Beranda » Lain-lain » Cara Mengobati Biduran pada Anak dengan Air Kelapa

Cara Mengobati Biduran pada Anak dengan Air Kelapa

Biduran alergi

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Alergi dingin adalah suatu reaksi berlebih dari tubuh terhadap cuaca dingin extrim. Gejala umum yang terjadi adalah keluar bintik-merah (bentol) pada kulit yang membesar dan semakin melebar (mirip gatal karena ulat bulu). So, inilah cara mengobati biduran pada anak.

Pada umumnya alergi dingin atau biduran lebih sering menyerang anak-anak. Tapi meskipun begitu biduran juga bisa menyerang orang dewasa.

Anak pertama saya saat berumur 4 tahun pernah mengalami alergi dingin.

Kondisi anak saya yang terserang biduran tersebut telah membuktikan bahwa alergi dingin dapat menurun pada anak.

Yup. Saya juga pernah setidaknya 3 kali terserang biduran.

Alkisah

Tahun 2017 lalu adalah kali kedua anak sulung saya terkena biduran, setelah sebelumnya pada tahun 2013 saat ia belum genap 1 tahun, ia pun mengalami sakit yang sama.

Saat itu saya sempat bertanya pada dokter umum yang memeriksa anak saya, bagaimana caranya agar reaksi alergi pada anak saya tidak kambuh lagi?

Tapi seperti yang pernah saya tulis pada artikel sebelumnya, dokter pun tidak bisa menjamin kesembuhan total (selamanya). Hal itu karena alergi (khususnya alergi dingin) ialah lebih pada kelainan genetika daripada sebuah penyakit.

Pada tahun 2017 itu, reaksi alergi pada anak saya kambuh setiap menjelang tengah malam. Jadi saya tidak berani mencoba metode mandi air hangat seperti yang sudah saya lakukan sebelumnya dan berhasil dengan baik.

Setelah beberapa malam berlangsung seperti itu, pada esok harinya saya bawa anak saya ke bidan untuk mendapatkan obat anti-alergi.

Beberapa hari kemudian obat habis, tapi anak saya belum kunjung sembuh.

Selanjutnya saya bawa anak saya ke Puskesmas Cisaga – Ciamis, tapi malam hari setelahnya anak saya masih mengalami reaksi alergi.

Total sudah 10 malam anak saya menderita gejala alergi.

Cara Mengobati Biduran pada Anak dengan Air Kelapa

Esok harinya saya menuju ke rumah orang tua saya di Langensari, Banjar untuk minta kelapa muda dan dapatlah 16 butir.

Setelah itu saya pulang ke Cisaga dan pada hari itu juga saya berikan air kelapa muda pada anak saya 3 kali sehari.

Hasilnya?

Malam itu juga anak saya langsung tidak lagi mengalami gejala alergi.

Selanjutnya saya terus berikan air kelapa pada anak saya terus 3 kali sehari sampai 16 butir kelapa itu habis.

Pantangan Saat Terserang Biduran?

Menurut apa yang pernah saya alami, alergi dingin tidak ada pantangan apa-apa pada makanan.

Tapi dari hasil konsultasi saya dengan dokter dan bidan, sebaiknya orang yang tengah menderita alergi dingin jangan dulu mengkonsumsi makanan yang dapat memicu reaksi alergi, seperti telur, ikan, daging ayam dan makanan-makanan berbau amis lainnya.

Ada satu catatan lagi yang saya anggap sangat penting.

Pada zaman dahulu, orang-orang tua kampung saya melarang orang yang sedang menderita alergi dingin untuk mandi, bahkan tidak boleh keluar rumah lantaran angin mereka anggap dapat memperparah reaksi alergi.

Tapi dari pengalaman saya pribadi, saya justru sembuh dari reaksi alergi dingin dengan cara mandi air hangat. Logikanya, dengan tidak mandi, kita malah justru akan semakin gatal lantaran badan kita kotor oleh keringat dan sebagainya.

Kesimpulan

Begitulah cara mengobati biduran secara alami pada anak.

Mengenai khasiat mandi air hangat dan khasiat air kelapa, tidak banyak yang saya ketahui. Jadi tulisan ini murni hanya sekedar sharing pengalaman tanpa bermaksud menggurui siapapun. (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *