Cara Aktifkan Debit Online BTN (Cara Daftar Debit BTN Online)

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Zaman semakin canggih. Sekarang belanja melalui situs e-Commerce tak lagi hanya bisa menggunakan kartu kredit saja, tapi sudah banyak pisan metode pembayaran yang tersedia. Nah, kali ini saya akan share cara aktifkan debit online BTN sebagai salah satu kanal yang bisa kita gunakan saat Om/Sist hendak berbelanja melalui Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain.

Om Bro! Meskipun secara default kita telah mendapat kartu debit beserta tabungan BTN yang kita miliki, namun kita musti faham cara mengaktifkan fitur debit online BTN. Soale secara default, kartu debit BTN yang kita miliki belumlah bisa kita gunakan untuk berbelanja melalui situs jual beli online. Kita harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya.

Kartu yang Bisa Debit Online

Satu hal lagi yang musti Om/Sist fahami ialah bahwa kartu debit yang bisa mendapatkan fitur debit online ialah kartu debit yang berlogo Visa atau Mastercard. (Di BTN ada Visa). Dengan kata lain, kartu debit yang berlogo GPN untuk saat ini belum mendukung fasilitas debit online.

Debit BTN Visa Batara Pos

Perbedaan Kartu Kredit dengan Debit Online

Kemudian lagi yang musti Om/Sist pahami ialah bahwa nantinya cara kerja debit online adalah mirip tapi beda dengan kartu kredit.

Maksudnya begini Om.

Transaksi menggunakan fasilitas debit online akan kena biaya sebesar 1.5% dari nominal yang kita bayar. Artinya Om/Sist akan kena biaya sebesar Rp1.500 untuk pembayaran sebesar Rp100.000, kena biaya Rp15.000 untuk pembayaran transaksi sebesar Rp1 juta dan seterusnya.

Jadi semakin besar nominal transaksinya, maka semakin besar pula biayanya. Pada bagian itulah letak kemiripan debit online dengan kartu kredit.

Sedangkan perbedaannya ialah, yaitu sesuai dengan namanya. Pada kartu kredit, judulnya Om/Sist ngutang ke bank. Bank yang membayar belanjaan Om/Sist, kemudian nanti pihak bank akan menagih ke Om/Sist. Sedangkan untuk debit online, maka sesuai dengan namanya, bahwa fasilitas tersebut adalah fasilitas debit.

Artinya, Om/Sist harus memiliki dana yang mencukupi dalam rekening bank yang bersangkutan untuk dapat melakukan pembayaran. Karena pembayarannya nanti melalui prosedur debet otomatis dari rekening tabungan yang terhubung dengan fasilitas debit online tersebut.

Satu hal lagi. Om/Sist juga musti tahu bahwa tidak semua bank memiliki fasilitas debit online. Tanyakan pada bank Om/Sist masing-masing, apakah bank Om/Sist punya fasilitas debit online atau tidak.

Yo wis. Sekarang kita anggap semuanya clear, jadi kita cekidot bae langsung pada cara daftar Debit BTN Online (via Mesin ATM).

Cara Aktifkan Debit Online BTN

  • Pertama, masukkan kartu ATM BTN VISA Om/Sist ke mesin ATM BTN, selanjutnya pilih Bahasa ‘Indonesia‘ saja, jangan pilih English lah, nanti ngga ngerti bahasanya; Wkwkwkwk!
  • Pada tampilan layar selanjutnya, masukkan PIN ATM Om/Sist
  • Kemudian pada jajaran menu yang tersedia, pilih menu ‘Transaksi Lainnya
  • Pada halaman berikutnya, Om/Sist pilih menu ‘Registrasi e-Channel
  • Lantas pilih ‘Debit BTN Online
  • Lalu pilih tombol ‘Pendaftaran
  • Kemudian masukkan nomor Handphone yang akan Om/Sist sambungkan dengan fasilitas debit online BTN milik Om Bro

Periksa baik-baik. Pastikan nomornya telah benar. Lanjut pilih tombol ‘Tekan Jika Benar‘.

  • Setelah itu akan keluar struk yang menyatakan bahwa ‘Pendaftaran Debit BTN Online Berhasil

Ambil dan simpan struk tersebut, barangkali nanti bakal Om/Sist butuhkan.

  • Jika sudah selesai dan Om/Sist tidak ingin melakukan transaksi lainnya, pilih tombol ‘Tekan Jika Tidak

Menurut petunjuk dari struk tersebut, Om/Sist baru akan bisa menggunakan fasilitas debit online BTN setelah 24 jam sejak pendaftaran selesai. Jadi tidak bisa langsung kita gunakan pada saat itu juga Om.

So, jangan dadakan kalo punya perlu bertransaksi menggunakan debit BTN online. (Bloglain).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *