Beranda » Tips » Apa Artinya Cache? Apakah Cache Harus Dihapus?

Apa Artinya Cache? Apakah Cache Harus Dihapus?

Cache CCleaner

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Salah satu pertanyaan yang pernah mampir dalam benak saya adalah: apa artinya cache? Dan kenapa banyak ungkapan yang terkesan bertentangan dengan keberadaan file ini?

Iya Om. Melalui Play Store, kita bisa mendapati ada banyak sekali aplikasi untuk clear cache, seolah file tersebut hanyalah sampah tak berguna yang harus selalu kita buang.

Pertanyaan yang kemudian timbul dalam benak saya adalah: jika memang file ini hanya sampah belaka, lantas kenapa pada setiap ponsel dan dalam aplikasi selalu selalu ada sistem untuk membentuk file tersebut?

Hasil Pemindaian Cache pada Aplikasi CCleaner

Nah. Berawal dari pertanyaan-pertanyaan itulah kemudian saya mencari tahu, apa sih sebenarnya fungsi cache di Android.

Apa Artinya Cache? Apakah Perlu Kita Bersihkan?

Pengertian cache dalam Bahasa Indonesia dengan penafsiran yang sederhana adalah tembolok riwayat akses suatu aplikasi atau sistem hp. Singkatnya, semua aktifitas kita terhadap suatu aplikasi akan tercatat dalam file ini.

Manfaat Tembolok

Adanya file ini berguna supaya ketika kita mengakses lagi aplikasi pada kali berikutnya, maka loading si aplikasi akan menjadi lebih cepat karena sudah ada riwayat sebelumnya.

Tapi masalahnya adalah, semua aplikasi yang ada dalam ponsel kita, mereka semua punya sistem ini. Jadi mereka berebut menciptakan file tembolok’nya masing-masing sehingga lama-kelamaan jumlahnya semakin bertumpuk dan memenuhi internal memori ponsel.

Dan ketika file ini sudah bertumpuk, maka akhirnya kinerja ponsel justru menjadi lemot.

Jadi bertolak belakang ya Om. Tujuan keberadaan file tersebut adalah untuk mempercepat, tapi ketika jumlahnya terlalu banyak, justru loading ponsel malah jadi lambat, bahkan kadang ponsel kita sampai ngelag alias macet.

Perlukah Membersihkan Tembolok?

Selama kapasitas memori internal ponsel Om/Sist tidak kepenuhan, maka file tembolok tidak perlu kita hapus. Karena jika kita hapus tembolok suatu aplikasi, maka saat kita membuka aplikasi tersebut, ia akan memuat semuanya dari nol. Jadi justru malah lebih lama loadingnya.

Kecuali jika ada salah satu aplikasi yang mengalami crash, error, lag ataupun masalah lainnya, barulah kita hapus tembolok alias cache. Itupun yang kita hapus sebaiknya tembolok dari aplikasi yang bersangkutan saja. Jangan hapus tembolok dari semua aplikasi.

Atau jika keseluruhan ponsel bermasalah, lag atau error lain, barulah kita hapus semua tembolok dari semua aplikasi. (Bloglain).

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *