Cara Bayar Denda KPR BTN via Mobile Banking, Mudah & Praktis

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Ada kalanya karena sesuatu hal, kita harus terlambat membayar cicilan rumah. Yang karenanya kita jadi harus terkena sanksi berupa denda keterlambatan. Nah, kali ini saya akan share cara bayar denda KPR BTN via mobile banking.

Sebenarnya ada banyak cara bayar denda KPR Bank BTN, diantaranya ialah melalui teller bank, melalui mesin ATM, dan melalui pihak ketiga yang telah bekerja sama dengan BTN, semisal Kantor Pos dan Alfamart. Namun disini saya hanya akan share salah satunya saja, yakni menggunakan fasilitas BTN mobile banking.

Yo wis kita cekidot langsung pada langkah cara bayar tunggakan KPR BTN beserta dendanya.

Cara Bayar Denda KPR BTN via Mobile Banking

  • Buka aplikasi BTN Mobile Banking, terus sentuh tombol ‘Login

  • Masukkan password, lantas sentuh pada tombol ‘Login‘ yang ada di sudut kanan-bawah tampilan aplikasi
  • Setelah muncul halaman menu, sentuh pada pilihan ‘Pembayaran

  • Terus, pilih pilihan ‘Pembayaran Pinjaman

  • Selanjutnya lihat kolom ‘Rekening Sumber

Abaikan kolom tersebut karena secara default kolom itu akan menampilkan rekening Om Bro yang terhubung pada mobile banking BTN.

Kecuali jika Om Bro punya lebih dari satu rekening yang terhubung, maka pilih salah satu rekening yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran.

  • Pada kolom kosong di bawahnya, masukkan ‘Nomor Rekening Pinjaman‘ (nomor kontrak KPR)

Jika Om/Sist belum tahu nomor kontraknya, maka tunda dulu pembayarannya. Tanyakan nomor kontraknya pada Cusomer Service BTN di kantor cabang ataupun via telepon.

Setelah nomor kontrak didapat, masukkan nomornya di kolom tersebut.

  • Di bawahnya lagi ada kolom keterangan ‘KPR Loan

Biarkan saja selama tidak muncul kata yang lain.

Di bawah kolom ‘KPR Loan‘, ada saran untuk menyimpan nomor kontrak Om/Sist di aplikasi. Tujuannya untuk memudahkan jika nanti Om/Sist akan melakukan lagi cara bayar KPR BTN online lewat mobile banking.

Cara menyimpannya ialah dengan memilih tombol ‘No‘ hingga berubah menjadi ‘OK‘ atau ‘Yes‘.

Terus pada kolom ‘Simpan dengan Alias‘, ketikkan nama yang Om/Sist kehendaki, misalnya ‘KPRBLOKJ8‘, ataupun nama lainnya.

  • Setelah itu sentuh pada tombol ‘Kirim
  • Sedangkan jika Om/Sist tidak berniat menyimpan nomor kontrak KPR di aplikasi, maka tidak perlu memilih tombol ‘No‘ dan tidak perlu mengisi kolom ‘Simpan dengan Alias

Langsung saja memilih tombol ‘Kirim‘ setelah mengisi ‘Nomor Rekening Pinjaman‘.

  • Selanjutnya akan muncul tampilan tagihan, lengkap dengan nama dan jumlah tagihannya.

Jumlah tagihan yang muncul ialah akumulasi cicilan KPR dan biaya denda. Artinya jika angsuran bulanannya telah Om Bro bayar, maka yang muncul disini adalah hanya besaran denda saja.

Sebaliknya, jika Om Bro belum membayar angsuran di bulan tersebut, maka Om Bro harus menghitungnya secara manual, yaitu jumlah total yang muncul, dikurangi jumlah angsuran (cicilan) bulanan.

Disini, pada mobile banking ini, Om Bro tidak bisa membayar denda dan cicilan bulanan secara terpisah. Jadi harus dibayar full sesuai nominal yang muncul.

Jika Om Bro ingin membayarnya secara terpisah (misalnya ingin membayar cicilannya saja atau hanya akan membayar dendanya saja), maka Om Bro harus melakukannya via mesin ATM atau melalui teller di kantor bank BTN. Saya sudah pernah menuliskan di blog ini tentang cara bayar denda KPR BTN di ATM.

Kembali ke langkah pembayaran.

  • Untuk melajutkan pembayaran, masukkan PIN, lalu sentuh tombol ‘OK
  • Jika pembayaran berhasil, maka akan muncul notifikasi ‘Loan Payment…’

Notifikasi tersebut akan secara otomatis tersimpan di dalam aplikasi.

Untuk melihat lagi notifikasi pembayarannya, kembali ke halaman awal BTN Mobile Banking, terus pilih menu ‘Layanan Nasabah

  • Setelahnya, lanjut pilih menu ‘Inbox

Terlihat notifikasi transaksi yang tersimpan. Sentuh untuk membuka dan melihat detail notifikasinya.

  • Sedangkan untuk melihat daftar nomor pembayaran yang tadi disimpan, caranya ialah dengan kembali ke menu awal, kemudian pilih menu ‘Pembayaran‘, lalu pilih menu ‘Daftar Pembayaran‘.

Hokeh Om. Begitulah cara bayar denda KPR BTN via mobile banking. (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *