Beranda » Financial » Bagus Mana? Ini Beda GoPay dan DANA, OVO dan LinkAja

Bagus Mana? Ini Beda GoPay dan DANA, OVO dan LinkAja

Aplikasi LinkAja

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Setelah sekian bulan menggunakan beberapa aplikasi dompet digital alias e-wallet, kali ini saya bakal share tentang beda GoPay dan DANA, LinkAja serta OVO. Dengan demikian nanti Om/Sist akan tahu, aplikasi mana yang paling tepat untuk Om/Sist pilih.

Namun pada bahasan kali ini saya akan lebih condong pada Go-Pay dan DANA serta LinkAja. Selebihnya sedikit ulasan tambahan tentang OVO.

Beda GoPay dan DANA serta LinkAja

Ketika Om/Sist sedang bingung untuk memilih GoPay atau DANA, barangkali tulisan saya ini bisa membantu Om/Sist dalam mengambil keputusan.

Kelebihan DANA vs GoPay

Terintegrasi Bukalapak

Utamanya jika Om/Sist menggunakan aplikasi Mitra Bukalapak untuk berjualan dan transaksi digital, aplikasi DANA ini sangat membantu. Karena kecepatan transaksinya benar-benar bagus dan handal.

Gratis Top Up Saldo via Rekening Bank

Ketika saya isi GoPay lewat BCA Mobile, saya kena biaya Rp1000. Sedangkan untuk mengisi saldo aplikasi DANA, gratis biaya.

Gratis Top Up Saldo via Alfamart

Demikian juga jika kita isi saldo GoPay melalui Alfamart, ada biaya sebesar Rp2000. Sedangkan untuk Top Up DANA, gratis biaya.

Transfer ke Rekening Bank Tanpa Biaya

Selanjutnya saat saya tarik saldo GoPay ke rekening BCA dan rekening Bank BRI, saya kena biaya Rp2500. Sedangkan aplikasi DANA menggratiskan biaya transfer ke rekening bank hingga 10 kali perbulan. Meskipun untuk transfer ke 11 dan seterusnya, DANA membebankan biaya sebesar Rp4000 pertransfer.

Kelebihan GoPay vs DANA

Aplikasi GoJek
Terintegrasi Layanan GoJek

Pada dasarnya GoPay memang milik GoJek. Maka tak heran jika mereka terintegrasi.

Dengan adanya GoPay dalam aplikasi GoJek, maka pastinya kita jadi lebih mudah saat akan membayar layanan GoJek, GoFood, GoSend dan lain-lain.

Terintegrasi Layanan Google Play

Sebenarnya aplikasi DANA juga memiliki banyak merchant dan channel pembayaran. Namun dalam penggunaan saya, ketersediaan GoPay sebagai salah satu metode pembayaran PlayStore, cukup memudahkan.

Ada Layanan PayLater

Dengan layanan GoPay PayLater, kita bisa belanja sejak awal bulan dan membayarnya pada akhir bulan setelah gajian.

Untuk mendapat tawaran layanan PayLater, Om/Sist harus aktif menggunakan layanan GoPay.

Berdasarkan pengalaman saya, awal limit PayLater yang saya terima adalah Rp100.000. Kemudian saya aktif menggunakan limit kredit tersebut dengan pembayaran baik. Setelahnya, sekarang saya mendapat kenaikan limit kredit PayLater menjadi sebesar Rp500.000.

Satu hal lagi, untuk bisa mendapatkan layanan GoPay PayLater, akun kita harus sudah upgrade Premium.

Itulah beberapa perbedaan aplikasi DANA dan GoPay GoJek.

Kelebihan LinkAja

Aplikasi LinkAja
Gratis Biaya Top Up dari Rekening Bank HIMBARA

Jika kita Top Up saldo LinkAja melalui Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN, kita bebas biaya admin. Namun jika top up melalui bank swasta seperti BCA, biayanya adalah Rp1000.

Bisa Beli BBM Pakai Saldo

Menurut beberapa sumber, GoPay disebut bisa untuk membeli bahan bakar melalui SPBU. Namun untuk kota kecil seperti kampung saya, Ciamis, Banjar Patroman, pembayaran digital untuk pembelian bahan bakar Pertamina hanya bisa kita lakukan menggunakan aplikasi LinkAja.

Gratis Transfer Saldo ke Rekening Bank HIMBARA

Sayangnya kita akan kena biaya cukup mahal untuk memindahkan saldo LinkAja ke bank selain anggota HIMBARA, yaitu Rp6500. Padahal GoPay hanya Rp2500 dan DANA hanya Rp4000, bahkan gratis 10 kali perbulan.

Terintegrasi GoJek dan Grab

Menariknya, sekarang LinkAja sudah bisa kita gunakan untuk membayar layanan GoJek dan Grab. Sedangkan DANA, belum tersambung pada salah satu atau keduanya.

Terintegrasi dengan Kredivo, Ceria BRI dan IndoDana PayLater

Kredivo, Ceria BRI dan IndoDana merupakan aplikator penyedia jasa PayLater. Artinya dengan LinkAja, kita bisa belanja dengan sistem pembayaran tunda.

Namun untuk layanan PayLater dari LinkAja ini, saya belum pernah mencobanya.

LinkAja adalah aplikasi dompet digital hasil kerja sama perusahaan BUMN, termasuk bank anggota HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara).

Aplikasi ini merupakan gabungan dari dompet digital yang pernah ada sebelumnya, antara lain T-Cash dari Telkomsel dan e-Cash dari Bank Mandiri.

Apakah GoPay Sama dengan DANA?

Secara fungsi, mereka sama-sama dompet digital untuk melakukan berbagai jenis pembayaran tanpa uang tunai. Namun tentu mereka tidak sama persis. Mereka punya cara top up dan merchant’nya sendiri-sendiri, meskipun sebagian metode’nya ada yang sama.

Demikianlah perbandingan tiga dompet digital yang sampai sekarang masih saya gunakan. Sedangkan untuk OVO, saya sudah lama tidak menggunakannya. Jadi tidak tahu layanan dan kinerjanya sekarang.

Dompet Digital Manakah yang Terbaik?

GoPay, DANA dan LinkAja

Dari perbandingan LinkAja dan Dana serta GoPay, saya melihat mereka bertiga itulah yang terbaik dibanding uang elektronik lainnya.

Sulit untuk memilih yang terbaik dari ketiganya. Karena berdasarkan pengalaman menggunakan LinkAja, DANA dan GoPay, saya mendapati ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Contoh dalam penggunaan rutin saya adalah sebagai berikut.

  • GoPay PayLater untuk keperluan saya membayar tagihan IndiHome, Air PDAM, pembelian token listrik pribadi dan belanja ke Alfamart melalui aplikasi AlfaGift
  • LinkAja untuk pembelian bensin motor saya melalui SPBU Pertamina
  • DANA untuk mendukung usaha saya, yaitu berjualan pulsa, token listrik dan lain-lain melalui aplikasi Mitra Bukalapak

Selain itu saya juga menggunakan aplikasi DANA untuk menabung dengan cara top up melalui Alfamart, kemudian mentransfer saldo’nya ke rekening bank. Karena DANA memberikan gratis biaya transfer sebanyak 10 kali perbulan.

Demikianlah sekelumit review LinkAja, GoPay dan aplikasi DANA berdasarkan pengalaman saya pribadi.

OVO dan Jenius BTPN

Lantaran kebutuhan saya sudah terpenuhi oleh 3 aplikasi tersebut, jadi sayang sekali saya kurang tertarik untuk menjajal OVO dan Jenius dari Bank BTPN. Apalagi aplikasi Jenius lebih condong ke arah rekening tabungan bebas biaya ketimbang sebuah dompet digital.

So, LinkAja, GoPay dan DANA saja saya rasa sudah cukup.

Secara jumlah pengguna OVO, aplikasi ini juga sebenarnya cukup populer. Karena ia terintegrasi dengan aplikasi Grab dan Tokopedia.

Tabel Perbandingan

GoPayDANALinkAjaOVO
Download PlayStore50 juta10 juta10 juta10 juta
Rating Bintang4.34.44.33.8
IntegrasiGoJekBukalapakBank HIMBARA, GoJek, GrabGrab, Tokopedia
Biaya Top Up via BankRp1000GratisGratis (HIMBARA), Rp1000 (Bank Lain)Rp1000
Biaya Top Up via AlfamartRp2000GratisRp2000N/A
Biaya Transfer ke Rekening BankRp2500Gratis 10× (Selanjutnya Rp4000)Gratis (ke HIMBARA), Rp6500 (ke Bank Lain)Rp3000
Layanan PayLaterYaTidakYa (Kredivo, Ceria BRI, Indodana)Tidak

Kesimpulan

Melihat dari tabel tersebut, kita tidak bisa menilai bahwa jumlah unduhan GoPay paling banyak. Karena layanan GoPay menyatu dalam aplikasi GoJek. Jadi kita tidak tahu persis, sebenarnya berapa banyak pengguna GoPay?

Sementara itu jika kita melihat rating bintangnya, sepertinya banyak pengguna yang kecewa terhadap aplikasi OVO.

Demikianlah sharing saya. Tentunya data yang saya sajikan dalam artikel ini tidak cukup lengkap, karena basis tulisannya hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan sedikit informasi tambahan. Jadi jika ada koreksi, monggo Om/Sist sampaikan melalui kolom komentar. (Bloglain).

3 tanggapan pada “Bagus Mana? Ini Beda GoPay dan DANA, OVO dan LinkAja”

  1. Menurut saya yg terbaik adalah dana,pembelian pulsa lebih murah,top up gratis baik via alfa maupun bank dan sekarang dana jga sdh mendukung paylater
    Linkaja jga sdh mendukung paylater tapi saya blm mencoba bahkan blm buat akun linkaja karna blm ada kebutuhan untuk memakainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *