Beranda » Tips » Fungsi Pemeliharaan Perangkat Samsung Galaxy Series

Fungsi Pemeliharaan Perangkat Samsung Galaxy Series

Menu Pengaturan Samsung

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Sudah sejak bertahun-tahun lalu aplikasi pembersih sampah / cache, sangat populer bagi kalangan pengguna smartphone Android. Nah, kali ini saya bakal share perkara fungsi pemeliharaan perangkat Samsung yang pada dasarnya punya daya guna sama dengan aplikasi pembersih yang banyak beredar melalui Play Store.

Yup. Sudah sejak lama hp-hp Samsung zaman now memiliki aplikasi pemeliharaan perangkat built in pabrikan. Aplikasi ini sudah terinstall menjadi salah satu alat dalam menu ‘Pengaturan’, jadi tidak terpisah dalam wujud aplikasi tersendiri.

Fungsi Pemeliharaan Perangkat Samsung

Pada ponsel-ponsel zaman now, khususnya ponsel Samsung yang telah menggunakan OS Android 6 ke atas, fungsi menu pemeliharaan dalam menu pengaturan telah terbilang lengkap. Fungsi-fungsi tersebut adalah:

  1. Optimasi baterai
  2. Optimasi ruang penyimpanan (internal memori / ROM)
  3. Pembersihan RAM
  4. Pengamanan perangkat (anti-malware)
  5. Mode hemat data

Kelima fungsi itu terdapat dalam menu ‘Pengaturan’, lantas ke ‘Perawatan Perangkat’

Menu Pengaturan Samsung

Hokeh, kita bahas satu-persatu.

Baterai

Pada menu ini Om/Sist bisa memilih antara 3 pilihan mode baterai dengan cara menyentuh menu ‘Mode Daya’. Maka akan ada pilihan:

  1. ‘Dioptimalkan’, yaitu untuk memilih menu optimasi otomatis melalui berbagai parameter yang telah tersedia secara default dari pabrikan
  2. ‘Hemat Daya Medium’, untuk membatasi beberapa fungsi, utamanya menurunkan kecepatan CPU dan kecerahan layar supaya konsumsi baterai jadi lebih hemat
  3. ‘Hemat Daya Maksimum’, yaitu pilihan setting untuk menghemat daya baterai secara maksimal

Teknisnya ialah dengan mengurangi kecepatan CPU, mengurangi tingkat kecerahan layar dan membatasi hanya beberapa aplikasi saja yang dapat berjalan.

Penyimpanan

Berisi shortcut menuju berbagai file yang menggunakan ruang memori, yaitu:

  1. Dokumen
  2. Gambar
  3. Video
  4. Audio
  5. Aplikasi
  6. Tema

Memori

Berisi laporan penggunaan RAM

Keamanan

Merupakan sistem anti-virus / anti-malware yang berfungsi untuk melindungi ponsel dari resiko kejahatan cyber

Hemat Data Ultra

Adalah pilihan pengaturan untuk membatasi penggunaan data latar belakang supaya konsumsi penggunaan data internet menjadi lebih hemat.

Pada halaman ini Om/Sist bisa mengatur aplikasi apa saja yang boleh mengakses data latar belakang, semisal aplikasi Chatting seperti WhatsApp dan sebagainya. Dengan begitu, notifikasi pesan masuk jadi tidak akan terhambat. (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *