Samsung Galaxy J2 Prime

Cara Mengembalikan Tampilan Awal Samsung J2 Prime

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Awalnya istri yang suka mereka-reka layar hp. Tapi pas saya tukeran hp sama istri, saya mencari cara mengembalikan tampilan awal Samsung J2 Prime yang sekarang saya pakai. Soale saya mah simple Om. Ngga suka reka-reka neko-neko tampilan yang aneh-aneh. Yang penting fungsinya sama.

Iya memang beda sih. Namanya pria dengan wanita tentu beda selera. Istri lebih suka tampilan unik, sedangkan saya lebih suka setting default.

Sebenarnya kita bisa saja merubah tampilan layar dengan memindahkan menu satu-persatu. Tapi dengan cara itu prosesnya jadi lebih lama. Jadi saya mencari cara yang lebih praktis dengan sekali setting.

Yup. Bener pisan Om. Cukup dengan satu pengaturan, tampilan menu halaman depan ponsel saya sudah kembali ke nilai standar pabrikan, tanpa harus melakukan reset factory setting alias reset data pabrik.

Hokeh. Begini langkah-langkah cara mengembalikan tampilan menu Samsung J2 Prime.

Cara Mengembalikan Tampilan Awal Samsung J2 Prime

Samsung Galaxy J2 Prime
Samsung Galaxy J2 Prime
  • Pertama, Om/Sist buka menu ‘Pengaturan’, kemudian pilih menu ‘Aplikasi’

Pada Samsung Galaxy J2 Prime, beberapa aplikasi system (aplikasi bawaan pabrik) secara default tidak muncul alias tersembunyi. Mungkin maksudnya demi menjaga keamanan dari resiko error akibat terhapus tidak sengaja.

Namun dalam hal cara mengembalikan tampilan hp Samsung J2 Prime, aplikasi yang akan kita kembalikan ke nilai default merupakan salah satu dari aplikasi system. Maka pada tahap ini kita harus munculkan terlebih dahulu aplikasi tersebut.

Caranya.
  • Pilih icon ‘Titik Tiga’ yang ada pada sudut kanan atas tampilan layar
  • Setelah itu akan muncul beberapa pilihan, maka Om/Sist pilih pilihan ‘Tampilkan Aplikasi Sistem’

Setelah itu berarti semua aplikasi sistem yang tersembunyi telah muncul.

Scroll ke bawah hingga Om/Sist menemukan aplikasi ‘TouchWiz Depan’ dan sentuh pada aplikasi tersebut.

Note

‘TouchWiz Depan’ adalah aplikasi peluncur bawaan pabrikan. Pada aplikasi pihak ketiga, peluncur semacam ini biasanya mendapat nama dengan ejaan Bahasa Inggris bernama ‘Launcher’

  • Setelah aplikasi ‘TouchWiz Depan’ terbuka, pilih menu ‘Penyimpanan’
  • Setelah terbuka halaman penyimpanan, pilih tombol ‘Hapus Data’

Bakal muncul peringatan bahwa seluruh data dalam aplikasi akan terhapus permanen.

Jangan khawatir, karena penghapusan tersebut justru akan mengembalikan setting ‘TouchWiz Depan’ pada nilai defaultnya. Yang artinya tampilan layar akan kembali seperti setting awal pabrikan. So, pada tahap ini Om/Sist pilih tombol ‘Hapus’.

Selesai. Begitulah cara mengembalikan tampilan semula Samsung J2 Prime. Gampang pisan kan Om? (Bloglain).