Beranda » Token Listrik » Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi Android

Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi Android

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Kadang karena kesal, kita jadi mencari-cari cara menonaktifkan notifikasi aplikasi Android. Iya Om. Kita lama-lama bisa kesal jika ada aplikasi yang mengirimi kita notifikasi secara bertubi-tubi setiap harinya, sedangkan kita tidak mungkin meng-uninstall aplikasi tersebut karena kita membutuhkannya.

Jadi kenapa kita harus menon-aktifkan notifikasinya jika kita membutuhkan aplikasinya?

Karena jika si aplikasi terlalu sering mengirimi notifikasi promo, kita-nya juga lama-lama jadi risih Om. Hp jadi terlalu berisik. Padahal pas saya lihat, banyak dari notifikasi-notifikasi promo tersebut yang sama sekali tidak saya butuhkan. Karenanya lama-lama saya ulik, bagaimana cara menonaktifkan notifikasi-notifikasi tersebut.

Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi Android

Saya menyusun panduan ini menggunakan Samsung J4 2018 dengan versi Android 9 Pie. Namun dengan sedikit improvisasi, panduan ini berlaku juga untuk ponsel Samsung dengan sistem operasi Android 10.

Saya belum tahu apakah cara ini bisa kita lakukan pada Android versi 7 dan versi 8 atau tidak, tapi yang jelas cara ini tidak bisa saya lakukan pada Samsung Galaxy J2 Prime yang masih menggunakan versi Android 6.

Hokeh, kita cekidot bae Om. Begini hasil eksperimen saya dengan Samsung J4 yang sistem operasinya telah saya upgrade ke Android versi 9 (standar dari pabrikan masih Android versi 8 Oreo).

Langkah Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi Android pada hp Samsung
  • Langkah pertama yang harus Om/Sist lakukan adalah membuka menu ‘Pengaturan
  • Pada menu pengaturan, pilih menu ‘Aplikasi
  • Memasuki halaman selanjutnya, akan muncul deretan aplikasi yang terinstall dalam ponsel Om/Sist sekalian

Pilih salah satu aplikasi yang hendak Om/Sist “tertibkan” setting notifikasinya, yaitu aplikasi yang sering mengirim notifikasi-notifikasi pomosi yang tidak kita kehendaki.

  • Setelah Om/Sist memilih aplikasinya, selanjutnya akan terbuka halaman ‘Info Aplikasi

Scroll perlahan ke bawah dan sentuh pada menu ‘Pemberitahuan‘.

  • Setelah terbuka halaman pengaturan pemberitahuan, lihat pada kolom ‘Kategori

Kebanyakan di situ tombolnya akan secara default berada pada posisi aktif (berwarna biru).

Om Bro perhatikan dengan seksama, kemudian pilih dan non-aktifkan tombol notifikasi yang sifatnya tidak kita perlukan, misalnya tombol notifikasi promo.

Penamaan tombol notifikasinya itu sendiri berbeda-beda pada tiap-tiap aplikasi. Ada yang bernama ‘Campaign Messages‘, ‘General‘, ‘Lain-lain‘, ‘Promo‘ dan sebagainya.

Non-aktifkan tombol-tombol tersebut.

Tapi jangan langsung Om/Sist non-aktifkan semua tombolnya. Cukup non-aktifkan tombol yang sudah Om/Sist yakini saja.

Untuk tombol yang belum Om/Sist yakini, jangan dulu Om/Sist non-aktifkan. Tunggu jika nanti masih ada notifikasi menjengkelkan yang masuk, barulah coba setting ulang lagi, cari yang mana yang seharusnya Om/Sist off-kan.

Kenapa tidak boleh langsung kita off-kan semua?

Karena kadang sebagian dari notifikasi tersebut, kita butuhkan. Misale untuk aplikasi marketplace, jelas kita butuh notifikasi untuk chat yang sedang kita lakukan dengan penjual / pembeli.

Resiko jika kita off-kan semua tombol, maka kita bakal tidak tahu ketika ada pesan (chat) masuk.

Alternatif Pemilihan Penonaktifan

Untuk lebih mudahnya, lakukan pengaturan tersebut saat ada notifikasi masuk dari aplikasi yang hendak Om/Sist setting.

Jadi ketika ada notifikasi masuk, Om/Sist jangan dulu buka atau tutup notifikasi tersebut. Biarkan notifikasinya ada, kemudian lakukan pengaturan sesuai dengan langkah-langkah tadi.

Saat Om/Sist melakukan pengaturan, ketika Om/Sist meng-off-kan tombol yang benar, maka notifikasi tersebut pun akan hilang dengan sendirinya.

Jika notifikasinya tidak hilang, maka itu berarti Om/Sist salah pilih tombol. Aktifkan kembali tombol yang salah itu, kemudian coba off-kan tombol yang lain sampai Om/Sist temukan tombol yang tepat.

Satu hal lagi. Ketika aplikasinya baru Om/Sist instal, kolom kategori notifikasi belum akan muncul. Adanya kolom kategori baru muncul setelah aplikasi pernah mengirim notifikasi. (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *