan smartphone ini cukup mumpuni untuk membuat vlog tanpa harus keluar modal besar. Hanya saja masih ada yang kurang, yaitu tidak ada fitur OIS dan Ultra Steady seperti pada kamera Realme X2 Pro.

Antarmuka

Realme 5i menggunakan sistem operasi ColorOS 6.1 dari basis Android 9 Pie. Antarmuka ini memiliki desain dengan dekonstruksi ulang yang terinspirasi dari luar angkasa.

Agar lebih kekinian, Realme 5i menggunakan desain ikon unik dan warna sintetis untuk desain longitudinal.

Pengembangan antarmuka pada Realme 5i membawa kembali esensi Android dengan interaksi sederhana yang asli. Hasilnya ialah mengurangi konten informasi dan operasi yang terlalu kompleks.

Home screen juga menjadi ramping dengan elemen lebih ringkas, sesuai dengan keaslian antarmuka Android.

Mode Gelap

Dark mode juga turut hadir pada ponsel kekinian yang satu ini. Menariknya, Realme 5i juga mengembangkan fungsi lokal berdasarkan karakteristik regional dengan aplikasi yang lebih cocok bagi kebiasaan pengguna.

Folder Rahasia

Realme 5i memiliki ruang penyimpanan pribadi yang cocok untuk melindungi privasi personal dengan menyembunyikan aplikasi, foto, file serta konten lainnya. Om/Sist bisa masuk ke ruang tersembunyi itu melalui sidik jari sehingga privasi menjadi lebih aman.

Pengendalian Data Internet

Smartphone ini juga memiliki fitur Manajemen Hotspot yang lebih komprehensif. Cocok untuk mengendalikan penggunan data internet harian dengan mengoptimalkan hotspot ponsel, membatasi jaringan dan lalu lintas data.

Optimasi Audio

Agar pengalaman mendengarkan musik jadi lebih baik, Realme telah membekali seri 5i dengan teknologi Dirac Power Sound dan Dirac Research AB. Teknologi ini terfokus pada implementasi tiga performa utama speaker kecil dengan meningkatkan kualitas bass dan volume suara sehingga output audio setara dengan speaker yang lebih besar, yaitu menjadi lebih jernih, seimbang, alami dan secara signifikan meningkatkan volume tanpa distorsi.

Performa dan Grafis

Realme 5i menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 665 AIE yang memiliki delapan inti, arsitektur 64-bit dan frekuensi dasar hingga 2.0GHz. Konon chipset ini lebih kuat namun lebih hemat daya ketimbang Snapdragon 660.

Untuk mendukung kemampuan chipset tersebut, Realme 5i menggunakan GPU Adreno 610. Maka smartphone ini jadi mampu untuk memberikan kualitas gambar terbaik saat Om/Sist bermain game.

Frame’nya lebih halus, performa lebih cepat, suara surround dan kualitas gambar’nya sudah HD.

Selain bagus untuk menampilkan game dan video, prosesor Qualcomm 665 juga meningkatkan ISP (Image Signal Processor) ke Spectra 165 sehingga fungsi pemotretan mampu menghasilkan gambar yang lebih baik ketimbang produk lain pada kelas yang sama.

Varian Memori dan Slot SIM

Realme 5i tersedia dalam 3 pilihan varian memori, yaitu 3/32GB, 4/64GB dan 4/128GB. Sementara untuk memperbesar kapasitas penyimpanan, ponsel ini menyediakan slot microSD hingga 256GB yang berdampingan dengan 2 slot SIM Card.

Kapasitas Baterai

Realme 5i hadir berbekal kapasitas baterai besar, yaitu 5000 mAh.

Sepengalaman saya menggunakan Samsung M11 yang juga memiliki baterai 5000 mAh, ia mampu bertahan selama 13 jam dalam penggunaan non-stop. Maka saya kira baterai ini akan mampu bertahan hingga 2 hari jika penggunaannya hanya untuk keperluan harian normal.

Management Daya

Selain hanya besar, baterai Realme 5i juga punya fitur AI freeze untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak Om/Sist gunakan dalam jangka waktu lama. Maka dengan teknologi tersebut daya tahan baterai Realme 5i akan jadi lebih lama lagi.

Selain AI Freeze, Realme 5i juga telah memiliki fitur Screen Battery Optimization Mode yang merupakan fungsi hemat daya layar melalui CABC (Content Adaptive Backlight Control). Yaitu teknologi yang secara dinamis akan menyesuaikan rasio kontras layar sehingga dapat lebih meningkatkan masa pakai baterai ponsel hingga 10%.

Tak hanya itu, Realme juga membuat desain perlindungan multi-level untuk sel baterai sehingga usia baterai akan menjadi lebih lama.

Perlindungan tersebut salah satunya ialah melalui tehnik isolasi sel baterai menggunakan stainless steel 304, bezel yang terbuat dari bahan tahan api dan perlindungan multi-level dalam proses pengisian daya.

Menurut klaim dari pihak Realme, baterai Realme 5i mampu bertahan selama 30 hari dalam mode stand by, 9.4 jam untuk bermain game, 19 jam untuk menonton video dan 2 hari untuk penggunaan normal.

Lebih dari itu Realme 5i juga bisa berbagi daya dengan pengguna lain karena mendukung reverse charging alias bisa berfungsi seperti power bank.

Demikianlah review kelebihan dan kekurangan Realme 5i. Sekarang kita masuk pada poin bahasan selanjutnya.

Spesifikasi Realme 5i

Setelah mereview kelebihan dan kekurangan Realme 5i, sekarang kita lihat data spesifikasi teknis dan harga yang ia tawarkan.

  • Jaringan: GSM / HSPA / LTE
  • Rilis: 6 Januari 2020
  • Dimensi: 164.4 × 75 × 9.3 mm
  • Berat: 195 gram
  • Material: Glass front (Gorilla Glass), plastic back, plastic frame
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Tipe layar: IPS LCD
  • Ukuran layar: 6.52 inches, 102.6 cm² (~83.2% screen-to-body ratio)
  • Resolusi layar: 720 × 1600 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density)
  • Sistem operasi: Android 9.0 (Pie), upgradable to versi Android 10, Realme UI
  • Chipset: Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • Eksternal memori: microSDXC (dedicated slot)
  • Internal memori / RAM: 32GB/3GB RAM, 64GB/4GB RAM
  • Kamera belakang: Quad 12 MP, f/1.8, (wide), 1/2.9″, 1.25µm, PDAF; 8 MP, f/2.3, 13mm (ultrawide); 2 MP, f/2.4, (macro); 2 MP, f/2.4, (depth); LED flash, HDR, panorama; Video = 4K@30fps, 1080p@30fps, gyro-EIS
  • Kamera depan: single 8 MP, f/2.0; HDR, panorama; Video = 1080p@30fps
  • Port audio: 3.5 mm jack
  • WLAN: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • GPS: Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • Radio: FM radio
  • USB: microUSB 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor: Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Perpesanan: SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Browser: HTML5
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh, non-removable
  • Pengisi daya: Charging 10W
  • Pilihan warna: Blue, Green
  • Model: RMX2030

Realme 5i Harga

Pada bulan Desember 2020, hasil pantauan Bloglain.com melalui beberapa marketplace online mendapatkan hasil bahwa harga Realme 5i (RAM 3) varian 32GB adalah berkisar antara Rp1.9 juta hingga Rp2 jutaan. Sedangkan untuk pilihan varian 4/64GB banderolnya ada pada kisaran Rp2.3 juta hingga Rp2.4 jutaan.

Demikianlah review kelebihan dan kekurangan Realme 5i. Semoga bermanfaat. (Bloglain).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *