Beranda » Financial » Akulaku vs Kredivo: Suku Bunga, Cover Area dan Kecepatan

Akulaku vs Kredivo: Suku Bunga, Cover Area dan Kecepatan

Aplikasi Akulaku

Bloglain.com – Om Bro/Sista sekalian! Ketertarikan saya membandingkan antara Akulaku vs Kredivo ialah karena popularitas mereka yang sudah tidak kita ragukan lagi. Selebihnya karena memang hanya dua layanan tersebut yang paling saya andalkan hingga saat ini.

Betul Om. Saya sudah menggunakan kedua layanan ini sejak awal tahun 2019 dan tetap baik-baik saja hingga saya menyusun tulisan ini.

Akulaku vs Kredivo

Apakah Akulaku dan Kredivo Satu Perusahaan?

Ada sedikit orang yang menganggap bahwa kedua layanan pembiayaan ini sama. Padahal sebenarnya mereka berbeda.

Beda aplikasi, beda pengembang, beda aturan dan sebagainya.

Berapa Bunga Kredivo dan Akulaku?

Berapa Bunga Akulaku Perbulan?

Untuk besaran bunga pinjaman Akulaku dalam hal pinjaman tunai, saya belum pernah menjajalnya. Selama ini saya menggunakan Akulaku dan Kredivo hanya untuk membeli barang, beli token listrik, pulsa, bayar PDAM, bayar IndiHome dan sebagainya.

Untuk pembayaran satu bulan dalam pembelian token listrik, pulsa seluler dan sebagainya, biaya atau bunga yang harus kita bayar sangatlah murah. Sebagai contoh dalam transaksi rutin saya, pulsa Telkomsel 75k hanya Rp77.000 dan token listrik 200k hanya Rp205.000.

Namun pada transaksi cicilan, suku bunga Akulaku lebih tinggi dari Kredivo.

Sayangnya saya tidak mendapati informasi yang transparan mengenai berapa suku bunga Akulaku. Namun sebagai contoh, berikut ini suku bunga yang saya dapati dari transaksi saya.

Bunga Akulaku di Shopee
Nama BarangSamsung A01 Core 2/32GBSamsung A10s 2/32GB
HargaRp1.082.000Rp1.460.000
OngkirGratisGratis
Biaya PenangananRp16.230Rp21.900
TotalRp1.098.230Rp1.481.900
Uang Muka (DP)Rp0Rp0
CicilanRp161.000Rp299.000
Tenor9 bulan6 bulan
TotalRp1.449.000Rp1.794.000
Total Bunga31.93%21.06%
Suku Bunga3.55% perbulan3.51% perbulan

Dari tabel tersebut, hasil akhirnya tidak sama persis. Namun secara garis besar kita dapat simpulkan bahwa suku bunga Akulaku adalah sekira 3.5%’an perbulan.

Perhitungan tersebut saya buat dengan menyertakan biaya penanganan. Jika tanpa memperhitungkan biaya penanganan, perhitungan suku bunga’nya memang menghasilkan angka 3.5% perbulan.

Itu hanya salah dua dari pengalaman saya berbelanja menggunakan metode pembayaran Akulaku melalui aplikasi Shopee. Selain itu saya juga pernah berbelanja menggunakan metode pembayaran Akulaku melalui aplikasi Bukalapak dan merchant Akulaku’nya langsung, dengan hasil perhitungan suku bunga yang sama, yaitu 3.5%.

Bunga Kredivo

Seperti yang sudah sedikit saya singgung tadi, suku bunga Kredivo memang lebih rendah dari Akulaku.

Selain itu Kredivo juga sangat transparan dan memberitahukan suku bunga kredit kepada para pengguna aplikasinya.

Untuk pembayaran tempo 30 hari, Kredivo hampir sama dengan Akulaku, yaitu tidak membebankan bunga. Hanya biaya administrasi saja.

Bahkan biaya Admin dari Kredivo cenderung lebih murah ketimbang Akulaku. Contoh untuk token listrik 200k, melalui aplikasi Kredivo harga tempo 30 hari adalah Rp203.000. Sedangkan untuk pembayaran PDAM dan IndiHome, biaya Administrasinya hanya Rp2500 + Rp1000 = Rp3500 saja.

Bagaimana dengan suku bunga kredit?

Pada tahun 2020 lalu, suku bunga Kredivo adalah 2.95% perbulan. Kabar baiknya adalah bahwa pada tahun 2021, Kredivo justru malah menurunkan suku bunga’nya menjadi hanya 2.6% saja perbulan.

Berikut ini pengalaman transaksi yang pernah saya lakukan dengan Kredivo, melalui aplikasi Bukalapak.

Nama BarangSamsung M02 2/32GBSamsung A12 4/128GB
HargaRp1.249.000Rp2.135.925
Ongkir + BiayaRp30.842Rp38.017
TotalRp1.279.842Rp2.173.942
Uang Muka (DP)Rp0Rp0
CicilanRp136.920Rp244.820
Tenor12 bulan12 bulan
TotalRp1.643.040Rp2.937.840
Total Bunga28.38%35.14%
Suku Bunga2.36% perbulan2.93% perbulan

Dari dua transaksi tersebut, saya mendapati suku bunga yang selisih agak jauh dari klaim pihak Kredivo yang katanya 2.6% perbulan. Tapi meskipun begitu, keduanya masih lebih murah ketimbang suku bunga Akulaku.

Home Credit

Sebenarnya selain Akulaku dan Kredivo, Home Credit juga punya layanan sejenis. Namun sayangnya saya gagal pada proses registrasi aplikasi ini. Jadi saya belum pernah menggunakan Home Credit sama sekali.

Namun jika saya lihat dari list estimasi kredit melalui Bukalapak dan Shopee, saya menilai suku bunga Home Credit mendekati Akulaku. Jadi dari tiga aplikasi ini, Kredivo masih yang termurah.

AdaKami dan Julo

Jika tujuan Om/Sist menggunakan akun Akulaku dan Kredivo adalah untuk mendapatkan pinjaman tunai secara online, saya kira ada banyak aplikasi serupa. Salah duanya adalah aplikasi AdaKami dan Julo.

Namun jika Om/Sist lebih condong pada tujuan belanja dan alat pembayaran, maka Akulaku dan Kredivo yang paling populer.

Pilih Kredivo atau Akulaku?

Apakah Kredit hp di Akulaku Aman?

Saya sudah 8 kali kredit hp menggunakan metode pembayaran Akulaku dan 2 kali menggunakan Kredivo.

Jadi total 10 kali transaksi.

Berikut ini data transaksinya.

No.Nama BarangTanggal TransaksiMerchantMetode Pembayaran
1Samsung J2 Prime27 Maret 2019AkulakuAkulaku
2Samsung J4 20188 Juni 2019BukalapakAkulaku
3Samsung J2 Prime27 Juli 2019BukalapakAkulaku
4Xiaomi Redmi 4A11 September 2019BukalapakAkulaku
5Samsung A02 Core23 Oktober 2020ShopeeAkulaku
6Samsung M115 November 2020AkulakuAkulaku
7Samsung A10s11 November 2020ShopeeAkulaku
8Samsung A1131 Desember 2020BukalapakAkulaku
9Samsung M021 April 2021BukalapakKredivo
10Samsung A1218 Mei 2021BukalapakKredivo

Dari 10 kali transaksi tersebut, 2 kali saya belanja melalui merchant Akulaku, 6 kali melalui merchant Bukalapak dan 2 kali melalui Shopee.

Semuanya aman.

Soal aman atau tidak aman, titik permasalahannya ada pada pihak toko. Karena itu sebelum transaksi pembelian, lihat dulu reputasi tokonya.

Ciri-ciri Toko Online yang Aman
  • Jumlah penjualan banyak
  • Rating bintang lebih dari 4
  • Tidak ada komentar buruk dari pembeli lain sebelumnya
  • Respon cepat saat kita chat
  • Jawaban chat dari manusia (orang / pemilik toko), bukan dari robot mesin penjawab otomatis
  • Pemilik toko / penjual tidak mengarahkan komunikasi keluar dari chat aplikasi
  • Proses pembayaran tetap melalui jalur aplikasi toko online (Bukalapak, Shopee, Tokopedia dan lain-lain), tidak melalui jalur lain semisal transfer langsung ke rekening penjual

Itulah kunci aman dan tidak amannya sebuah transaksi melalui marketplace online.

Selama tokonya aman, maka metode pembayaran melalui Akulaku dan Kredivo pun akan aman. Karena jika terjadi kegagalan pun uang kita akan otomatis kembali atau tagihannya akan otomatis terhapus.

Itu berdasarkan pengalaman saya selama ini.

Apakah Kredivo Pakai Bunga?

Aplikasi Kredivo

Seperti yang sudah saya singgung tadi, untuk transaksi PayLater alias tempo 30 hari alias satu bulan, kita tidak akan kena bunga. Hanya kena sedikit biaya admin saja. Baik itu menggunakan Kredivo maupun Akulaku.

Apa Bedanya Kredivo dan Akulaku?

Aplikasi Akulaku

Dari pengalaman saya menggunakan kedua aplikasi ini selama lebih dari 2 tahun, berikut ini persamaan dan perbedaan mereka.

Registrasi (Daftar Akun)

Pada dasarnya keduanya hampir sama. Proses registrasinya menggunakan KTP, foto selfie memegang KTP serta berkas pendukung lain seperti NPWP (jika ada).

Untuk lebih jelasnnya, monggo Om/Sist coba download aplikasinya saja, kemudian lakukan langkah pendaftarannya. Karena saya mendaftar sudah cukup lama, jadi sudah tidak ingat langkah pendaftarannya secara detail.

Merchant Akulaku vs Kredivo

Keduanya sama-sama memiliki banyak merchant, meskipun tidak sama semua merchant’nya. Antara lain Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Alfamart dan lain-lain.

Tanggal Jatuh Tempo

Kredivo menetapkan tanggal jatuh tempo pembayaran setiap 30 hari, baik untuk pembayaran PayLater maupun cicilan. Sedangkan akun Akulaku milik saya menetapkan jatuh tempo pada tanggal 25 setiap bulannya.

Cover Area Akulaku vs Kredivo

Saya tidak faham secara spesifik. Namun untuk kota kecil seperti kampung saya, Ciamis dan Banjar Patroman sudah tercover layanan Akulaku. Jadi sejak awal memiliki akun, saya sudah langsung bisa membeli barang dengan pembayaran cicilan.

Sementara itu Kredivo belum meng’cover kota Kecil. Jadi pada awal memiliki akun, saya hanya punya fasilitas PayLater 30 hari saja. Kemudian setelah sekira 2 tahun aktif bertransaksi dengan pembayaran baik, barulah saya mendapat fasilitas cicilan Kredivo melalui penawaran otomatis.

Kebijakan Limit Kredit Akulaku vs Kredivo

Akulaku menggunakan metode limit tunggal. Jadi satu limit untuk belanja apapun dengan pengurangan limit sesuai dengan nominal transaksi yang kita lakukan.

Sementara itu Kredivo menggunakan metode limit berjenjang. Nominal limitnya berbeda-beda untuk transaksi tunda 30 hari, cicilan 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

Untuk metode cicilan 12 bulan, limitnya paling besar. Sebaliknya, untuk metode PayLater 30 hari, limitnya paling kecil.

Kecepatan Transaksi

Untuk pembelian produk digital seperti pulsa, token listrik, pembayaran tagihan PDAM, IndiHome dan sebagainya, kecepatan transaksi Kredivo lebih bagus ketimbang Akulaku.

PayLater Tagihan

Untuk membayar tagihan PDAM dan IndiHome, Kredivo menyediakan fasilitas PayLater 30 hari. Sementara itu jika kita akan membayar tagihan serupa melalui aplikasi Akulaku, kita harus langsung melakukan pembayaran.

Jadi Akulaku tidak memberikan fasilitas PayLater untuk pembayaran tagihan semacam itu.

Kesimpulan

Dari pengalaman menggunakan dua aplikasi tersebut selama lebih dari 2 tahun dengan ratusan kali transaksi (termasuk isi pulsa, token listrik, pembayaran tagihan dan lain-lain), berikut ini kesimpulan saya.

AkulakuKredivo
Unduhan PlayStore10 juta10 juta
Rating PlayStore4.34.7
Suku Bunga3.5% perbulan2.6% perbulan
Pilihan Tenor3, 6, 9, 12 bulan3, 6, 12 bulan
Kecepatan TransaksiCukup CepatSangat Cepat
Integrasi Marketplace OnlineAkulaku, Bukalapak, Shopee dan lain-lainBukalapak, Shopee, Tokopedia dan lain-lain
PayLater di AlfamartBisaBisa
PayLater Pulsa & Token ListrikYaYa
PayLater TagihanTidak AdaAda
Pinjaman TunaiBisaBisa
Jatuh Tempo PembayaranTanggal 25 setiap bulanSesuai tanggal transaksi
Kecepatan TransaksiCukup cepatSangat cepat
Area LayananLuasTerbatas

So, lebih bagus mana?

Tergantung kebutuhan Om.

Ketika limit kredit masih ada, saya selalu mengutamakan untuk menggunakan limit Kredivo. Utamanya untuk alat pembayaran berbagai macam tagihan.

Namun karena limit Kredivo yang berjenjang, maka saya pun menggunakan limit Akulaku untuk kebutuhan saya yang lain.

Singkat kata, Kredivo unggul pada kecepatan transaksi, suku bunga lebih rendah dan ketersediaan layanan PayLater untuk pembayaran berbagai macam tagihan. Sedangkan Akulaku unggul pada metode limit tunggal dan luasnya area cover. (Bloglain).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *