Beranda » Financial » Review BCA Xpresi: Limit, Potongan, Saldo Minimal dll

Review BCA Xpresi: Limit, Potongan, Saldo Minimal dll

Kartu Debit BCA Xpresi

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Akhirnya saya buat review BCA Xpresi setelah sekira 3 tahun penggunaan.

Apa Itu Xpresi BCA?

BCA tahapan Xpresi adalah produk tabungan dengan biaya bulanan ringan.

Yup. Bukan tabungan yang benar-benar bebas biaya bulanan, tapi dengan biaya admin yang sangat terjangkau.

Apa Keuntungan Tahapan Xpresi BCA?

Tabungan ini memiliki integrasi pembayaran yang sangat luas, baik untuk belanja online maupun offline. Sesuai dengan kebiasaan rekening Tahapan BCA reguler yang merupakan salah satu tabungan transaksional dengan jangkauan sangat luas.

Limit Transfer BCA Xpresi

Untuk kartu debit MasterCard, limit transfer rekening ini adalah Rp50 juta ke sesama rekening BCA dan Rp10 juta ke rekening bank lain. Sedangkan limit tarik tunai dan transaksi debit, masing-masing Rp10 juta dan Rp25 juta. Nominal yang terbilang tinggi untuk ukuran sebuah rekening hemat dengan biaya administrasi bulanan cukup ringan.

Besaran nominal keempat limit tersebut dapat Om/Sist sesuaikan melalui aplikasi BCA Mobile Banking, yaitu pada menu ‘Akun Saya’ =>> ‘Atur Limit’

Berapa Potongan BCA Xpresi Perbulan?

Pada tahun 2018 lalu saya sempat menggunakan debit GPN. Ketika itu biaya administari bulanannya hanya Rp5000 saja.

Kemudian pada awal tahun 2021 saya berganti menggunakan debit MasterCard agar bisa menggunakan fasilitas debit online. Dan hingga saat saya menyusun tulisan ini, biaya admin bulannya sedikit naik menjadi Rp7500.

Masih tetap sangat murah.

Berapa Saldo Minimal BCA Xpresi?
Apakah Saldo BCA Xpresi Bisa 0?

Banyak orang mengira bahwa saldo rekening tabungan BCA bisa sampai nol Rupiah. Padahal sebenarnya tidak begitu.

Saldo minimum alias saldo mengendap tabungan BCA Xpresi adalah Rp10.000. Namun saldo mengendap tersebut tidak tampil pada aplikasi Mobile Banking maupun tampilan saldo melalui mesin ATM. Ia hanya akan muncul jika Om/Sist minta print rekening koran ke Customer Service Bank.

Jadi contohnya begini.

Misalnya pada saat pembukaan rekening, Om/Sist mengisi setoran awal sebesar Rp100.000, maka ada nilai Rp10.000 yang langsung disembuyikan oleh sistem BCA. Jadi jika saat itu juga Om/Sist langsung cek saldo via m-Banking atau mesin ATM, maka saldo yang akan tampil adalah hanya Rp90.000 saja.

Nominal Rp90.000 itulah uang yang bisa Om/Sist tarik atau untuk transaksi lainnya. Sedangkan nominal Rp10.000 yang tersembunyi, ia sudah mengendap selamanya. Tidak bisa kita tarik kembali.

Selanjutnya nilai Rp10.000 itu tidak akan pernah muncul lagi melalui tampilan mesin ATM dan m-Banking. Karena itulah banyak orang yang mengira bahwa saldo rekening BCA bisa sampai nol Rupiah. Padahal saat tampilan nol, aslinya ada nominal Rp10.000 yang tersembunyi.

Itu untuk rekening Tahapan Xpresi.

Sedangkan untuk tabungan BCA Tahapan reguler, nominal saldo mengendap yang tersembunyi adalah Rp50.000.

Apakah BCA Xpresi Ada m-Banking?

Ada Om. Justru fasilitas utama tabungan Tahapan Xpresi adalah aplikasi Mobile Banking. Karena ia tidak mendapat buku tabungan fisik seperti rekening Tahapan Konvensional.

Kekurangan BCA Xpresi

Tidak Ada Buku Tabungan

Bagi saya, ketiadaan buku tabungan fisik bukanlah masalah. Saya malah merasa praktis dengan hanya menggunakan kartu ATM dan aplikasi Mobile Banking saja.

Tapi bagi sebagian orang yang belum terbiasa dengan hal yang serba digital, ketiadaan buku tabungan fisik mungkin bisa menjadi poin minus.

Jika Om/Sist merasa harus ada buku tabungan fisik, berarti rekening Xpresi kurang cocok. Lebih baik Om/Sist upgrade Tahapan Xpresi ke Tahapan BCA reguler. Dengan konsekuensi biaya administrasi bulanan dan saldo mengendap yang lebih tinggi.

Bunga BCA Xpresi

Jika Om/Sist hanya akan menyimpan dana dalam jumlah sedikit, sebaiknya jangan mengharapkan nominal bunga tinggi dari rekening ini.

Saya sendiri cenderung memfungsikan rekening ini sebagai alat transaksi, bukan untuk menabung. Maka saya sama sekali tidak mengharapkan bunga dari dana saya yang hanya sedikit.

Saya tidak mencari referensi detailnya. Hanya sebagai gambaran saja, dari saldo rata-rata saya yang berada pada kisaran Rp1 – 2 jutaan, bunga yang saya dapat hanya Rp119. Kecil sekali. Bahkan Rp1000 pun tidak sampai.

Jadi ya jangankan untung, sekedar untuk menutup biaya administrasi bulanan pun tidak sampai.

Namun kita kembalikan lagi ke fungsi dan tujuan awal, bahwa rekening ini memang saya jadikan sebagai alat transaksi dan menyimpan uang aktif. Bukan uang pasif.

Desain Kartu BCA Xpresi

Desain kartu ATM Tahapan Xpresi tidaklah sama dengan kartu paspor BCA alias kartu debit Tahapan reguler.

Jika kebetulan Om/Sist suka dengan desain kartu debit Xpresi yang kekinian, mungkin Om/Sist akan merasa cocok. Namun untuk orang tua seperti saya, desain kartu Xpresi terkesan kurang elegan.

Tapi yang ngga apa lah. Yang penting fungsinya relatif sama dengan kartu Paspor BCA reguler.

Masa Aktif ATM BCA Xpresi

Masa berlaku kartu debit Xpresi tercetak pada sisi depan kartu, yaitu pada bagian ‘VALID THRU’.

Ketika pada awal 2021 saya berganti menggunakan debit MasterCard, masa berlaku kartu saya adalah hingga bulan November 2024.

Jika kita asumsikan kartu tersebut adalah cetakan tahun 2020, berarti masa berlaku kartu debit Xpresi adalah selama 4 tahun.

Setelah masa berlaku tersebut habis, kita harus mendatangi Customer Service BCA untuk menggantinya dengan kartu baru. (Bloglain).

1 tanggapan pada “Review BCA Xpresi: Limit, Potongan, Saldo Minimal dll”

  1. Meskipun demikian, jika mau menabung tetap ada aturan jumlah minimum uang yang akan disetor. Tahapan BCA menetapkan paling sedikit Rp50.000 dan Tahapan Xpresi juga tidak beda, sama-sama Rp50.000,00. Bagaimana jika di bawah itu? Kemungkinan tidak dilayani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *