Kolom komentar wordpress

Cara Mencari Backlink Berkualitas Secara Sah untuk SEO Blog

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian…!! Salah satu upaya untuk meningkatkan ranking blog adalah dengan cara mencari backlink berkualitas. Tapi disayangkan, banyak panduan di internet yang sekarang sudah kadaluarsa… Sementara tutorial yang masih berlaku dan efektif, langkah-langkahnya cenderung sulit dijalankan… Utamanya oleh blogger-blogger pemula.

Akibatnya, banyak diantara mereka yang merasa gagal, kemudian berhenti dari aktifitasnya sebagai blogger. Padahal Om,, cara mendapatkan banklink berkualitas, tidaklah terlalu sulit jika Om/Sist tetap tekun menulis dan rajin update blog.

Artinya apa…??

Artinya adalah, percuma saja Om/Sist mengetahui cara mencari backlink dofollow, mengetahui cara mencari backlink yang bagus dan sebagainya, jika blog Om/Sist sendiri jarang update.

Memang sih bisa… Memang sih ada, blog yang jarang sekali update, tapi rankingnya tetap bagus. Tapi itu tehnik blogger super profesional yang sangat sulit ditiru oleh pemula…

Lah iya Om… Yang namanya pemula, boro-boro sampai harus menguasai tehnik yang njelimet seperti itu… Lah wong untuk menyusun kalimat dalam artikel saja kadang-kadang kepala sampai nyut-nyutan… Betul??

Lagi pula, tehnik blogging yang super rumit seperti itu pun kita tidak tahu seperti apa hasil akhirnya. Apakah dengan tehnik tersebut, penghasilan si blogger itu luar biasa??

Entahlah… Kita tidak pernah tahu…

Intinya, kalau ada tehnik yang sederhana dan mampu memberi penghasilan yang ideal, kenapa kita harus pakai cara yang rumit?? Betul??

Maka dari itulah saya susun tulisan ini, karena berdasarkan pengalaman praktek saya sendiri, hasilnya lebih dari lumayan.

Setidaknya saya mampu meraih penghasilan yang cukup ideal untuk menafkahi diri saya sendiri, seorang istri dan tiga orang anak.

Jadi, bagaimana cara mencari backlink yang baik, tapi tidak terlalu rumit??

Hayu atuh kita cekidot bae Om…

Cara Mencari Backlink Berkualitas

Cara Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas dengan Tehnik Sederhana

Dari pengalaman saya, ada dua cara yang paling mudah namun terbukti efektif. Pertama ialah dengan cara berkomentar di blog-blog besar dan yang kedua adalah dengan membuat artikel kompilasi tentang blogger lain…

Mendapat Backlink dari Komentar di Blog Lain

Tapi ada satu hal yang wajib pisan Om/Sist ingat, bahwa banyak orang yang melakukan kesalahan besar dalam berkomentar di blog orang lain…

Kesalahan itu ialah dengan menyertakan link aktif ke artikel mereka, saat berkomentar di blog-blog besar.

Akibatnya apa??

Akibatnya, jika si admin blogger besar itu seorang yang “pelit” dan parnoan, maka sudah barang tentu komentar Om/Sist bakal di blokir, atau bahkan dimasukkan ke dalam kotak spam.

Sedangkan jika admin blog besar itu seorang yang murah hati, maka komentar Om/Sist akan diijinkan dan di publikasikan olehnya…

Tapi,, meski di ijinkan dan di publikasikan, cara berkomentar seperti itu tidaklah akan mendatangkan backlink yang berkualitas. Salah-salah, mesin pencari seperti Google dan Bing justru akan menganggap blog Om/Sist sebagai spam… yang akhirnya, bukan mendapat kenaikan ranking, blog Om/Sist malah akan ditenggelamkan dari hasil pencarian Google.

Jadi, bagaimana cara berkomentar yang baik dan benar serta bisa mendatangkan backlink berkualitas??

Caranya adalah… Om/Sist cari blog besar yang di bagian komentarnya menyediakan kolom untuk mengisi url blog bagi komentator (usahakan blognya satu niche / satu tema dengan blog Om/Sist).

Kolom komentar blogspot

Nah, di dalam kolom-kolom itulah nantinya Om/Sist masukkan nama, email (jika diminta) dan alamat / url blog Om/Sist.

Kolom komentar wordpress

Note:

Istilah di kolom komentar tiap-tiap blog bisa berbeda-beda,, tergantung hostingnya (WordPress atau Blogspot) dan tergantung theme / themplate yang digunakan oleh blog tersebut. Ada yang kolom isiannya dinamakan ‘Situs Web’, ada juga yang dinamakan ‘URL’.

Cari sebanyak banyaknya blog besar yang kolom komentarnya seperti itu, kemudian berkomentarlah di blog-blog tersebut.

Tapi ingat…!! Berkomentarlah secara baik. Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel… dan gunakan bahasa yang sopan agar pemilik blog tersebut tidak menganggap komentar Om/Sist sebagai spam.

Ingat juga, jangan terlalu sering berkomentar di satu blog. Dikhawatirkan nanti bot Google dan sebagainya pun justru akan menganggap Om/Sist sebagai spam.

Cukup seminggu sekali, dua minggu sekali atau bahkan sebulan sekali Om/Sist berkomentar di blog-blog besar tersebut.

Satu hal lagi… Jangan memasukkan link aktif pada bagian teks komentar. Cukup dari kolom ‘Situs Web’ atau ‘URL’ saja kita dapat backlink-nya.

Memasukkan link di area teks komentar, justru akan membuat komentar Om/Sist dianggap sebagai spam.

Hokeh,, selesai perkara komentar, sekarang kita bahas perkara artikel kompilasi…

Mendapat Backlink dari Artikel Kompilasi

Artikel kompilasi adalah artikel kumpulan tentang sesuatu hal…

Nah, kompilasi yang saya maksud adalah kompilasi tentang para blogger profesional.

Misalnya:

10 Blog Bisnis Terbaik di Indonesia

atau

15 Blog Wisata Paling Populer di Indonesia

atau kumpulan blog-blog lainnya…

Sebisa mungkin artikel kompilasi tersebut ialah blog-blog yang satu niche dengan blog Om/Sist.

Teknisnya adalah,, Om/Sist kumpulkan data blog siapa saja yang akan Om/Sist buat sebagai artikel kompilasi…

Pastikan semua blog yang Om/Sist kumpulkan adalah blog-blog populer.

Kemudian cari alamat email / kontak dari admin blog-blog tersebut.

Selanjutnya, tulis artikel kompilasi tentang mereka.

Setelah selesai, hubungi para admin blog-blog tersebut melalui email atau kontaknya.

Di dalam email tersebut, sertakan url / link dari artikel kompilasi yang telah Om/Sist tulis. Minta mereka untuk meninjau artikel yang Om/Sist tulis… Bila perlu, minta mereka untuk mengoreksi jika ada kesalahan dalam penulisan artikel Om/Sist.

Katakan bahwa di dalam artikel tersebut ada bahasan tentang dia atau blognya.

Dengan begitu, biasanya mereka pada admin akan masuk ke blog Om/Sist dan akan berkomentar disana.

Pada saat berkomentar, biasanya para blogger senior tersebut akan meninggalkan link blog miliknya. Maka dari situlah Om/Sist akan mendapat backlink yang berkualitas.

Bahkan bukan tidak mungkin artikel kompilasi punya Om/Sist akan di share oleh mereka para admin… ke akun sosmed mereka masing-masing.

Hasilnya??

Luar biasa Om…

Dulu saat pertama kali saya menjajal cara itu… kemudian mereka para admin berkomentar di blog saya… praktis dalam beberapa hari saja visitor blog saya melonjak hingga 5 kali lipat dari biasanya.

Meskipun di hari-hari berikutnya jumlah visitor kembali turun, tapi hasil akhirnya tetap lebih baik dibanding jumlah visitor saat saya belum menulis artikel kompilasi.

Dan setelah itu, perlahan tapi pasti, jumlah visitor saya merangkak naik dengan pergerakan yang stabil.

Saat itu saya masih seorang part time blogger… Saya masih sambil menekuni pekerjaan lain selain blogging.

Memasuki tahun 2018, traffik blog semakin meningkat… Aktifitas blogging saya semakin sibuk, hingga akhirnya saya menjadi seorang full time blogger…

Hokeh Om… Begitulah kisah saya bersama salah satu blog saya yang kini saya hosting di WordPress self hosted.

Kedua cara tersebut terbukti efektif sebagai cara mendapatkan backlink dofollow yang berkualitas. Iya tentu dengan disertai tehnik-tehnik lain yang juga saya jelaskan di blog ini.

Tapi ingat…!! Backlink saja tidak akan cukup jika Om/Sist malas menulis / update blog. Jadi, teruslah tetap semangat. (Bloglain – Cara Mencari Backlink Berkualitas).

Moderasi Komentar Blog serta Hubungannya dengan Pembaca

Waktu yang Tepat untuk Posting Artikel Blog

Tinggalkan komentar