Beranda » Token Listrik » Cara Reset Data Pabrik Samsung J2 Prime: Memori Lega Lagi

Cara Reset Data Pabrik Samsung J2 Prime: Memori Lega Lagi

Samsung Galaxy J2 Prime

Bloglain.com – Om/Sista sekalian! Saat awal bertukar ponsel dengan istri, saya ingin segala isi ponsel kembali seperti semula. Maka itulah kemudian saya mencari cara reset data pabrik Samsung J2 Prime yang saya gunakan saat itu.

Selain hanya untuk mengembalikan tampilan dan file-file standar, cara reset data pabrik hp Samsung J2 Prime juga bermanfaat ketika memori internal terlalu penuh dan sudah tak tertolong lagi dengan cara lain.

Yup. Bener pisan Om. Dengan reset ke nilai default pabrikan, maka kapasitas memori internal akan kembali lega seperti saat hp masih baru.

Tapi hal yang musti Om/Sist fahami adalah bahwa me’reset ponsel ke nilai default akan menghapus semua data yang telah Om/Sist simpan sebelumnya dalam memori internal ponsel. Maka untuk menghindari terhapusnya file-file penting, sebaiknya Om/Sist lakukan dahulu metode backup aplikasibackup kontak serta backup data-data penting lainnya ke memori eksternal atau ke lokasi penyimpanan online seperti Google Drive. Termasuk file-file foto dan video penting juga sebaiknya Om/Sist backup.

Nah, jika Om/Sist rasa semua data-data penting telah tercadangkan alias terbackup, sekarang Om/Sist telah siap untuk melakukan factory reset.

Cara Reset Data Pabrik Samsung J2 Prime

  • Pada menu utama, Om/Sist pilih menu ‘Pengaturan
  • Pada halaman pengaturan, Om/Sist pilih menu ‘Manajemen Umum
  • Setelah masuk ke ke halaman manajemen umum, pilih pilihan ‘Reset
  • Selanjutnya pilih pilihan ‘Reset Data Pabrik
  • Kemudian akan tampil halaman konfirmasi reset

Pada halaman ini Om/Sist akan mendapati kotak konfirmasi bahwa langkah reset data pabrik akan menghapus semua data yang tersimpan dalam memori internal ponsel. Termasuk juga file-file musik, foto dan video yang tersimpan dalam memori internal.

Tapi Om/Sist tidak perlu khawatir jika telah memindahkan semua data / file penting ke eksternal memori, karena semua data dalam eksternal memori akan tetap aman. Tidak akan ikut terhapus saat proses reset.

  • Setelah Om/Sist benar-benar yakin, scroll ke bawah dan pilih tombol ‘Reset Perangkat
  • Selanjutnya Om/Sist harus memasukkan kunci layar milik Om/Sist

Setelah Om/Sist masukkan kunci layar, baik berupa pola maupun nomor PIN, selenjutnya proses reset akan segera berjalan.

Tunggu proses resetnya berjalan sampai selesai.

Biasanya proses ini akan berlangsung agak lama, selama beberapa menit. Jadi bersabarlah.

  • Jika proses reset telah selesai, impor kembali cadangan kontak dan install kembali aplikasi-aplikasi yang sebelumnya telah Om/Sist backup dalam bentuk file .apk

Setelah itu lakukan langkah pencegahan pembaruan perangkat lunak dan tetapkan setting agar Play Store tidak update otomatis. Maka sekarang memori internal ponsel Om/Sist akan terjaga dan tidak mudah penuh. (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *