Alt text image blogspot

Cara Optimasi Gambar Blog Supaya SEO Friendly

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian…!! Dalam penulisan suatu artikel, kita perlu membubuhkan gambar / foto supaya artikel jadi lebih menarik… Entah menarik pada tampilan blognya itu sendiri, atau pun menarik pada saat kita share artikel tersebut di sosial media. Untuk itu, Om/Sist perlu tahu cara optimasi gambar blog agar artikel yang kita tulis menjadi optimal dan SEO friendly.

Lebih dari itu, selain hanya memperindah tampilan, gambar di dalam artikel juga dapat menjadi alat bantu ketika kita menjelaskan sesuatu hal kepada pembaca.

Terus, kenapa gambar di dalam artikel harus di optimasi??

Karena gambar di dalam artikel juga berpengaruh pada kecepatan loading halaman blog. Artinya jika gambar yang kita gunakan terlalu banyak dan terlalu besar ukurannya, maka loading halaman artikel dapat menjadi lambat.

Selanjutnya jika loading halaman blog lambat, maka setidaknya ada dua resiko yang harus Om/Sist tanggung…

Pertama, pembaca jadi malas kembali mengunjungi blog Om/Sist… Dan yang kedua, tampilan iklan jadi tidak maksimal sehingga dapat berpengaruh terhadap pendapatan Om/Sist dari blog.

Selain itu, ada kalanya gambar artikel lebih cepat terindeks oleh search engine (mesin pencari) seperti Google, Bing, Yandex dan lain-lain. Yang artinya, dengan optimasi gambar, blog Om/Sist jadi berpotensi mendapat lebih banyak pembaca dari mesin pencari.

Jadi, bagaimana cara optimasi blog melalui gambar / foto dalam artikel??

Berikut ini cara-cara yang saya lakukan selama ini…

1. Gunakan gambar yang jelas dan tidak buram (tidak blur)

2. Utamakan menggunakan gambar hasil kreasi sendiri… Entah itu foto buatan sendiri, gambar vector buatan sendiri dan sebagainya

3. Jika memang harus menggunakan gambar dari situs lain, utamakan mengambil gambar dari situs-situs yang bebas, seperti Pixabay dan sebagainya…

Kalau pun terpaksa harus menggunakan gambar dari situs lain, edit gambarnya sebelum di upload ulang.

Tidak harus di edit secara rumit… Minimal crop atau mengubah ukuran pixel-nya.

Ada banyak pisan aplikasi editor foto / gambar yang tersedia.

Untuk versi ponsel Android, saya selalu menggunakan aplikasi sederhana bernama ‘Photo Editor’ milik ‘dev.macgyver’

Aplikasi photo editor

4. Jika ukuran gambarnya besar, kompress terlebih dahulu ukurannya supaya tidak memberatkan blog dan tidak memakan banyak ruang di hosting blog.

Ada banyak software / aplikasi untuk mengkompress gambar. Salah satunya yang menjadi favorit saya adalah aplikasi versi Android besutan ‘Saawan Apps’ yang berjudul ‘Photo Compress… …’

Aplikasi photo compress

5. Setelah mengedit foto / gambar, namai foto / gambar tersebut dengan nama yang mendekati keyword (kata kunci) yang sedang Om/Sist gunakan pada artikel yang bersangkutan

6. Pada saat menyisipkan gambar ke dalam artikel, isi kolom ‘Alt Text’ pada gambar.

Konon, mesin pencari sering menggunakan alt text dalam perayapannya.

Cara mengisi alt text pada Blogspot dan WordPress memiliki sedikit perbedaan…

Pada blog WordPress, kolom alt text akan otomatis muncul saat Om/Sist hendak menyisipkan gambar ke dalam artikel.

Sementara di blogspot, Om Sist harus menyisipkan gambar terlebih dahulu ke dalam artikel, kemudian Om/Sist klik gambar tersebut.

Pada saat Om/Sist mengklik gambar, saat itu akan muncul jajaran beberapa menu… Maka Om Sist pilih menu ‘Properties’, kemudian isi kedua kolom yang muncul dengan keyword yang sedang Om/Sist gunakan dalam artikel.

Cara optimasi gambar blog

Selesai, sekarang gambar artikel Om/Sist sudah cukup optimal.

Hanya itu saja??

Iya Om… Itu saja.

Saya tidak suka tehnik optimasi yang berlebihan. Salah-salah, bukan SEO friendly, blog kita malah bisa dianggap spam oleh mesin pencari.

Atau Om/Sist ada tambahan tehnik optimasi gambar yang lain?? Monggo di share di kolom komentar… (Bloglain).

11 Cara Optimasi Blog WordPress dan Blogspot

2 pemikiran pada “Cara Optimasi Gambar Blog Supaya SEO Friendly”

Tinggalkan komentar