Cara Bayar KPR BTN Online Lewat Mobile Banking

Bloglain.com – Om Bro…!! Sebetulnya secara default, cara bayar KPR BTN online sudah otomatis melalui auto-debet rekening tabungan Batara. Namun begitu, saya termasuk orang yang tidak mudah merasa puas. Saya ingin mencari alternatif cara bayar angsuran KPR BTN yang lebih hemat alias lebih murah.

Lah iya Om… Tabungan Batara punya biaya admin bulanan sebesar Rp12.000. Ditambah lagi jika saldo tabungan berada di bawah angka minimum, maka kita kena biaya lagi Rp5.000.

Dan kebetulan saya ini hampir selalu punya saldo pas-pasan di dalam rekening bank BTN. Maka setiap bulan saya jadi kena biaya admin Rp17.000… yang artinya jadi Rp204.000 setahun.

Kan lumayan tuh Om… Duit segitu juga gede untuk orang sekelas saya mah…

Akhirnya saya memutar otak… Mencari cara pembayaran KPR Bank BTN dengan biaya se-murah mungkin… hingga saya memutuskan untuk membuat rekening e-Batara Pos yang merupakan hasil kolaborasi antara Bank BTN dengan Pos Indonesia.

Memang sih ada kelemahannya, bahwa saya jadi tidak mendapatkan fasilitas auto-debet, lantaran fitur tersebut hanya bisa disisipkan pada rekening Tabungan Batara yang standar.

Tapi pun begitu, e-Batara Pos memiliki fasilitas mobile banking dan mesin ATM yang sama dengan Tabungan Batara standar BTN. Yang artinya, kita bisa mendapatkan cara bayar KPR BTN lewat mobile banking dengan biaya minimal.

Iya Om… e-Batara Pos punya biaya admin bulanan hanya Rp4000, bahkan gratis jika saldo tabungan berada di atas Rp1 juta. Lumayan kan Om…

Yo wiss, saya mulai mengabaikan cara bayar cicilan KPR BTN via auto-debet dari Rekening Tabuangan Batara yang biasa.

Selain itu, saya juga selalu mencairkan “upah” dari Google melalui Western Union di Kantor Pos. Jadi dengan adanya rekening e-Batara Pos, saya tidak harus mengambil uang tunai dari Western Union.

Saya bisa langsung memindahkan dana dari WU ke dalam tabungan.

Jadi lebih praktis kan Om…??

Begitulah… saya jadi mendapat dua manfaat sekaligus dari Tabungan e-Batara Pos. Yaitu dalam hal pembayaran KPR dan pencairan upah dari Google.

Iya sih upah saya belum cukup besar, tapi setidaknya lebih praktis dan lebih aman jika kita membawa rekening dan kartu ATM ketimbang membawa uang tunai. Betul Om…??

Lantas, bagaimana sih cara membayar cicilan KPR via mobile banking BTN…??

Om Bro…!! Artikel ini merupakan seri lanjutan dari tulisan saya sebelumnya… yaitu cara cek pembayaran KPR BTN online via mobile banking.

Cara Cek Pembayaran KPR BTN Online via Mobile Banking

Nah, jika di artikel tersebut saya hanya share “cara cek” jumlah tagihannya saja, maka di artikel ini saya lengkapi sampai pada melakukan pembayarannya.

Yo wiss… Ayo kita cekidot…

Cara Bayar KPR BTN Online Lewat Mobile Banking

  • Pertama-tama Om Bro buka dulu aplikasi BTN Mobile Banking, lalu sentuh tombol ‘Login

  • Setelah halaman ‘Login‘ terbuka, masukkan password BTN Mobile Banking kepunyaan Om Bro, lantas sentuh tombol ‘Login‘ pada sudut kanan-bawah
  • Setelah masuk ke halaman menu, sentuh pada menu ‘Pembayaran

  • Kemudian, pilih menu ‘Pembayaran Pinjaman

  • Di halaman ini Om Bro akan melihat kolom ‘Rekening Sumber

Jika Om Bro punya lebih dari satu rekening BTN yang terhubung, maka pilih kolom itu untuk memunculkan menu drop-down. Disana nanti Om Bro pilih rekening yang akan Om Bro gunakan untuk pembayaran.

Namun jika Om Bro hanya memiliki satu rekening saja, maka biarkan kolom tersebut. Aplikasi akan secara default menampilkan nomor rekening Om Bro yang telah terhubung dengan aplikasi mobile banking.

  • Pada kolom kosong di bawahnya, masukkan ‘Nomor Rekening Pinjaman‘ (nomor kontrak KPR).

Jika Om Bro belum tahu nomor kontraknya, maka tunda dulu pembayarannya. Datangi kantor Bank BTN terdekat, tanyakan nomor kontrak KPR Om Bro pada Customer Service BTN.

Atau Om Bro bisa juga telepon layanan Cusomer Service BTN pusat, tanyakan nomor rekening pinjaman Om Bro.

Jika nomor kontrak sudah diketahui, ketikkan nomornya di kolom itu.

Di bawah kolom kosong, ada kolom keterangan yang isinya ialah pilihan pembayaran ‘KPR Loan‘. Jadi Om Bro tidak perlu mengotak-atik apa pun. Kecuali jika nantinya ada pilihan pembayaran lain selain KPR Loan.

  • Pada kolom selanjutnya, jika nantinya Om Bro akan rutin membayar KPR dengan cara ini, maka sentuh tombol ‘NO‘ supaya berubah menjadi ‘OK‘ atau ‘YES

Kemudian pada kolom ‘Simpan dengan Alias‘, ketikkan nama yang Om Bro kehendaki.

  • Selanjutnya, sentuh pada tombol ‘Kirim
  • Jika Om Bro tidak mau menyimpan nomor kontrak KPRnya di aplikasi, maka Om Bro tidak perlu memilih tombol ‘NO‘ dan tidak perlu mengisi kolom ‘Simpan dengan Alias‘. Om Bro langsung saja memilih tombol ‘Kirim‘ setelah mengisi ‘Nomor Rekening Pinjaman
  • Setelah memilih tombol ‘Kirim‘, selanjutnya akan muncul tampilan tagihan, lengkap dengan nama dan jumlah tagihannya

Masukkan PIN, lalu pilih tombol ‘OK

Jika pembayaran berhasil, akan muncul notifikasi ‘Loan Payment…

Notifikasi tersebut akan secara otomatis tersimpan di dalam aplikasi.

  • Untuk melihat lagi notifikasi pembayarannya, Om Bro kembali ke halaman awal BTN Mobile Banking, kemudian pilih menu ‘Layanan Nasabah

  • Lalu pilih menu ‘Inbox‘. Disana akan terlihat notifikasi transaksi yang tersimpan.

  • Pilih pada area notifikasi untuk membuka dan melihat detail notifikasinya

  • Nah Om… Di atas tadi kan saya bahas perkara menyimpan nomor kontrak KPR di dalam aplikasi. Jadi, jika Om Bro lakukan langkah itu, maka Om Bro bisa melihat daftar nomor yang telah Om Bro simpan melalui menu ‘Pembayaran

  • Lalu pilih menu ‘Daftar Pembayaran‘.

Hokeh Om…?? Begitulah cara saya membayar cicilan rumah dengan biaya lebih murah.

Bodo amat jika saya dianggap ngirit, pelit, atau sejenisnya. Yang penting, selama ada cara yang murah, kenapa harus yang mahal…?? Betul…?? (Bloglain).

Cara Bayar KPR BTN Lewat ATM, Bisa Pakai Tabungan e-Batara Pos

Cara Bayar Denda KPR BTN via Mobile Banking

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *