Clear Cache Android Samsung Galaxy J1 Ace dan J2 Prime

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Saya menuliskan cara clear cache Android Samsung karena hal itu ada hubungannya dengan profesi sambilan saya sebagai driver ojek online.

Yup. Langkah pembersihan cache menjadi salah satu upaya agar akun driver kita jadi gacor. Selain itu, pembersihan cache juga dapat mengatasi masalah connection time out pada browser Android.

Fungsi cache pada dasarnya adalah sebagai file sementara (jejak) yang akan membantu mempercepat pengoperasian aplikasi pada penggunaan berikutnya. Namun pada beberapa kasus, cache yang terlalu bertumpuk justru dapat pula menimbulkan masalah. Entah itu ngelag, force closed, ataupun masalah-masalah lainnya.

Nah, bagi driver ojol, kendala pada ponsel atau kendala pada aplikasi tentunya dapat mengurangi peluang untuk mendapatkan banyak order. Maka itu ketika seorang driver menghubungi customer service Grab untuk penyelesaian masalah-masalah tersebut, tak jarang si CS menyarankan pada driver untuk menghapus atau membersih cache aplikasi.

Bagaimana caranya?

Step by step untuk tiap-tiap hp bisa berbeda. Namun jika Om/Sist sedikit faham seluk-beluk smartphone Android, maka Om/Sist tidak akan mengalami kesulitan yang berarti.

Intinya semua hampir sama. Hanya berbeda pada beberapa tampilan dan langkahnya saja.

Nah, selama saya on-Grab, saya pernah memakai 2 ponsel, yaitu Samsung Galaxy J1 Ace dan Samsung Galaxy J2 Prime.

Dalam hal pembersihan cache aplikasi, keduanya hampir sama. Hanya sedikit sekali perbedaannya.

Hokeh, berikut ini langkah-langkahnya.

Clear Cache Android Samsung

Cara Menghapus Cache di Samsung J1 Ace

  • Pertama Om/Sist masuk ke menu ‘Pengaturan’
  • Kemudian pilih menu ‘Aplikasi’
  • Selanjutnya pilih ‘Manajer Aplikasi’
  • Pilih aplikasi ‘Grab Driver’ (atau aplikasi lainnya yang ingin Om/Sist bersihkan cache-nya)
  • Pilih kotak pilihan ‘Hapus Memori’

Kotak pilihan ‘Hapus Memori’ tersebut adalah data cache yang tersimpan pada aplikasi yang bersangkutan.

Jangan salah menekan tombol ‘Hapus Data’, kecuali jika Om/Sist memang bermaksud untuk menghapus data-data aplikasi.

Jika tombol ‘Hapus Data’ itu Om/Sist pilih, maka akun Om/Sist akan otomatis keluar dari aplikasi Grab. Selain itu, semua settingan (termasuk setting nada notifikasi) pun bakal terhapus dan setting aplikasi akan kembali pada default (standar) pabrikan.

Cara ‘Hapus Data’ itu, jika Om/Sist lakukan pada aplikasi browser, maka semua data sandi (password) akan terhapus. Contohnya jika Om/Sist biasa login ke medsos via browser tersebut, maka ketika Om/Sist ‘Hapus Data’, secara otomasis Om/Sist akan keluar dari semua akun medsos yang sebelumnya Om/Sist login via browser tersebut.

Juga ketika Om/Sist ‘Hapus Data’ aplikasi chatting semisal Whatsapp, Line dan lain-lain, maka secara otomatis Om/Sist telah log out dari aplikasi-aplikasi tersebut.

Hapus Cache Pada Samsung Galaxy J2 Prime

Pada dasarnya langkah-langkahnya sama dengan pada J1 Ace. Hanya saja setelah memilih aplikasi yang Om/Sist maksud, terlebih dahulu pilih menu ‘Penyimpanan’, barulah kemudian pilih ‘Hapus Memori’.

Selain menghapus cache aplikasi driver, kadang CS Grab juga menyarankan untuk menghapus cache aplikasi Maps. Maka lakukanlah seperti langkah-langkah barusan. (Bloglain).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *