Review Produk Bank BTN: Tabungan e-Batara POS

Bloglain.com – Salah satu produk Bank BTN yang sangat menarik bagi saya adalah tabungan e-Batara POS.

Ia bukan tabungan yang benar-benar bebas biaya bulanan, namun hanya membebankan biaya sangat terjangkau alias sangat murah.

Saya sudah sejak tahun 2019 lalu menggunakan rekening dari Bank Tabungan Negara ini.

Berikut ini review saya setelah selama sekira 2 tahun penggunaan e-Batara POS.

Review Produk Bank BTN: Tabungan e-Batara POS

Kelebihan

Banyak Kantor Cabang POS

Seperti yang kita tahu, jumlah kantor cabang BTN tidaklah sebanyak BRI. Namun dengan kerjasama POS Indonesia ini, akses menabung kita jadi lebih luas. Karena setiap kecamatan selalu ada Kantor POS.

Bisa Menabung Sabtu – Minggu

Tidak semua Kantor POS buka 7 hari seminggu. Namun pada beberapa Kantor Pos Induk (misalnya Kabupaten / Kota), mereka buka setengah hari pada hari Sabtu dan Minggu.

Artinya kita jadi bisa menabung ke e-Batara POS pada hari Sabtu dan Minggu.

Ada Fasilitas Mobile Banking

Meskipun e-Batara POS termasuk dalam kategori tabungan ringan biaya, namun ia tetap memiliki fasilitas Mobile Banking seperti Tabungan Batara Reguler.

Mendapat Dua Kartu Debit

Menariknya tabungan hemat ini justru memberi kita dua lembar kartu debit. Satu kartu VISA dan satu kartu GPN.

Jadi pada setiap transaksi, kita tinggal pilih saja mau menggunakan kartu yang mana.

Biaya Administrasi Bulanan Murah

Ada dua macam biaya bulanan dalam rekening e-Batara POS, yaitu biaya administrasi tabungan dan biaya administrasi kartu debit.

Bagusnya, meskipun mendapat dua lembar kartu debit, biaya administarinya hanya Rp2000 perbulan. Tambah biaya administrasi rekening sebesar Rp4500, maka total biaya bulanan rekening e-Batara POS hanya Rp6500 saja.

Sangat murah.

Setoran Awal Ringan

Ketika tabungan lain mensyaratkan setoran awal minimal Rp200.000, Rp250.000 bahkan Rp500.000, rekening e-Batara POS hanya mensyaratkan Rp50.000 saja.

Saldo Mengendap Kecil

Tidak hanya setoran awal saja yang kecil, saldo mengendapnya pun kecil. Hanya Rp20.000 saja. Tidak seperti umumnya tabungan lain yang saldo mengendapnya sampai Rp50.000, bahkan ada yang Rp100.000.

Bisa Integrasi KPR BTN

Dulu fasilitas autodebet KPR BTN hanya ada pada rekening Tabungan Batara Reguler saja. Namun kini rekening e-Batara POS juga bisa kita gunakan untuk fasilitas autodebet KPR BTN.

Terintegrasi HIMBARA dengan LinkAja

LinkAja merupakan aplikasi dompet digital hasil kerjasama Bank HIMBARA dengan Telkomsel dan Pertamina.

HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara) beranggotakan BRI, Bank Mandiri, BNI dan BTN.

Dengan aplikasi LinkAja, transfer antar anggota HIMBARA jadi sangat murah. Misalnya kalian akan transfer uang dari rekening BTN ke Tabungan Bank Mandiri, maka alurnya:

  • Dari rekening BTN kita top up saldo LinkAja
  • Kemudian dari saldo LinkAja, kita transfer ke rekening Bank Mandiri

Dengan metode tersebut, transfer uang antar bank HIMBARA jadi sangat murah. Lumayan hemat ketimbang kita transfer langsung tanpa perantara aplikasi LinkAja, biayanya Rp6500.

Syaratnya akun LinkAja milik kita harus sudah upgrade Premium alias Full Service.

Atau jika tidak ingin menggunakan aplikasi LinkAja, kalian bisa juga menggunakan perantara aplikasi DANA, Flip atau OY!

Kekurangan

Jaringan ATM Jarang

Sayangnya jumlah mesin ATM milik BTN masih sangat sedikit. Jadi agak repot ketika kita membutuhkan uang tunai.

Meskipun kita bisa tarik tunai melalui mesin ATM bank lain dalam anggota ATM BERSAMA, namun tentu ada biaya tambahan yang harus kita bayar. Tidak gratis seperti jika kita tarik tunai melalui mesin ATM milik BTN sendiri.

Buka Rekening dan Ganti Buku Harus ke Kantor POS

Padahal rekening ini hasil kerjasama BTN dengan POS Indonesia. Namun untuk urusan buka rekening baru dan ganti buku tabungan, kita hanya bisa melakukannya melalui Kantor POS saja. Tidak bisa lewat Kantor Cabang BTN.

Akses Belanja Kurang Luas

Untuk berbelanja pun fasilitas debit BTN tidak seluas Tahapan Xpresi dari BCA yang sama-sama rekening hemat biaya. Baik untuk berbelanja online maupun offline.

Buku Tabungan Jelek

Wujud fisik buku tabungannya juga tidak menarik. Hanya kertas satu lembar yang dilipat-lipat. Bukan sebuah buku berjilid seperti umumnya tabungan lain.

Ada Kode OTP

Tidak enaknya lagi, setiap transaksi melalui Mobile Banking, kita akan kena biaya pulsa untuk OTP (One Time Password) alias PIN sekali pakai lewat SMS.

Iya sih kita memahami tujuannya untuk keamanan, menghindari resiko pembobolan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tapi mestinya BTN bisa meniru bank lain yang metode pengamanannya bukan menggunakan OTP. Jadi supaya tidak boros biaya pulsa.

Kesimpulan

Dari semua kelebihan dan kekurangan yang saya rasakan selama menggunakan rekening ini, Tabungan e-Batara POS sama sekali tidak cocok untuk alat transaksi. Karena ada OTP yang membutuhkan biaya pulsa.

Ia lebih cocok sebagai media untuk menabung atau untuk autodebet KPR BTN.

Demikianlah sekilas review salah satu produk Bank BTN, e-Batara POS. Semoga bermanfaat. (Bloglain).

Tinggalkan komentar