Beranda » Tips » Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung: Internet Kencang Terus

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung: Internet Kencang Terus

4G LTE Switcher

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Sebelum ini saya sudah pernah ngulik cara mengunci jaringan 4G Samsung J2 dengan langkah manual melalui dial *#0011#. Tapi saya rasa ribet langkah-langkahnya. Akhirnya saya lari saja ke Playstore, cari aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu niatan saya.

Langkah yang saya gunakan ini bukanlah cara agar jaringan 4G full. Bukan begitu maksudnya Om.

Maksud mengunci jaringan 4G di Samsung ini adalah untuk memaksa supaya koneksi internet kita tetap berada pada jaringan 4G LTE dan tidak berpindah pada 3G/HSPA/H+, atau bahkan EDGE/2G. Yang artinya ialah bahwa aplikasi ini hanya dapat bekerja pada area yang tercover jaringan 4G saja, meskipun kekuatan jaringannya lemah.

Artinya ada, tapi lemah.

Pada kondisi seperti itu, ketika suatu area jaringan 4G’nya lemah, maka ponsel akan secara otomatis menyambungkan jaringan data kita ke level yang lebih rendah.

Jadi kalau sinyal 4G area Om/Sist lemah, maka ponsel akan secara otomatis memindahkan jaringan internet kita ke 3G atau bahkan 2G. Maka jika kita ingin jaringan internet kita tetap ada pada jaringan 4G, jelas kita harus menguncinya.

Nah. Untuk dapat mengunci jaringan 4G, kita harus menggunakan cara khusus, karena setting bawaan pabrikan ponsel tidak menyediakan cara untuk mengunci jaringan 4G.

Betul Om. Semua ponsel sampai saat ini baru menyediakan setting otomatis saja. Karena itulah jaringan akan secara otomatis turun ke level yang lebih rendah ketika sistem ponsel menilai bahwa jaringan 4G yang tersedia tidak begitu kuat.

Padahal setelah saya jajal, selemah-lemahnya jaringan 4G tetap masih tetap lebih cepat ketimbang jaringan 3G atau yang lebih rendah. Begitu sepengalaman saya selama menggunakan jaringan internet paket Telkomsel.

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Nah, seperti yang sudah saya singgung barusan, sebelum ini saya sudah pernah menjajal mengunci jaringan 4G Samsung J2 Prime dengan cara manual *#0011#. Namun cara tersebut saya anggap ribet. Maka saya cari cara lain dengan aplikasi pihak ketiga yang saya dapat melalui Google PlayStore.

Tapi sebelum kita masuk pada langkah-langkah cara mengunci jaringan 4G agar tidak berubah, sebaiknya Om/Sist fahami dulu beberapa catatan berikut ini.

  • Aplikasi yang saya gunakan adalah ‘4G LTE Switcher

Ada banyak sih aplikasi serupa yang bisa Om/Sist dapatkan melalui PlayStore. Om/Sist bisa pilih aplikasi lain yang serupa jika tidak cocok dengan aplikasi ini.

  • Ketika Om/Sist mengunci jaringan pada sinyal 4G, maka nomor ponsel yang Om/Sist gunakan untuk koneksi internet akan tidak bisa untuk menelepon ataupun menerima telepon

Hanya bisa Om/Sist gunakan untuk koneksi internet dan kirim-terima SMS saja.

Betul Om. Hingga saat ini jaringan 4G Indonesia belum bisa berjalan bersamaan dengan panggilan telepon. Karena itulah setting bawaan ponsel secara default belum ada pilihan untuk mengunci jaringan 4G saja. Yang ada hanya pilihan ‘Sambung Otomatis’.

Dengan pilihan sambung otomatis, maka setting ponsel akan secara otomatis beralih pada 3G/H+/2G ketika ada panggilan telepon masuk atau keluar. Karena hanya dengan jaringan-jaringan tersebutlah panggilan telepon dapat berjalan bersamaan.

Harus Tercover Jaringan 4G
  • Tehnik mengunci jaringan 4G ini hanya akan bekerja pada area yang tercover sinyal 4G LTE, meskipun jaringan 4G-nya lemah

Cara ini tidak akan bekerja jika area Om/Sist sama sekali tidak tercover jaringan 4G.

  • Metode penguncian jaringan 4G ini amat bermanfaat ketika Om/Sist memiliki kuota 4G yang tidak pernah terpakai gegara area Om/Sist hanya tercover jaringan 4G yang lemah
  • Cara apa pun tidak akan bekerja jika pada dasarnya smartphone milik Om/Sist belum mendukung jaringan 4G

Jadi pastikan dulu bahwa ponsel Om/Sist memang telah mendukung jaringan 4G.

  • Aplikasi pihak ketiga yang saya gunakan ini tidak mendukung semua ponsel

Jadi Om/Sist jajal download saja, nanti lihat apakah ponsel Om/Sist terdukung atau tidak.

Jika tidak terdukung, Om/Sist bisa mencoba aplikasi lain yang serupa.

Saya menggunakan Samsung J2 Prime dan hasilnya lancar jaya.

Saya juga menggunakannya pada Samsung J4, Samsung Galaxy J1 Ace serta Samsung M11 dan hasilnya juga lancar.

  • Karena masalah jaringan 4G yang tidak sejalan dengan jalur telepon, maka cara ini hanya cocok untuk Om/Sist gunakan pada situasi urgent saja, yaitu jika jaringan 4G area Om/Sist memang lemah dan perlu Om/Sist kunci

Sedangkan untuk wilayah yang punya koneksi 4G bagus, maka Om/Sist tidak perlu menguncinya. Biarkan saja jaringannya berjalan secara otomatis sesuai dengan standar setting bawaan ponsel.

Hokeh, Kalau Om/Sist sudah yakin mau menjajalnya, kita cekidot bae langsung ke TKP.

Cara Mengunci Jaringan 4G Android Samsung J2 Prime dan Lain-lain

Sekali lagi saya katakan, langkah-langkah ini saya susun dari Samsung J2 Prime. Maka untuk merk dan model lain, monggo Om/Sist berimprovisasi saja.

  • Pertama Om/Sist download dulu aplikasi ‘4G LTE Switcher’ melalui PlayStore
  • Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasinya

Akan ada banyak keterangan data yang saya tidak faham artinya, salah duanya adalah nomor IMEI ponsel dan nama operator provider yang kita gunakan. Selebihnya Om/Sist lihat sendiri saja. Saya ngga banyak faham dengan semua data-data yang muncul.

Pokoke intinya pada halaman ini Om/Sist scroll ke bawah hingga Om/Sist menemukan kolom yang ada tanda panah dropdown.

Secara default, setting yang terpilih pada kolom tersebut adalah LTE/GSM auto (PRL).

Itu setting standar dari bawaan ponsel.

Untuk merubahnya, Om/Sist sentuh pada ‘icon tanda panah dropdown’ yang tersedia. Nanti akan muncul beberapa tombol pilihan, kemudian Om/Sist pilih tombol ‘LTE Only’.

Selesai.Mudah kan?

Sekarang koneksi internet Om/Sist tancap gas melalui jaringan 4G tanpa berpindah ke jaringan 3G atau pun 2G. (Bloglain).

10 tanggapan pada “Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung: Internet Kencang Terus”

    1. Ganti jaringannya ke jaringan semula. Sebelumnya posisi jaringan ada di posisi mana? Apakah LTE / UMTS auto prl ataukah atau LTE / GSM auto prl.

  1. Punya saya samsung j2 core , android versi baru di update , tapi 4g lite switcer nya tidak berpengaruh, bisa bantu saya ? Ini wa saya 085822781461

  2. Om masih pakai samsung J4 apa sudah upgrade hp samsung yang baru heheh ?

    Saya pakai J4 masih lancar lancar saja ya om. Mau upgrade kok masih eman soale J4 dapat android 10. Kalau mau upgrade hp samsung yang android 11 kok rasane nanggumg. Cuma selisih 1 version android saja. Meskipun nanti android 11 e samsung dapat upgrade jadi android 13 heheh.
    Apa nunggu hp 5G harga terjangkau dari samsung ae ya .

    Oya j2 prime om kalau di charger apa bisa sampai 100% ? Dulu sebelum pakai J4. Saya pakai J2 prime kalau di charger kok memtok di 89-91% saja. Sekarang hp nya sudah di simpen di lemari.

    1. J4’nya sekarang dipake anak sulung saya. Saya pake Samsung M11.

      Iya Om, nanggung. Antara Android 10 ke Android 11, perbedaannya ngga signifikan.

      Sy sih setuju. Kalo ngga urgent, kaya’nya mendingan nunggu yang 5G masuk ke kelas entry level. Sekalian nunggu jaringan 5G’nya optimal juga.

      Terus yang J2 Prime dipake anak bungsu saya. Sejauh ini sih charging masih aman sampai 100%. Iya sih kalo dihitung kapasitas total 100%’nya itu udah ngga sampe 2600 mAh lagi. Wajar Om, faktor usia.

      Saya pake aplikasi ACCU Battery untuk memantau kondisi baterai dan proses charging.

      1. Iya. Om Saya dulu berpendirian setiap 3 android version baru upgrade smartphone.
        -Dulu galaxy ace 3 jellybean upgrade ke j2 prime marsmalow
        -J2 prime rencana upgrade ke Galaxy A20 pie. Cuma karena A20 pakai baterai tanam makannya pilih J4 oreo (downgrade 1 version dari pie ) karena saya lebih suka baterai lepas sebenar nya. Dan syukurlah si J4 dapat upgrade sampai android 10.
        -muncul galaxy M12 sempat tergiur pingin upgrade tapi saya pikir pikir lagi itu android version nya juma selisih 1 version sama J4 (android 10 dan 11) rasanya nanggung banget. Makannya saya tahan dulu hehehe. Mungkin saja galaxy M13 rilis nanti android 12 + sudah 5G. (Atau Galaxy M14 android 13 heheh masih lama)
        – biasanya saya kalau aplikasi bawaan yang enggak di pakai saya hapus pakai ADB di laptop om. Supaya hp nya enggak lemot software nya.

        1. Sip. Mantap Om. Sy juga selalu hapus / disable aplikasi bawaan yang ngga perlu. Jadi sisa memorinya lega. Tapi sy hapusnya ngga pake tools sih. Cuma seadanya saja, yang bisa dihapus dan di nonaktifkan. Sisa’nya sy biarkan saja. Yang penting kinerja hp sudah lancar, ngga kepenuhan memori internal dan RAM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *