Cara menghemat data di hp samsung

Cara Menghemat Data di hp Samsung Sekaligus Hemat Baterai

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian…!! Bagi Om/Sist yang mobilitasnya tinggi dengan ponsel, perlu kiranya mengetahui cara menghemat data di hp Samsung. Karena dengan metode ini, kita bukan hanya “ngirit” data internet, namun juga membuat konsumsi baterai menjadi lebih irit pula.

Apa hubungannya??

Ada Om…

Ketika data seluler selalu on, maka konsumsi daya baterai menjadi lebih tinggi secara konstan. Sebaliknya jika paket data dibatasi, maka konsumsi baterai pun menjadi lebih hemat.

Saya sudah membuktikannya sendiri… Dengan mengaktifkan mode hemat data, daya baterai ponsel Samsung J4 milik saya jadi mampu bertahan lebih lama dibanding ketika saya mematikan hemat data.

Teknisnya bagaimana??

Prosedur hemat data yang dijalankan oleh smartphone Samsung adalah dengan membatasi data latar belakang. Artinya sistem ponsel akan memblokir semua akses internet dari aplikasi yang sedang tidak kita gunakan. Dengan kata lain, hanya aplikasi yang sedang kita gunakan saja yang boleh mengakses data internet.

Lantas bagaimana dengan aplikasi yang harus selalu berjalan di latar belakang seperti aplikasi chatting, misale WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, Line, dan lain-lain??

Om Sist ngga usah khawatir. Kita bisa membuat pengecualian. Jadi aplikasi-aplikasi penting yang memang harus selalu stand by on internet, kita buat mereka tetap stand by sebagaimana mestinya.

Cara Menghemat Data di hp Samsung

Langkah ini saya susun dari ponsel Samsung J4 dengan sistem operasi Android 9 Pie.

  • Pertama Om/Sist buka menu ‘Pengaturan’, terus pilih ‘Perawatan Perangkat’

Cara menghemat data di hp samsung

  • Selanjutnya di bar menu bawah, akan tampil menu-menu:
  1. Baterai
  2. Penyimpanan
  3. Memori
  4. Keamanan
  5. Hemat data ultra

Nah, Om/Sist pilih ‘Hemat Data Ultra’

  • Pada halaman selanjutnya, geser tombol ‘Tidak Aktif’ (berwarna putih) sehingga menjadi ‘Aktif’ (berwarna biru)

Sekarang semua aplikasi tidak bisa mengakses data internet melalui latar belakang. Artinya kuota internet Om/Sist jadi lebih irit.

Tapi seperti yang sudah saya sebutkan di atas, pada kondisi ini aplikasi perpesanan semisal WhatsApp pun jadi ikut terblokir. Jika dibiarkan, maka tidak akan ada notifikasi ketika ada chat masuk via WA dan sebagainya.

Untuk mengijinkan WhatsApp supaya tetap stand by di latar belakang seperti biasanya, sentuh ‘icon plus (+)’ yang berjajar enam di area bawah.

  • Selanjutnya akan muncul jajaran aplikasi yang tersedia, dan sentuh pada ‘icon WhatsApp’

Maka WhatsApp akan segera masuk ke daftar ‘Data Latar Belakang Terbatas’ dan dapat menerima notifikasi pesan seperti biasa.

Tambahkan lagi jika masih ada aplikasi chat atau aplikasi lain yang harus selalu stand by on internet. Om/Sist bisa menambahkan hingga 6 aplikasi disini, sesuai dengan jumlah tanda plus (+) yang tersedia.

Untuk menghilangkan notifikasi hemat data alias menonaktifkan fungsi tersebut, caranya tinggal menggeser bar notifikasi, kemudian pada bar ‘Mode Ultra Hemat Data’, pilih tombol ‘Nonaktif’.

Atau bisa juga melalui menu ‘Pengaturan’ seperti langkah aktifasinya tadi.

Hokeh, begitulah cara saya menghemat kuota internet dan daya baterai di Android Samsung J4 milik saya. (Bloglain).

Cara Mengaktifkan Dark Mode di hp Samsung dengan Mudah

Cara Mengatasi HP Lemot dan Macet pada Samsung J Series

Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi Android 9 Samsung J4

Cara Menghemat Baterai Samsung J4 Android Pie

Cara Setting Kamera Samsung J4 pada Beberapa Kondisi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *