Beranda » Tips » Cara Setting Galeri Samsung Agar Sesuai dengan Kebutuhan

Cara Setting Galeri Samsung Agar Sesuai dengan Kebutuhan

Setting galeri Samsung

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Ada kalanya setelan bawaan pabrikan tidak sesuai dengan selera dan kebutuhan kita. Salah satunya pada ponsel. Nah, kali ini saya bakal share cara setting Galeri Samsung supaya tampilan yang muncul sesuai dengan keinginan kita.

Yup. Ada beberapa parameter untuk mengatur tampilan Galeri Samsung, misale saja Om/Sist mau mebuat tampilan galeri berdasarkan organisir folder penyimpanannya ataupun berdasarkan tanggal pembuatan medianya.

Yo wis. Kita cekidot bae langsung.

Cara Setting Galeri Samsung

  • Pada halaman awal ponsel, buka menu ‘Galeri’
  • Setelah masuk ke galeri, lihat menu bar yang ada pada barisan bawah; ada 4 menu yang tersedia, yaitu:
  1. ‘Gambar’, adalah pilihan untuk untuk menampilkan media foto dan video berdasarkan urutan tanggal pembuatannya
  2. ‘Album’, adalah pilihan untuk menampilkan media berdasarkan organisir folder penyimpanannya
  3. ‘Kisah’, adalah organisir media yang secara otomatis terbuat oleh perangkat berdasarkan wajah, waktu dan lokasi pengambilan gambar dan video
  • Selanjutnya pilih ‘icon titik tiga’ yang ada pada sudut kanan atas tampilan layar
  • Maka akan muncul beberapa pilihan menu, maka Om/Sist pilih menu ‘Pengaturan’
  • Ada banyak parameter yang akan muncul pada halaman berikutnya

Aktifkan atau nonaktifkan tombolnya sesuai dengan kebutuhan Om/Sist masing-masing.

Setting Galeri Samsung
  1. ‘Sinkronisasi Cloud’, adalah pilihan untuk menampilkan media yang tersimpan secara online pada akun Samsung Cloud milik Om/Sist masing-masing
  2. ‘Tanggal dan Lokasi’, adalah pilihan untuk secara otomatis menambahkan tag lokasi dan tanggal pembuatan media foto / video
  3. ‘Buat Kisah’, adalah pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pembuatan kisah secara otomatis oleh perangkat berdasarkan wajah, waktu dan tanggal pembuatan file media
  4. ‘Tampilkan Informasi Lokasi’, adalah pilihan untuk memperlihatkan atau menyembunyikan tag lokasi pembuatan media
  5. ‘Sampah’: Jika Om/Sist mengaktifkan tombol ini, maka setiap ada media foto atau video yang Om/Sist hapus, ia akan tersimpan sementara dalam ‘Folder Sampah’ selama 15 hari

Jadi Om/Sist masih punya kesempatan jika hendak membatalkan penghapusan dan mengembalikan (mengambil kembali) media yang telah Om/Sist hapus tersebut.

Jika dalam 15 hari Om/Sist tidak melakukan tindakan apa-apa, maka media yang bersangkutan akan terhapus secara permanen dari penyimpanan perangkat.

Sedangkan jika tombol ini Om/Sist nonaktifkan, maka setiap penghapusan media akan langsung terhapus secara permanen seketika itu juga.

Fungsi folder sampah ini sangat berguna untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada file media yang terhapus secara tidak sengaja.

Hokeh. Monggo Om/Sist jajal. Coba-coba dan pelajari untuk mendapatkan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan Om/Sist sekalian.

Note:

Langkah-langkah ini saya susun dari Samsung j4 dengan sistem operasi Android 9. Untuk tipe lain dan versi Android lainnya, monggo Om/Sist berimprovisasi. (Bloglain).

1 tanggapan pada “Cara Setting Galeri Samsung Agar Sesuai dengan Kebutuhan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *