Beranda » Lain-lain » 22 Aplikasi Google yang Penting untuk Smartphone Android

22 Aplikasi Google yang Penting untuk Smartphone Android

Aplikasi Google

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Sejak tumbangnya era kejayaan hp Java dan Symbian OS Nokia, platform ‘Robot ijo’ secara cepat naik menjadi sistem operasi terpopuler yang mengisi dunia fana ini. So, inilah beragam aplikasi Google yang penting untuk smartphone Android.

Keberhasilan Android menguasai dunia tentu tak lepas dari peran “Mbah Google”, kakek buyutnya yang sudah malang melintang mengisi dunia persilatan online selama puluhan tahun lamanya.

Salah satu kekuatan Google yang nyata dan terlihat adalah banyaknya produk yang tersedia untuk saling membantu satu sama lain. Bahkan bukan hanya produk buatan Google saja, namun juga aplikasi pihak ketiga yang banyak sekali tersedia dan dapat Om/Sist download dengan mudah melalui Play Store.

Beberapa aplikasi yang akan kita ulas kali ini sudah secara default terinstal dalam ponsel sejak dari pabriknya. Namun sebagian yang lain harus Om/Sist unduh terlebih dahulu dari PlayStore.

Aplikasi Google yang Penting untuk Smartphone Android

1. Aplikasi Google

Aplikasi Google adalah mesin telusur yang canggih dan cerdas.

Selain berfungsi sebagai mesin pencari, aplikasi Google juga menyajikan informasi lengkap seputar cuaca, berita olah raga, info film dan hiburan lainnya.

2. Google Chrome

Pada era kejayaan ponsel Java, Opera Mini pernah merajai dunia browser mobile. Tapi sepertinya sekarang keadaan sudah banyak berubah. Bahkan dari data blog saya, saya mendapati bahwa ada lebih dari 90% pembaca blog saya yang menggunakan browser Chrome versi Android.

Beberapa kelebihan yang Chrome tawarkan misalnya tampilan yang simple namun elegan. Lengkap dengan fitur penerjemah (translator) yang sudah terintegrasi, yang akan dengan mudah menerjemahkan setiap halaman web berbahasa asing yang Om/Sist kunjungi.

Selain itu, Google Chrome juga akan secara otomatis menempelkan thumbnail riwayat jelajah Om/Siat pada halaman depan sehingga Om/Sist akan dengan mudah membuka kembali halaman yang Om/Sist kunjungi.

Masih kurang?

Google Chrome juga memiliki fitur auto-complete saat Om/Sist mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian.

Masih kurang lagi?

Chrome juga dapat dengan mudah kita sinkronkan dengan semua perangkat, sehingga Om/Sist dapat dengan mudah login ke akun Google dengan perangkat lain.

Masih kurang lagi?

Tambahin sendiri aja. Wkwkwkwk!

3. Google Drive

Bagi Om/Sist yang memerlukan keleluasaan memori penyimpanan, Om/Sist dapat menggunakan aplikasi Google Drive untuk menyimpan data secara online.

Hampir semua jenis dokumen dapat kita simpan dalam Google Drive.

4. Google Foto

Selain Drive, Google juga menyediakan Google Foto untuk menyimpan data foto dan video secara online dengan kapasitas unlimited alias tak terbatas. Jadi dengan aplikasi ini, Om/Sist bebas menyimpan berapapun data foto dan video tanpa mengurangi kualitas foto dan video’nya itu sendiri.

5. Google Terjemahan (Translator)

Selain sudah terintegrasi secara otomatis pada Browser Chrome, Om/Sist juga dapat menggunakan aplikasi penerjemah secara terpisah.

Om/Sist dapat menerjemahkan ratusan bahasa pada mode online dan puluhan bahasa secara offline menggunakan aplikasi ini.

6. Google Keyboard

Walaupun secara default ponsel Android Om/Sist telah memiliki keybord, tapi dengan keyboard Google ini Om/Sist akan mendapat pengalaman yang berbeda.

7. Google Play Film

Om/Sist dapat dengan mudah memutar film yang Om/Sist beli / sewa dari PlayStore.

8. Google Street View

Aplikasi Android yang akan memudahkan Om/Sist menjelajah jalanan manapun.

9. Google Now Launcher

Karena Android dan Now Launcher adalah sama-sama milik Google, maka aplikasi peluncur ini adalah pilihan tepat untuk Om/Sist yang bosan pada launcher bawaan pabrikan.

10. Gmail

Seperti yang kita sekalian tahu, layanan email dari Google ini sekarang telah mendominasi seluruh dunia, menggulinggkan dominasi Yahoo! yang pernah sangat populer pada beberapa tahun silam. So, bagi Om/Sist yang sudah terbiasa menggunakan ismail.

Wkwkwkwk! Maksud saya email.

Maka Om/Sist akan mendapat kemudahan dengan menggunakan aplikasi Gmail ini.

Seperti pada tampilan web, Gmail Android ini juga memiliki kotak masuk yang teratur sesuai kriterianya (utama, sosial dan promosi).

Dengan kotak masuk teratur, maka Om/Sist akan dengan mudah mengakses setiap email masuk yang hendak Om/Sist buka.

Selain kotak masuk yang teratur, Gmail juga secara otomatis mendeteksi spam dan menyimpannya dalam folder khusus spam.

Keuntungan lain dari menggunakan aplikasi ini adalah Om/Sist dapat menyetel (memadukan) Gmail dengan layanan email Outlock, Yahoo dan layanan penyedia email lainnya.

Dan yang paling penting, Om/Sist akan mendapat kapasitas penyimpanan hingga 15 GB sehingga Om/Sist tidak perlu sering-sering menghapus email untuk mengosongkan memori penyimpanan.

11. Google Maps

Jika Om/Sist tidak mengenal aplikasi ini, berarti Om/Sist gaptek pisan. Wkwkwkwk!

Ini adalah aplilasi maps (peta) terbaik dan terlengkap yang tersedia melalui Play Store.

Dengan aplikasi Google Maps, Om/Sist dapat memilih tampilan peta atau tampilan foto satelite untuk memperjelas peta yang Om/Sist butuhkan.

12. YouTube

Siapa sih yang nggak kenal YouTube?

Yup. Situs berbagi video ini adalah yang terpopuler di seluruh dunia. Dan sekarang Om/Sist dapat dengan mudah menonton video dari YouTube tanpa harus memiliki komputer / laptop.

13. Google Berita dan Cuaca

Selain terintegrasi dengan aplikasi pencarian dan browser Chrome, Om/Sist juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk lebih update mengenai berita dan cuaca.

14. Google Dokumen

Seperti aplikasi Word milik Microsoft, Om/Sist juga dapat melihat, mengedit bahkan membuat file .doc dan docx menggunakan aplikasi ini.

Bagi mobile blogger seperti saya, aplikasi Google Dokumen ini juga sangat membantu dalam penulisan artikel secara offline.

Selain lebih cepat dan mudah, menulis secara offline juga lebih hemat kuota internet.

Wkwkwkwk! Ketauan ngiritnya.

Tak hanya itu, aplikasi Google Dokumen juga sangat bermanfaat untuk Om/Sist yang membutuhkannya untuk keperluan lain, umpamanya saja untuk membantu menulis lamaran pekerjaan dan sebagainya.

15. Google Penampil PDF (PDF viewer)

Jika Om/Sist membeli atau mendownload ebook dari internet, maka Om/Sist akan membutuhkan aplikasi ini untuk dapat membuka ebook tersebut. Hal itu karena ebook pada umumnya selalu ada dalam format PDF.

16. Google Duo

Om/Sist tentu sudah tidak asing dengan fitur video call yang tersedia pada WhatsApp dan aplikasi chating lainnya. Tapi Google Duo menawarkan pengalaman baru melakukan panggilan video dengan kualitas tinggi.

Bagaimana jika jaringan seluler lokasi Om/Sist kurang bagus?

Jangan khawatir. Om/Sist juga dapat menggunakan fitur voice call (panggilan suara) menggunakan aplikasi ini. Jadi seperti telfon biasa tapi melalui koneksi data internet.

Selain kelebihan-kelebihan tersebut, Google duo juga mendukung ponsel iOS sehingga Om/Sist akan tetap terhubung walaupun rekanan Om/Sist menggunakan iPhone.

17. Google Spreadsheet

Dengan aplikasi ini Om/Sist dapat membuka, mengedit bahkan membuat file excel baru.

Aplikasi Excel ini sangat berguna bagi Om/Sist yang harus menyelesaikan banyak tugas dari kantor. Selain itu aplikasi ini juga mendukung kemudahan menyisipkan semua rumus Excel seperti pada Microsoft Excel versi desktop maupun Android.

Selain untuk karyawan kantoran, aplikasi ini juga bermanfaat untuk pengusaha kecil yang membutuhkan sistem administrasi sederhana seperti saya.

18.Google My Maps

Jika Om/Sist merasa Google Street View dan Google Map masih kurang membantu, sebaiknya Om/Sist coba aplikasi ini.

Google My Maps akan memberikan kemudahan dengan cara membuat atau mengedit peta yang sudah ada, sesuai dengan kebutuhan Om/Sist masing-masing.

19. Android Device Manager

Om/Sist sekalian yang gemar menyimpan data-data penting dalam memori ponsel Android, sudah seharusnya Om/Sist memiliki aplikasi ini. Om Sist akan tetap aman jika suatu ketika ponsel Om/Sist hilang.

Dengan Android Device Manager, Om/Sist dapat melacak lokasi ponsel dan menghapus data-data penting melalui akun Google Om/Sist dari jarak jauh.

20. Wallpaper

Jika Om/Sist bosan dengan tampilan (wallpaper) ponsel yang gitu-gitu aja, maka sudah sepantasnya Om/Sist menggunakan aplikasi ini.

Dengan aplikasi Wallpaper dari Google, Om/Sist dapat dengan mudah memilih tampilan ponsel sesuai selera.

21. YouTube Creator Studio

Siapa bilang berkreasi melalui Youtube harus melulu menggunakan komputer PC? Dengan aplikasi Creator Studio, Om/Sist akan dengan mudah memonitor saluran (chanel), moderasi komentar serta mendapatkan notifikasi penting dari saluran Om/Sist sekalian.

22. Android TV Remote Control

Dengan memanfaatkan koneksi bluetooth, Om/Sist dapat mengendalikan TV Android menggunakan ponsel. (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *