10 Handphone Paling Mudah Rusak di Dunia

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Saya sih tidak terlalu banyak pengalaman juga ya. Hanya pernah punya beberapa handphone Nokia Java, Nokia Symbian OS dan Sony Ericson pada zaman old. Juga pernah menggunakan ponsel Evercoss, Android Advance, Smartfren Andromax CDMA dan beberapa model Samsung Android. So, inilah beberapa handphone paling mudah rusak menurut sebuah penelitian.

Bicara perkara durabilitas, kita tahu kalau ponsel zaman old rata-rata awet. Tidak ada merk yang cenderung gampang rusak. Kecuali pada masa handphone pakai joystick, itu memang ada kecenderungan cepat rusak pada joystick’nya. Selebihnya wajar jika dalam beberapa waktu kemudian handphone akan rusak juga.

Samsung

Sementara itu pada era kejayaan OS Android sekarang ini, dari beberapa merk yang pernah saya miliki, brand Samsung menjadi yang paling awet bagi saya. Tidak rusak sampai lebih dari 3 tahun pemakaian, bahkan kadang sampai saya bosan memakainya.

Beberapa seri yang pernah saya gunakan dan terbukti awet hingga saya menyusun tulisan ini antara lain Samsung Galaxy J1 AceSamsung Galaxy J2 Prime dan Samsung J4 2018. Ketiga ponsel itu menjadi pegangan anak-anak saya sekarang.

Bahkan unit J1 Ace dan J2 Prime itu sudah sering terjatuh dan terbentur, namun mereka tetap awet dan tidak rusak. Berbeda dengan beberapa merk lain yang kadang cepat rusak dalam penggunaan saya sehari-hari, bahkan sebelum saya bosan menggunakannya. Entah itu rusak dari sensitifitas layar sentuhnya, shocket chargernya, baterai mengembung dan sebagainya.

Tapi siapa sangka kalau ternyata ada salah satu lembaga yang menyebutkan bahwa merk Samsung justru merupakan ponsel yang memiliki tingkat kerusakan paling tinggi ketimbang merk lainnya.

Yup. Demikian menurut informasi dari Blancco, sebuah perusahaan riset independen dalam beritanya yang berjudul ‘State of Mobile Device Repair & Security’.

Menurut Blancco, selama periode Januari hingga April 2018, Samsung menjadi handphone dengan tingkat kerusakan atau kegagalan tertinggi. Persentasenya mencapai 27.4% dari seluruh merk handphone yang masuk ke dalam penelitian Blancco.

iPhone

Sementara untuk smartphone berplatform iOS, seri iPhone 6 menjadi yang tertinggi dengan 22% angka kerusakan. Lanjut kemudian iPhone 6S dengan 16% tingkat kerusakan.

Jika kita akumulasi secara keseluruhan, platform iOS memiliki tingkat kegagalan dan kerusakan setara 15.2% selama kuartal pertama 2018. Sedangkan untuk handphone OS Android, tingkat kerusakannya mencapai 18.9%.

Perkara kerusakan pada iPhone 6 dan iPhone 6S sebetulnya seharusnya tidak mengejutkan, mengingat pada tahun 2016 saja beberapa iPhone 6 dan iPhone 6S sudah banyak menuai keluhan pada sektor layar sentuh yang kadang berhenti dari fungsinya. Kemudian setelah itu muncul bilah abu-abu horizontal pada layar, bahkan sampai ada istilah ‘Touch disease’ di beberapa media sebagai istilah dari masalah itu.

Beberapa pihak menyebutkan bahwa munculnya masalah pada layar iPhone ini ada kaitannya dengan kebijakan Apple. Yaitu kebijakan untuk tidak lagi menggunakan epoxy pada papan sirkuit iPhone 6 seperti yang pernah mereka gunakan pada masa lalu.

Tingkat Kerusakan Smartphone Android

Kembali ke OS Android.

Brand Samsung, seperti yang saya sebutkan tadi, selama kuartal pertama 2018 memiliki angka kegagalan sebesar 27.4%. Menyusul kemudian smartphone OS Android asal Cina, Xiaomi, dengan tingkat kerusakan 14.2%.

Menempati urutan ketiga ada Motorola yang memiliki tingkat kegagalan sebesar 9.6%.

Data tersebut muncul dari beberapa smartphone iOS dan Android yang telah melalui pengujian pihak Blancco.

Dari semua perangkat iOS yang mereka uji, 74.3% masalah perjadi pada iOS versi 11. Sedangkan dari keseluruhan OS Android, 52% masalah muncul dari Android Nougat.

Konon masalah terbesar yang terjadi pada iOS terletak pada peranti konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi serta pada sektor headset. Sedangkan masalah yang paling umum pada OS Android ada pada bagian handset, kamera, mikrofon dan pengisian daya baterai.

So, selengkapnya Om/Sist bisa pantau langsung pada tabel berikut ini.

10 Handphone Paling Mudah Rusak (2018)

Samsung27.4%
Xiaomi14.2%
Motorola9.6%
Huawei8.4%
Infocus7.3%
10or6.3%
LGE4.7%
Longcheer2.9%
Lenovo2.7%
OnePlus2.5%
iPhone 622%
iPhone 6S16%
iPhone 6S Plus9%
iPhone 6 Plus8%
iPhone 78%
iPhone 7 Plus7%
iPhone 5S5%
iPad Air 24%
iPhone X3%
iPhone 8 Plus3%

Tingkat masalah pada handphone Android selama kuartal pertama 2018 lebih tinggi 10% ketimbang periode yang sama pada tahun sebelumnya, yaitu 2017.

Begitu menurut data yang saya dapat.

Namun sekali lagi, dalam penggunaan saya, merk Samsung justru yang paling awet. Bertolak belakang dengan data tersebut tadi. (Bloglain).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *