blogspot vs wordpress

11 Cara Optimasi Blog WordPress dan Blogspot

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian…!! Salah satu tehnik yang sangat penting dalam seni blogging adalah cara optimasi blog WordPress atau Blogspot dalam rangka meningkatkan visitor organik. Utamanya bagi blog yang di monetisasi dengan Adsense.

Kenapa??

Karena sejauh ini, organic visitor masih menjadi penyumbang terbesar pendapatan Adsense.

Karena sejauh ini, organic visitor masih menjadi jalur masuk pengunjung yang paling bisa meningkatkan CTR (RKT) dan CPC (BPK).

Cara Optimasi Blog WordPress dan Blogspot untuk Meningkatkan Visitor Organik

Dalam hal mengejar organic visitor, tehnik optimasi mesin pencari alias Search Engine Optimation alias SEO di Blogspot dan WordPress, menjadi faktor yang paling utama. Apalagi untuk blog baru… tanpa SEO, hampir mustahil dia akan mampu mengejar ketertinggalan dari blog-blog yang telah berusia lebih lama.

… yang pada akhirnya, dia akan sulit meraih penghasilan yang ideal dari Adsense.

Terus, bagaimana sih cara optimasi blog baru di Blogger dan WordPress??

Hayu… Kita cekidot bae Om…

1. Menulis Artikel yang Baik untuk Mesin Pencari

Yang pertama dan yang paling utama adalah konten / artikel yang SEO friendly. Karena tanpa artikel yang bersahabat dengan mesin pencari, maka segala optimasi yang Om/Sist lakukan akan menjadi percuma.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas untuk Blog

Namun satu hal yang harus Om/Sist ingat, bahwa dalam penulisan artikel, susunan kalimat dan paragrafnya harus tetap enak dibaca oleh manusia.

Jadi, meskipun artikel yang Om/Sist tulis telah di optimalkan untuk search engine, tapi bahasanya harus tetap luwes.

Tidak boleh kaku…

2. Pilih Niche Blog (Tema Bahasan Blog) yang Berpotensi Bagus

Faktor kedua yang dapat meningkatkan performa blog adalah niche / tema bahasan blog… yaitu bahasan tentang hal-hal yang banyak dibutuhkan oleh orang lain.

… karena jika Om/Sist menulis artikel yang tidak dicari orang, maka blog Om/Sist tidak akan pernah mendapat banyak pembaca… Apalagi untuk dapat meraih penghasilan ideal…

Cara Memilih Niche Blog yang Bagus untuk Adsense

3. Daftarkan Blog Pada Webmaster Google, Bing dan Yandex

Secara default, setiap blog telah disetting untuk dapat dirayapi oleh mesin pencari. Namun jika Om/Sist tidak mendaftarkan blog Om/Sist di webmaster Bing, Yandex dan Google Search Console… maka ketiga mesin pencari tersebut akan lambat merayapi blog Om/Sist.

Maka supaya blog cepat terindex oleh mesin pencari, daftarkan blog Om/Sist pada webmaster Google, Bing dan Yandex… karena ketiga search engine itulah yang paling populer di dunia persilatan maya saat ini…

Untuk cara pendaftarannya, monggo Om/Sist cari saja di internet. Ada banyak pisan keterangan yang beredar disana.

4. Daftarkan Blog pada Google Analytics

Fungsi utama Google Analytics adalah untuk memantau perkembangan jumlah pengunjung blog. Tapi selain itu, Google Analytics juga dapat di sambungkan dengan akun Google Search Console (Google Webmaster) dan akun Google Adsense.

Dengan pengaitan tiga akun Google tersebut, Om/Sist akan lebih mudah memantau perkembangan statistik blog dan statistik Adsense sekaligus.

Dengan mengaitkan akun Adsense pada akun Analytics, Om/Sist juga akan jadi tahu artikel mana yang memberikan penghasilan paling bagus.

5. Buat Sitemap (Peta Situs)

Selain webmaster, membuat sitemap juga penting untuk perkembangan blog. Karena dengan sitemap, mesin pencari akan lebih mengenali situs Om/Sist dan lebih cepat merayapi situs Om/Sist secara lengkap tanpa ada yang terlewat.

Untuk blog WordPress, setting sitemap dapat diatur melalui beberapa plugin. Salah duanya ialah plugin Jetpack dan Yoast SEO.

Cara Setting Jetpack di WordPress agar SEO Maksimal

Cara Setting Yoast SEO yang Benar agar Blog Optimal

6. Gunakan Nama Domain yang Relevan dengan Isi Blog

Jika mungkin, gunakan nama domain yang sesuai dengan isi blog. Misale Om/Sist membangun blog tentang pariwisata, maka gunakan nama domain yang mengandung kata wisata, travel dan sebagainya…

Tapi itu hanya saran saja Om… Faktanya, banyak blog yang menggunakan domain dengan nama penulisnya dan blog tersebut bisa besar. Misale saja Sugeng.id, Iwanbanaran.com dan sebagainya.

7. Gunakan Extensi .com

Jika misale Om/Sist sudah terlanjut membangun blog dengan extensi selain .com,, Om/Sist tidak perlu risau. Karena mesin pencari tidaklah mengistimewakan .com dibanding extensi lainnya.

Faktanya, Klikmania.net dan Warungasep.net pun bisa menjadi besar.

Namun secara humanis, extensi .com lebih bersahabat bagi pembaca.

Ada kecenderungan orang-orang mencari suatu situs dengan extensi .com . Contohnya saya sendiri… dulu, saya pernah salah memasukkan alamat Warungasep.com serta Klikmania.com sebelum tahu bahwa mereka menggunakan extensi .net .

Patesan aja saat itu ngga ketemu. Lah wong saya salah memasukkan alamatnya. Wkwkwkwk…!!

Singkatnya, dengan extensi .com, pengunjung akan lebih mudah mengingat nama blog milik Om/Sist sekalian.

8. Atur / Setting Parameter Blog Supaya SEO Friendly

Dalam hal ini, disayangkan saya hanya punya panduan untuk WordPress saja… Tapi Om/Sist yang menggunakan hosting Blogspot pun tidak perlu khawatir… Karena setting blog ini hanya salah satu faktor pendukung saja.

Faktor utamanya tetaplah kualitas dan kuantitas konten.

Sementara itu, setting default bawaan Blogspot pun sudah optimal dari sana-nya… meski tanpa ubahan pengaturan apa pun.

Cara Setting Blog WordPress untuk SEO dan Adsense

9. Posting / Publikasikan Artikel Blog pada Waktu yang Tepat

Om Bro/Sista sekalian… Sejak awal belajar membangun blog, saya belum pernah membaca ada panduan blogging tentang waktu yang tepat untuk mempublikasikan artikel blog secara spesifik. Mereka hanya menyebutkan bahwa waktu terbaik untuk posting artikel adalah di pagi hari sebelum jam 8:00 – 9:00.

Alasannya karena di jam-jam itu, orang-orang mulai aktif membuka internet.

Tapi sepanjang penelitian saya, faktanya tidak seperti itu Om… Waktu terbaik untuk posting artikel blog justru malam hari setelah lewat jam 22:00.

Itu pun ada tata cara khusus yang harus Om/Sist taati jika Om/Sist ingin ranking blog cepat naik dan cepat mendapat penghasilan dari Adsense.

Waktu yang Tepat untuk Posting Artikel Blog

10. Jangan Sering-sering Merubah Tampilan Blog

Sering mengotak-atik dashbord blog akan membuat mesin pencari kesulitan merayapi blog. Yang akhirnya, artikel di dalam blog Om/Sist akan sulit menembus halaman awal hasil pencarian mesin telusur.

Selain itu, dengan sering-sering merubah setting blog, BPK / CPC Adsense cenderung menurun… yang akhirnya tentu akan membuat pendapatan Om/Sist dari Adsense jadi tidak maksimal.

Jika pun ada setting yang harus banget di ubah, maka lakukanlah pada waktu di atas jam 22:00.

Sama seperti waktu untuk update artikel blog.

11. Kurangi Intensitas Berkomentar di Blog Lain

Kebanyakan Blogger menyarankan agar kita rajin-rajin berkomentar di blog lain untuk mendapat backlink.

Tapi sebenarnya tidak seperti itu Om…

Salah satu blog saya justru rankingnya naik dan jumlah visitornya bertambah karena saya jarang berkomentar di blog lain.

Iya memang sesekali saya pun berkomentar di blog lain…

Tapi ada tata caranya.

Tidak hanya asal komentar begitu saja… karena cara berkomentar yang benar, akan sangat berpengaruh pada kualitas backlink yang kita dapat.

Cara Mencari Backlink Berkualitas Secara Sah untuk SEO Blog

Penutup

Hasil dari mempraktekkan semua tehnik di atas tidak akan sama pada semua blog.

Setiap blogger pasti memiliki kemampuan berimajenasi yang berbeda-beda dalam hal menyusun kalimat dan paragraf. Dengan demikian, keunikan setiap artikel blog pun akan berbeda-beda menurut algoritma Search Engine

Meski sudah di optimasi, tidak ada jaminan semua artikel akan masuk ke page one mesin pencari, utamanya Google.

Namun dengan meningkatkan kuantitas (jumlah) postingan, potensi untuk naiknya ranking blog menjadi semakin besar.

Adakalanya suatu artikel masuk ke page one Google setelah beberapa bulan sejak artikel ditulis. Jadi jangan merasa gagal jika dalam satu-dua bulan, artikel belum mampu naik ke page one Google. Tetaplah aktif posting artikel baru setiap hari dengan menjaga kualitasnya agar tetap baik. (Bloglain).

Tinggalkan komentar